Download Aplikasi Pembersih RAM Laptop Terbaik

Sekian lama laptop anda digunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari, anda mungkin tidak menyadari kalau beban laptop anda semakin berat, hingga akhirnya anda merasakan “Kenapa loading laptop saya semakin lama ya…?” Tanpa anda sadari, banyak berkas atau junk file yang menumpuk di dalam laptop, sehingga kapasitas perangkat anda semakin berkurang. Jika dibiarkan terus-menerus, maka sistem operasi laptop semakin ‘kotor’ dan berat. Untuk meringankan beban perangkat dan mengoptimalkan kinerjanya, sudah saatnya anda download aplikasi pembersih RAM laptop. Ada sejumlah aplikasi gratis yang bisa anda gunakan aman, karena bisa digunakan saat offline.

Download Aplikasi Pembersih RAM Laptop

Rekomendasi Aplikasi Pembersih RAM Laptop

Saat browsing di internet, anda mungkin akan menemukan ratusan aplikasi pembersih RAM laptop. Mana yang harus anda pilih? Berikut adalah 4 rekomendasi aplikasi berdasarkan review online di berbagai sumber, sebagai bahan pertimbangan untuk anda:

1. CCleaner

Ini adalah salah satu aplikasi pembersih RAM laptop paling populer, dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Ukurannya yang kecil tidak memberikan beban tambahan bagi RAM perangkat anda. CCleaner juga tersedia untuk perangkat android seperti ponsel. Aplikasi ini sangat efektif untuk membersihkan junk file, memperbaiki registry, membersihkan cache dan cookies, history, file tempt, dan uninstall aplikasi usang dari sistem operasi perangkat anda.

Aplikasi ini bekerja dengan menganalisa sistem perangkat anda untuk menemukan berkas-berkas yang tidak terpakai, seperti instalasi aplikasi yang tidak sempurna, riwayat pencarian di web, maupun kunci register yang tidak sempurna. Kelebihan lainnya adalah antarmuka (interface) yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pengguna bisa memakainya tanpa instruksi khusus.

Anda bisa download aplikasi pembersih RAM laptop CClear di sini. Di website resminya, anda bisa menemukan 3 pilihan paket, yakni:

  • Paket Gratis

Aplikasi versi gratis ini sebenarnya sudah cukup untuk membantu membersihkan RAM laptop anda. Anda bisa mengontrol aplikasi mana yang akan digunakan, membuang riwayat browsing, serta menganalisa dan memperbaiki kinerja laptop secara otomatis.

  • Paket Profesional

Paket ini berbayar. Selain fitur pada paket gratis, ada penambahan fitur, yakni update aplikasi secara cepat untuk meminimalisir resiko keamanan (terutama jika laptop tersambung dengan internet), bisa digunakan di mana saja, memantau junk file alias file sampah secara real time, bisa membersihkan browser seketika setelah anda menutupnya, serta selalu up-to-date.

  • Paket Professional Bundle Up To 3 PCs

Paket ini juga berbayar, dan satu paket bisa digunakan hingga 3 laptop. Selain fitur pada paket gratis dan Paket Profesional, ada penambahan fitur, yakni Defraggler yang memastikan hard disk laptop anda selalu sehat dan beroperasi secara efisien, fitur Pemulihan File, serta fitur Speccy yang membantu mendeteksi masalah secara lebih dini.

2. WISE Cleaner

Aplikasi ini juga bekerja membersihkan memori laptop, sehingga berjalan lebih cepat tanpa error. WISE Cleaner meringankan RAM laptop anda dengan cara berikut:

  • Membersihkan file yang tidak terpakai; dilengkapi dengan algoritma canggih, aplikasi ini bisa melakukan scanningd an membuat file-file sampah dalam hitungan detik. Itulah sebabnya aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna laptop berbasis Windows.
  • Membersihkan history atau riwayat browser, file cachei, dan cookies pada Internet Explorer, Firefox, Chrome, Safari, atau Opera. Aplikasi ini juga mendeteksi sampah-sampah yang disebabkan oleh Windows System, serta aplikasi lain yang terpasang di laptop. Dengan cara ini, privasi anda terjaga dari ancaman virus atau malware.
  • Melakukan Defragment dan re-arrangement untuk meningkatkan kinerja laptop. Seperti diketahui, fragmentasi membuat hard disk bekerja ekstra sehingga dapat memperlambat kerja laptop. Dengan proses De-Frag, maka WISE Clear membantu menyusun kembali data-data yang terfragmentasi, sehingga hard disk dan drive dapat bekerja secara lebih efisien.
  • Mengatur jadwal pembersihan secara otomatis. Anda bisa mengaturnya secara harian, mingguan, atau bulanan, sesuai kebutuhan. WISE Disk Cleaner akan bekerja otomatis pada waktu yang anda atur.
  • Gratis dan Kapasitas Kecil. Aplikasi ini tersedia secara gratis di sini. Siapapun bisa download aplikasi pembersih RAM laptop ini, menikmati update otomatis secara gratis, dan mendapatkan dukungan teknis melalui komunikasi email. Selain itu, aplikasi ini berukuran kecil dan bebas virus.

WISE Cleaner saat ini tersedia untuk Windows XP, Vista, Windows 7/8/10, baik 32-bit maupun 64-bit.

3. Razer Cortex: System Booster

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk anda yang kerap menggunakan laptop untuk main game. Bayangkan betapa kesalnya jika laptop anda tiba-tiba lelet atau hang saat anda sedang asyik bermain game. Dengan System Booster dari Razer Cortex, anda bisa menghindari masalah seperti itu. Aplikasi ini mengoptimalkan kerja perangkat dengan cara ‘merampingkan’ game dan aplikasi yang terpasang. Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • ‘Menyapu’ junk file untuk menambah ruang kosong di disk drive. Anda bisa meyakinkan bahwa tidak ada satu kilobyte pun yang terbuang sia-sia untuk file sampah.
  • Mengoptimalkan konfigurasi sistem dan melakukan Defragment terhadap aplikasi dan games yang terpasang di perangkat.
  • Menentukan sendiri file yang akan dibersihkan. Anda bisa click View Scan Results dan memilih file yang ingin dihapus. Atau, jika tidak dipilih, maka semua file yang terdeteksi bermasalah akan dihapus oleh sistem.

Dengan aplikasi ini, anda bisa meningkatkan kinerja laptop untuk bermain game atau operasi lainnya, terutama yang berada di HDD. Jadi, waktu loading akan sangat cepat, dan anda tidak lagi dibuat kesal karena menunggu lama. Dapatkan aplikasi Razer Cortex: System Booster secara gratis di sini.

4. RAMRUSH

Jika anda sedang mencari aplikasi pembersih RAM laptop yang tampilannya sederhana, maka RAMRUSH adalah pilihannya. Aplikasi ini beroperasi di System Tray dan anda bisa melihat grafik penggunaan CPU dan RAM secara real time. RAMRUSH banyak direkomendasikan, terutama karena mampu mencegah kerusakan sistem laptop anda, mencegah kebocoran memory, serta meningkatkan efisiensi laptop.

Aplikasi ini merupakan tool pengelolaan dan optimisasi memory secara gratis. RAMRUSH membantu anda mengoptimalkan penggunaan sistem Windows serta menawarkan sejumlah keunggulan, antara lain:

  • Menambah ruang kosong dalam RAM, sehingga sistem bekerja lebih baik
  • Memulihkan memori dari aplikasi Windows
  • Cocok bagi pengguna pemula maupun level pro. Tidak dibutuhkan pengalaman atau skill khusus untuk mengoprasikannya!
  • 100% bersih, bebas dari Spyware maupun Adware
  • Kapasitas kecil, hanya 534KB!

Download aplikasi pembersih RAM laptop RAMRUSH secara gratis di sini. Aplikasi ini mendukung Windows 98, ME, 2000, XP, 2003, Vista, 2008, dan Windows 7. Pastikan tersedia ruang kosong setidaknya 1MB serta RAM 5B hingga 8MB di laptop anda sebelum memasang aplikasi ini.

Selain 4 (empat) rekomendasi aplikasi di atas, tentunya masih banyak aplikasi pembersih RAM laptop yang tersedia secara gratis. Namun, pastikan anda mempelajari fiturnya dengan baik dan membaca review dari pengguna di forum komunikasi independen. Dengan demikian, anda bisa terhindar dari aplikasi yang sepertinya gratis, namun ternyata membuat anda harus membayar atau justru dapat memicu kebocoran data.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar