Google Cloud Hosting Platform Penyimpan Data Ukuran Besar

Memiliki website terbaik untuk bisnis dimana seluruh data pribadi terlindungi dengan baik adalah prioritas karena keamanan adalah segalanya. Karena itulah Anda perlu memilih hosting yang tepat dan salah satu yang paling sering dipilih adalah Google Cloud Hosting yang sering dikenal dengan nama GCP atau Google Cloud Platform. Tentunya sebelum menggunakan fasilitas yang satu ini, Anda perlu tahu lebih dulu apa itu GCP dan apa saja keuntungan menggunakannya.

Google Cloud Hosting atau yang dikenal dengan Google Cloud Platform ini adalah kumpulan dari berbagai layanan komputasi awan atau Cloud. Jika Anda melihat dari namanya saja tentu sudah bisa menyadari bahwa ini merupakan fasilitas yang khusus dimiliki oleh Google. Ini merupakan layanan yang sama persis dengan yang dipakai oleh Google untuk beragam jenis produk internal yang mereka tawarkan seperti Gmail dan Youtube. Pada dasarnya, ini merupakan sebuah fasilitas yang menyediakan serangkaian fitur Cloud Modular yang termasuk dalam penyimpanan dan komputasi.

Bukan hanya itu saja, ada juga beragam jenis fasilitas lain seperti analisis data sekaligus berbagai jenis pembelajaran mesin yang terdapat di dalam hosting yang satu ini. Sementara untuk bisa menggunakannya, maka Anda pun memerlukan yang namanya rekening bank maupun kartu kredit sehingga bisa membelinya. Kini Anda menyadari bahwa jaman sudah makin maju dan hal ini pun juga ditandai dengan adanya beragam teknologi canggih untuk para pengguna internet sehingga segala macam bisnis semakin mudah dijalankan.

Google cloud hosting

Alasan Menggunakan Google Cloud Hosting

Ada banyak sekali fitur yang terdapat di dalam platform yang satu ini dan bisa digunakan contohnya adalah fasilitas infrastruktur dan platform termasuk di dalamnya adalah komputasi yang tidak menggunakan server. Bahkan banyak sekali pihak yang melakukan klaim bahwa ini merupakan platform tanpa batas karena GCP ini bisa meminimalkan kompleksitas sekaligus memberikan penawaran solusi yang terbaik untuk mengembangkan aplikasi, machine learning, big data, analisis maupun kebutuhan storage atau penyimpanan.

Dengan sedikit melakukan pelatihan, maka Anda bisa menggunakan Google Cloud hosting ini dengan baik. Namun Anda juga harus tahu mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan fasilitas ini atau apa saja kelebihan yang terdapat di dalamnya. Inilah beberapa diantaranya:

1. Sistem keamanan lebih canggih

Google Cloud memiliki sistem proteksi yang sudah terintegrasi dengan baik secara vertikal, terdapat network kepemilikan, infrastruktur yang berskala dunia atau internasional sekaligus ada kemampuan unik untuk terus melakukan inovasi yang bisa membantu Anda dalam menjaga organisasi sehingga selalu aman serta mendukung segala macam perintah.

2. Open Source

Google Cloud jauh lebih terbuka atau open source sehingga bisa mendukung perubahan inovasi, portabilitas dan interoperabilitas yang merupakan faktor paling penting di dalam mendirikan program yaang berkelanjutan lebih baik.

3. Sistem Analisis Data Lebih Efektif

Cobalah untuk memanfaatkan fitur Google Cloud yang begitu canggih di dalam machine learning dan big data untuk dapat mencari jawaban yang cepat, membuat produk yang jauh lebih baik sekaligus memberikan aplikasi yang jauh inspiratif untuk banyak pengguna.

Satu hal penting lainnya adalah bahwa kinerja terbaik dapat dilakukan oleh infrastruktur yang begitu inovatif. Anda bisa memanfaatkan kabel fiber optik sekaligus jaringan network yang canggih untuk software dimana Google Cloud bisa memberikan hasil cepat namun tetap konsisten.

