Franchise Minuman: Bisnis Pilihan Untuk Kawula Muda

Buat anda yang baru atau berencana terjun di dunia bisnis, resiko pastinya menjadi aspek yang dipertimbangkan dengan sangat matang, apalagi jika modal membuka usaha sangat terbatas. Tentu saja, tidak ada bisnis yang 100% bebas resiko. Namun, pengusaha pemula banyak yang tidak siap untuk menghadapi resiko besar dalam bisnisnya. Selain belum berpengalaman dalam mengatasi masalah, mereka juga memiliki modal yang masih kecil. Jika modal tersebut habis karena kerugian dalam usaha, maka akan butuh waktu lama untuk menabung dan membuka usaha kembali. Nah, usaha franchise, seperti franchise minuman adalah salah satu opsi yang layak dipertimbangkan.

franchise minuman

Mengapa Memilih Franchise Minuman?

Pengusaha pemula banyak yang memilih usaha waralaba (franchise) karena sejumlah kelebihan yang ditawarkan. Satu hal yang pasti adalah bahwa franchise memiliki sistem bisnis yang telah teruji, target pasar yang jelas, sistem pemasaran yang unik, desain bisnis yang dikemas dengan baik, dan modal awal yang relatif kecil. Artinya, segala kesibukan, seperti mengurus izin usaha, merekrut karyawan, menyusun rencana bisnis, merancang strategi pemasaran, dan sebagainya bisa dihindari.

Franchise minuman merupakan salah satu favorit di kalangan pengusaha muda yang baru terjun di dunia bisnis. Mengapa minuman? Jawabannya sederhana: setiap orang membutuhkannya. Namun, ada beberapa alasan lain mengapa usaha waralaba minuman digemari kawula muda, antara lain:

  • Target pasar luas

Usaha waralaba minuman memiliki segmen pasar yang sangat luas. Tua maupun muda, kaya maupun miskin, semua membutuhkannya. Saat cuaca panas, yang dicari adalah minuman dingin. Saat cuaca dingin, maka yang dicari adalah minuman hangat.

  • Pilihan lokasi mudah

Selain segmen pasarnya yang luas, franchise waralaba bisa ditempatkan di berbagai tempat, seperti di parkiran supermarket, di lingkungan sekolah atau kampus, sekitar perkantoran, di pasar, dan di tempat umum lainnya. Bahkan, tidak jarang kita lihat waralaba di tepi jalan umum.

  • Desain sederhana

Waralaba minuman lebih mudah dikelola, karena proses kerjanya sederhana dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Anda tidak perlu menyediakan meja dan kursi bagi konsumen. Biasanya, konsumen membeli minuman dan membawanya untuk dinikmati di sepanjang perjalanan. Meski demikian, tentunya ada franchise minuman yang didesain sebagai tempat nongkrong kawula muda.

Pilihan Waralaba Minuman Paling Digemari

Nah, ada begitu banyak jenis minuman, mulai dari kopi, teh, bubble, jus, ice blend, dan sebagainya. Dari pada pusing, yuk simak beberapa kategori franchise minuman yang layak anda pertimbangkan berikut ini:

1. Franchise Kopi

Minum kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia sejak masa lalu. Masyarakat tidak lagi sekedar menikmati secangkir kopi pada pagi atau sore hari. Namun, minum kopi menjadi salah satu cara untuk bersosialisasi. Berkumpul bersama teman atau saudara sambil menikmati secangkir kopi hangat atau dingin pastinya menyenangkan. Nah, franchise kopi bisa menjadi pilihan usaha franchise minuman bagi anda. Lalu, apa saja franchise kopi yang sedang trending saat ini?

Sebenarnya, jawabannya banyak sekali. Beberapa opsi berikut dapat anda pertimbangkan, karena sedang digemari oleh masyarakat tahun ini:

  • Cetroo Coffee

Waralaba ini menawarkan minuman dengan produk kopi susu atau varian lainnya. Cetroo Coffee sudah berdiri sejak Tahun 2009, berawal di Kendal, Propinsi Jawa Tengah. Usaha waralaba ini hadir dengan sistem paket dan investasi awal sekitar Rp. 69 jut, tergantung paket yang anda pilih. Setelah membuktikan kesuksesannya selama lebih dari 10 tahun, anda tentu tidak perlu meragukan sistem usaha dan peluang pasarnya. Cetroo Coffee menyajikan minuman kopi nikmat yang diolah secara profesional dari biji kopi terbaik di Indonesia. Jadi, selain memberikan peluang usaha bagi kawula mudah, franchise ini juga berupaya memberdayakan para petani kopi nusantara.

  • Kopi Kulo

Waralaba minuman ini masih relatif baru, yakni sejak Tahun 2017, namun sudah diterima secara luas oleh masyarakat. Selain minuman kopi, Kopi Kulo juga menyediakan minuman segar berupa jus buah, susu, dan bahan lainnya. Konsep yang diawarkan bervariasi, mulai dari kios, cafe, hingga resto. Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha anda adalah sekitar Rp. 140 juta.

  • Lima Warna

Ini dia minuman yang sedang nge-hits di tahun 2020. Apalagi kalau bukan Dalgona cofee. Franchise minuman Lima Warna hadir dengan konsep dalgona coffee dan boba dalam banyak varian rasa, yakni green tea, red velvet, bananan, taro, dan sebagainya. Lima Warna baru berdiri di Tahun 2020 ini, namun langsung trending, karena rasanya yang unik serta modal awal yang sangat kecil, yakni mulai dari Rp. 5 juta saja!

2. Franchise Iced Tea

Saat cuaca panas, teh es pastinya menjadi minuman favorit. Namun, teh es kini hadir dalam berbagai varian dan kemasan yang unik, bukan lagi sekedar campuran air, teh, dan gula. Usaha waralaba teh es hadir dalam berbagai variasi. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Cheese Tea

Pernah mendengar minuman bernama teh keju? Penasaran, bukan? Ada berbagai varian rasa cheese tea yang pastinya membuat penasaran, seperti jasmine cheese tea, black tea, lemon tea, peach tea, strawberry cheese tea, dan sebagainya. Ada banyak waralaba cheese tea di Indonesia. Misalnya adalah Kase Cheese Tea yang berdiri sejak Tahun 2018, menawarkan paket kemitraan dengan modal awal yang sangat kecil, yakni mulai dari Rp. 8 jutaan saja.

  • Chaphoria Thai Tea

Masih mencari franchise minuman dengan modal awal yang lebih kecil lagi? Cobalah Chaphoria Thai Tea. Franchise ini telah hadir sejak tahun 2018, dan menawarkan minuman teh Thailand dalam berbagai varian rasa, seperti original, green tea, strawberry, vanila, taro, dan sebagainya. Dengan modal awal 3,8 juta saja, anda sudah bisa menjalankan usaha waralaba!

3. Minuman Coklat

Siapa sih yang tidak suka coklat? Nah, anda bisa membuka usaha waralaba minuman coklat yang pastinya sangat digemari anak sekolahan maupun kawula muda. Ada banyak pilihan waralaba minuman coklat. Berikut adalah contohnya:

  • Koji Choco

Brand franchise ini hadir dengan konsep chocolate signature drink dalam berbagai rasa dan topping. Waralaba ini menawarkan minuman coklat rasa Taro, Orange, Velvet, Banana, Mango, Matcha, Gum, Durian, Avocado, Oreo, dan sebagainya. Dengan modal awal mulai dari Rp. 7 juta, anda akan menerima paket usaha bebas ongkos kirim ke daerah anda. Sangat menarik, bukan?

  • Nyoklat Yuk

Satu lagi contoh waralaba minuman coklat dingin yang pantas dipertimbangkan. Waralaba ini menawarkan minuman coklat dalam berbagai rasa, seperti choco, caramel, taro, velvet, oreo cheese, chococina, tiramisu, banana, dan sebagainya. Modal awal yang dibutuhkan sangat kecil, yakni mulai dari Rp. 4,9 juta saja.

Nah, masih ragu untuk membuka usaha? Mulailah dengan franchise minuman. Ada begitu banyak pilihan waralaba yang tersedia, dengan konsep, desain, modal awal, serta spesifikasi yang bervariasi. Anda bisa mempelajari masing-masingnya dan melihat potensi pengembangannya di wilayah anda, sebelum menjatuhkan pilihan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar