EndeavourOS: OS Linux Yang Mudah Bagi Semua Orang

EndeavourOS: OS Linux Yang Mudah Bagi Semua Orang

Jika instalasi Arch Linux sangat merepotkan, pertimbangan untuk menggunakan distro EndeavourOS. Popularitas distro ini telah meningkat pesat belakangan, terutama karena pengarutan, kekuatan dan kecepatannya mudah. Arch Linux juga memiliki karakter ini, tetapi pengaturan manual yang membuat frustasi membuatnya agak rumit.

Distro ini adalah sistem Linux tercanggih dan hadir dengan antarmuka intuitif dan presentasi yang ramping. Ini menjadikan penginstalan sebagai proses DIY. Apalagi Os ini menargetkan pengguna tingkat lanjut. Penginstalan grafis mencoba menyederhanakan proses penyiapan dengan membiarkan kamu memilih apa yang akan dimasukkan ke dalam sistem.

Tata letak opsi penginstalan GUI untuk kamu pilih membuatnya luar biasa. Proses instalasi Arch tidak memberik kamu kesempatan untuk memilih perangkat lunak yang akan diinstal. Meskipun distro ini adalah pilihan terbaik untuk kontrol mutlak atas sistem, OS juga rentan mengalami crash kerena progam dan paket yang saling bertentangan.

Dimanakan Kita Bisa Mendapatkan EndeavourOS?

Situs web resmi EndeavourOS memiliki semua yang kamu butuhkan, dari ISO terbaru hingga tautan unduhan. Kamu juga akan menemukan opsi torrent dan mirror dengan unduhan langsung. OS ini memiliki 13 rasa yang berbeda, masing-masing telah dikonfigurasi dengan beberapa perangkat lunak dasar. Perlu dicatat bahwa kamu hanya akan menemukan 1 gambar ISO untuk diunduh untuk setiap desktop.

Cara instalasi OS ini juga cukup mudah. Kamu akan melihat desktop XFCE yang sederhana dan bersih. Gunakan aplikasi untuk membuat perubahan yang diperlukan pada pengaturan umum dan luncurkan installer. Aplikasi ini juga memiliki tautan ke pre-installation tips, forum komunitas, Endeavour Wiki, dan juga update terkini. Kemudian kamu bisa memilih untuk instalasi online maupun offline.

Kondisi akhir yang kamu instal sebagian besar tergantung pada pilihan selama proses instalasi. Sebagian besar pengguna berakhir dengan “instal minimal“. Ini memiliki lingkungan desktop yang khas dan aplikasi penting seperti browser web, kalkulator, dan editor teks.

Setelah menginstal EndeavourOS, kamu akan menikmati kontrol atas lingkungan pengguna dan sistem itu sendiri. Sistem ini juga memungkinkan kamu untuk mengubah, membuat dan menyesuaikan fungsionalitas baru. Mulailah dengan mempersonalisasi desktop untuk memilikinya dan jelajahi tautan yang tak terhitung jumlahnya. Pasti kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda daripada dengan distro Linux yang lain.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program EndeavourOS: OS Linux Yang Mudah Bagi Semua Orang flagcounter