Google Authenticator, Apa Artinya ?

Google Authenticator, Apa Artinya ?

Kembali ke masa-masa awal internet, ketika segalanya menjadi lebih mudah, kata sandilah yang benar-benar kamu butuhkan untuk mengamankan akun. Tetapi belakangan ini, karena teknologi telah maju dengan cepat, kata sandi tidak lagi cukup. Inilah sebabnya mengapa setiap orang harus mengatur dan menggunakan two-factor authentication sebagai lapisan keamanan tambahan. Google Authenticator dapat membantu dengan itu.

Two-factor authentication (2FA) juga berjalan dengan Otentikasi Dua Langkah dan Otentikasi Multi-Faktor. Tetapi tidak peduli nama apa yang kamu gunakan, semuanya bekerja dengan cara yang sama. Kamu akan terlihat konyol untuk tidak menggunakannya jika situs web mendukungnya.

Itu berarti perbedaan antara diretas dan tidak diretas. Semua situs web utama, seperti Gmail, Facebook, Twitter, dan Dropbox memiliki 2FA untuk penggunanya.

Google Authenticator

Apa itu Google Authenticator?

Aplikasi authenticator adalah aplikasi ponsel cerdas, yang secara otomatis menghasilkan kode 2FA baru untuk setiap akun yang dikonfigurasikan setiap 30 detik. Kamu harus memasukkan nomor yang benar yang ditunjukkan pada layar authenticator ke dalam kotak login situs web, sebelum kode kadaluwarsa dan kode baru dihasilkan di tempatnya.

Jika kamu salah kode selama tiga kali berturut-turut, akun akan dikunci selama periode waktu tertentu.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Google Authenticator untuk ponsel. Ini tersedia secara gratis untuk Android dan iOS. Abaikan ulasan buruk. Beberapa orang mengeluh tentang seberapa “dasar” itu dibandingkan dengan aplikasi saingan, tetapi kadang-kadang dasar adalah yang terbaik. Kamu tidak perlu terlalu rumit memikirkannya.

Seberapa amankah otentikasi dua faktor?

Jika kamu tidak menggunakan 2FA, peretas potensial hanya perlu kata sandi dan mereka akan masuk ke akun. Mengingat semua hal yang orang simpan di email mereka hari ini, itu akan menjadi bencana jika seorang hacker masuk.

Tetapi jika kamu menggunakan 2FA? Kalau begitu itu mengubah segalanya. Untuk mendapatkan kode 2FA, peretas harus memiliki secara fisik ponsel cerdas dan mengetahui PIN ke ponsel kamu. Mereka kemudian perlu memiliki Google Authenticator terbuka pada waktu yang tepat untuk mendapatkan kode yang tepat sebelum kedaluwarsa dalam tiga puluh detik.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Google Authenticator, Apa Artinya ?