Keunggulan Google Cloud Hosting

Untuk lebih jelasnya, maka cobalah melihat beragam keuntungan yang bisa Anda miliki sebagai user internet ketika menggunakan Google Cloud hosting antara lain:

1. Memiliki Skalabilitas Yang Tinggi

Di dalam Cloud Hosting ini, Anda bisa menyimpan data dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan Anda. Dapat dikatakan jika Cloud memang diciptakan untuk bisa menyimpan data dengan ukuran cukup besar. Tapi Anda bisa menggunakan layanan ini meskipun ukuran data yang mau disimpan tidak terlalu besar mengingat platform yang satu ini mempunyai skalabilitas yang tinggi.

Jadi bila membutuhkan storage yang sedang-sedang saja, semuanya bisa tersimpan dengan mudah disini. Bila nantinya data yang mau disimpan makin banyak, maka Anda juga tidak perlu lagi berganti dengan layanan yang lain. Ini adalah sistem yang menyediakan kepada Anda kebutuhan penyimpanan data yang bersifat dinamis.

2. Data Anda Terjamin Keamanannya

Dengan menggunakan layanan Cloud Google ini, maka semua data tersimpan aman dan tidak perlu terlalu cemas tentang bahaya apapun sebab Cloud ini sudah menggunakan beragam jenis server sebagai tempat storage sehingga semua datanya benar-benar rapi di dalam data center. Privasi pun juga terjamin karena semua data terkunci sehingga tidak bisa dibaca oleh pihak manapun. Semua data ini hanya bisa diakses oleh pengguna yaitu diri Anda sendiri dengan menggunakan password dan username guna mengaksesnya. Selain itu, semua datanya pun tidak akan terhapus maupun hilang dan ini dikarenakan data center itu memiliki teknologi yang begitu canggih.

3. Jauh Lebih Efisien

Platform ini memberikan efisiensi dan sudah pasti penggunaan teknologi Cloud ini memberikan biaya pengeluaran jauh lebih murah. Para pengguna pun bisa melakukan ekspansi bisnis lebih mudah lagi. Akan ada begitu banyak kompetitor yang telah menunggu Anda namun dengan Google Cloud ini, Anda tidak lagi perlu khawatir dan takut.

4. Lebih Fleksibel

Anda bisa menggunakan internet ini lebih canggih untuk dapat melakukan akses data kapanpun Anda inginkan lebih mudah dan dimanapun juga selama Anda memiliki koneksi internet yang kuat. Belum lagi, terdapat pula platform yang bisa memberikan bantuan dan kemudahan dalam melakukan pekerjaan dengan Google Cloud ini. Cloud adalah sistem yang tidak memiliki penghalang apapun. Contohnya saja perusahaan menggunakan Cloud ini bisa melakukan pemantauan absensi pegawainya tanpa harus mengecek satu per satu.

Beragam Jenis Layanan Google Cloud Hosting

Setelah tahu keuntungannya, akan lebih baik jika Anda mencari tahu mengenai fitur layanan apa saja yang terdapat di dalam Google Cloud Hosting ini antara lain:

  • AppEngine

Dengan layanan ini, Anda bisa membuat sekaligus menjalankan semua aplikasi dengan basis web. Anda bisa menggunakan layanan ini gratis namun ada pula yang berbayar untuk fitur lebih lengkap. Layanan AppEngine juga sudah mengalami yang namanya perkembangan sehingga bisa melakukan semua tugas yang sulit contohnya menyimpan data dengan ukuran besar.

  • Compute Engine

Tujuan dari layanan ini adalah untuk dapat membantu Anda membangun Cloud Server. Layanan ini bisa menampung aplikasi website yang diciptakan dengan menggunakan PHP atau program Ruby. Layanan Compute Engine mampu mengontrol pemakaian mesin Linux dengan baik.

  • BigQuery

Ini adalah layanan yang cocok dipakai sebagai tool untuk analisa data yang berukuran besar. Setidaknya ukuran data itu adalah Terabyte sampai dengan petabyte. Biasanya layanan ini dipakai oleh perusahaan yang berskala besar karena bisa memberikan bantuan baik untuk pengusaha dalam melakukan analisa beragam transaksi penting. Cara menggunakannya pun cepat dan prosesnya bisa selesai hanya dalam beberapa detik.

Inilah segala sesuatu yang perlu Anda ketahui lebih dulu tentang Google Cloud hosting sebelum Anda menggunakan layanannya untuk kepentingan pembuatan website maupun penyimpanan data bisnis yang berkapasitas besar dan membutuhkan keamanan tingkat tinggi.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar