Financial Technology Dan Manfaat Fintech bagi Masyarakat

Financial Technology Dan Manfaat Fintech bagi Masyarakat

Keberadaan teknologi internet dapat dikatakan mempengaruhi hampir berbagai segi kehidupan masyarakat di zaman modern ini.Salah satunya adalah dalam bidang keuangan dan perbankan, misalnya dengan keberadaan fintech atau financial technology. Kata-kata tersebut bahkan telah mendapat padanan dalam Bahasa Indonesia menjadi fintek, lalu apa sesungguhnya fintek itu. Simak ulasan berikut untuk mendapatkan informasinya.

Mengenal tentang Financial Technology

financial technology (Fintech)

Bisnis online faktanya tak hanya berkaitan dengan online shop atau situs berita saja. Sebuah industry baru yang diberi nama fintek muncul untuk membuat aktivitas masyarakat yang berhubungan dengan keuangan menjadi semakin mudah. Fintech juga berguna untuk memperdalam literasi keuangan masyarakat Indonesia.Ini karena layanan tersebut bisa memudahkan semakin banyak orang untuk mengakses berbagai produk finansial.

Di Indonesia perusahaan-perusahaan fintek umumnya merupakan perusahaan rintisan atau startup namun berprospek sangat cerah. Mengenai definisi fintek, National Digital Research Centre di Dublin, Irlandia menjelaskannya sebagai: terobosan baru yang inovatif dalam layanan finansial atau “innovation in financial services”.Terkait dengan definisi tersebut industry fintek membidik tidak hanya segmen bisnis atau perusahaan, melainkan perorangan atau ritel.

Di tanah air sendiri industry ini sudah semakin berkembang dan menyediakan beragam jenis layanan, yaitu:

  1. Penelitian tentang keuangan
  2. Remitansi
  3. Pembiayaan atau crowdfunding
  4. Investasi ritel
  5. Perencanaan keuangan (personal finance)
  6. Peminjaman (lending)

Beberapa perusahaan rintisan di Indonesia yang berkecimpung dalam bidang fintek, antara lain adalah:

  1. Pembayaran tagihan : SatuLoket.com, Paybill.id
  2. Uang elektronik         : Ayopop, Kudo, Indomog, GoPay, Davestpay.com, Sepulsa.com
  3. Bebas transfer            : Flip, SudahTransfer, Kliring.co.id
  4. BitCoin                         : BitX.co
  5. Gift Card                       : GCI Indonesia
  6. Mobile payment company  : Matchmove, Mynt, Dimo, Uangku Smartfren, Dompetku Indosat Ooredoo, Sakuku BCA
  7. Perusahaan pembayaran     : Kesles, Hellpay, Nicepay, Ovo, IPaymu.com, Firstpay, Indopay, Mimopay, Cashlez, Wallezz, Espay, Xendit, Fasapay, Faspay, Truemoney, Kinerjapay.com, Padipay, MCPayment, Easypay, iPay88, Kartuku, DoKu, Veritrans

Manfaat Fintek di Indonesia

Untuk menambah wawasan Anda tentang industry finansial berbasis teknologi internet ini, berikut ini adalah manfaat fintek bagi masyarakat di Indonesia.

  • Meningkatkan taraf hidup

Ternyata keberadaan fintek bisa membawa pengaruh akan taraf hidup masyarakat. Ini karena fintek memungkinkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan terobosannya yang mengadakan merchant dengan system pembayaran menggunakan kartu kredit berbiaya rendah dan kartu debit.

Berikutnya ada pula sebuah perusahaan rintisan fintek yang mampu mendukung pembangunan infrastruktur dunia perbankan demi meningkatkan daya beli masyarakat.Satu fintek yang terdapta di Asia Tenggara bahkan diketahui memegang peranan yang cukup besar dalam program mengurangi masyarakat miskin dengan bantuan keuangan kepada lebih dari 600 juta jiwa.

  • Mendukung berkembangnya bitcoin

Keberadaan fintek ternyata juga mempengaruhi peningkatan aplikasi bitcoin dalam dunia keuangan. Dari data yang tercatat, perusahaan-perusahaan fintek telah membantu lebih dari 2.5 miliar pengguna bitcoin di seluruh dunia untuk melakukan beragam transaksi mulai dari transfer dana dan pembayaran tanpa akun bank.

  • Fintek mengurangi keberadaan layanan pinjaman dengan bunga tinggi

Saat sedang sangat memerlukan kucuran dana, masyarakat kerap terjerat lembaga pemberi pinjaman yang membebankan bunga yang sangat tinggi. Kemunculan fintek dapat dikatakan berpotensi mengurangi lembaga-lembaga demikian ini dengan menyediakan system pinjaman dana yang semakin transparan dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Pinjaman fintek juga cukup praktis dengan dana yang mudah dicairkan tanpa proses yang rumit. Umumnya perusahaan hanya mengajukan syarat pinjaman berupa foto KTP serta pengisian formulir secara langsung via internet. Beberapa fintek bahkan mengklaim dapat mencairkan dana pinjaman hanya dalam hitungan jam sampai menit.

Meski demikian kemudahan proses system peminjaman dana ini seharusnya tak membuat Anda ceroboh dalam mengelola keuangan pribadi. Bila memang harus meminjam dana kepada fintek, sebaiknya untuk kebutuhan yang produktif, misalnya investasi atau menambah modal usaha, dan bukannya untuk konsumsi. Orang yang bijak tidak akan meminjam uang untuk kepentingan membeli gadget terbaru, membiayai liburan ke luar negeri, atau mendapatkan kendaraan impian.

  • Fasilitas pembayaran yang semakin mudah

Uang digital menjadi dikenal luas dengan keberadaan fintek.Tanpa perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak demi keamanan Anda. Tentu saja pembayaran non tunai dapat dilakukan dengan kartu kredit atau debit, tetapi keunggulan dari fintek dibandingkan layanan tersebut adalah tanpa beban biaya pada proses transaksi.

  • Dapat melakukan transaksi tanpa beban tambahan

Tentunya saat melakukan pembayaran non tunai dengan fasilitas perbankan menggunakan kartu kredit atau debit Anda harus membayar tagihan dengan jumlah yang lebih besar. Ini karena beban biaya administrasi atau bunga.Bila Anda sering kesal karena hal tersebut, berarti sudah waktunya Anda mulai mempertimbangkan fasilitas pembayaran dengan fintek yang bebas beban tersebut.

Tambahan manfaat lainnya yang juga menguntungkan untuk Anda adalah peluang untuk mendapatkan cashback dan bonus untuk setiap transaksi yang Anda lakukan.Sayangnya beberapa oknum tak bertanggungjawab justru memanfaatkan hal ini dengan upaya-upaya manipulasi demi mendapatkan cashback.Ingatlah untuk tak mencoba melakukan hal ini karena Anda bisa terjerat sanksi hukum.

  • Sarana untuk melakukan investasi

Tak hanya produk perbankan yang menyediakan investasi untuk mengembangkan dana Anda, fintek pun menawarkan program tersebut. Investasi dimaksud bisa dengan memberi pinjaman dana kepada pemilik bisnis yang memerlukan tambahan modal atau dengan system crowdfunding atau penggalangan dana untuk suatu tujuan. Pelajari setiap profil investasi sedetail mungkin sebelum memutuskan untuk menyerahkan dana Anda kepada program yang Anda inginkan.

  • Merancang keuangan Anda lebih baik

Tahukah Anda bahwa fintek menyediakan teknologi yang bisa membantu pengaturan keuangan dengan lebih baik.Fintek memiliki fitur perencanaan keuangan digital yang dapat membantu Anda mencatat seluruh pengeluaran. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mengontrol keuangan dengan budget yang tersedia. Fitur tersebut bahkan dapat menyediakan reminder bila dana yang tersedia sudah mulai menipis dan Anda seharusnya berhenti boros belanja.

Fitur ini juga memberikan fasilitas konsultasi dalam bidang keuangan secara cuma-cuma, tetapi tidak semua perusahaan fintek menyediakan fasilitas tersebut.Carilah informasinya sedetail mungkin sebelum memutuskan fintek yang mana yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

  • Mendekatkan fasilitas perbankan

Untuk mendapatkan fasilitas perbankan orang ternyata tak harus mempunyai rekening bank. Fintek memperbolehkan siapa pun untuk menabung, melakukan pembayaran digital, transfer dana, hingga berinvestasi sebagaimana layanan bank.

  • Meningkatkan kompetisi pada layanan sector keuangan

Seperti yang kita ketahui perusahaan fintek semakin banyak yang didirikan dan tentunya ini akan meningkatkan kompetisi pada sector keuangan. Untuk merebut hati semakin banyak konsumen tentunya setiap perusahaan akan berlomba-lomba untuk menyediakan layanan terbaik, termudah, serta paling menguntungkan.

Hal ini umumnya dilakukan dengan promo-promo berupa potongan harga, bonus produk-produk menarik, cashback, dan sebagainya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Financial Technology Dan Manfaat Fintech bagi Masyarakat