DNS Tercepat Dan Terbaik Rekomendasi Di Tahun 2022

DNS Tercepat Dan Terbaik Rekomendasi Di Tahun 2022

Tidak semua pengguna internet menyadari bahwa ada banyak sistem yang rumit dan saling terkait untuk menghubungkan antara bahasa manusia dengan bahasa program komputer. Salah satu yang paling dibutuhkan untuk bisa mengakses halaman pada internet adalah Domain Name System atau DNS tercepat, agar alamat domain bisa diterjemahkan menjadi alamat IP.

Perangkat penerjemah alamat domain menjadi alamat IP disebut sebagai DNS server, yang menjadi perantara bagi pengguna dengan mesin komputer. Manusia tentu jauh lebih mudah menghafalkan nama domain karena bisa diucapkan, daripada menghafal angka kombinasi alamat IP.

DNS tercepat dibutuhkan untuk dapat mengakses alamat website yang menyediakan informasi sesuai topik pencariannya sesingkat mungkin. Dalam hal ini penyedia Domain Name System diatur otomatis oleh provider penyedia layanan internet yang digunakan oleh pengguna. Misal Anda adalah pengguna Telkomsel, maka otomatis menggunakan DNS Telkom.

Contoh sederhananya adalah ketika mengakses Instagram melalui mesin pencari, maka DNS server otomatis bekerja mencari alamat IP Instagram agar dapat diakses. Biasanya, pengaturan Domain Name System sudah otomatis ada di setiap komputer dan provider penyedia layanan internet, sehingga tidak perlu melakukan pengaturan ulang.

DNS: Otak Kerja Pengguna Internet

Setiap pengguna internet membutuhkan Domain Name System sebagai penerjemah agar apa yang diinginkan dipahami oleh perangkat. Karena pada dasarnya kombinasi huruf lebih mudah kita ingat dibanding dengan angka, sementara bahasa program menggunakan kombinasi angka. DNS Server menjadi jembatan semacam buku kontak yang mudah diakses dan dipahami.

Buku telepon pada kontak perangkat Anda ibarat DNS server yang menyimpan data nama dan nomor alamat yang sudah disimpan. Saat Anda mencari nama tertentu, sistem kontak perangkat langsung mengarahkan pada nomor yang sudah tersimpan untuk melakukan panggilan atau pengiriman pesan sesuai perintah.

Bedanya, hasil kerja DNS tercepat bukanlah perintah panggilan atau pengiriman pesan, tetapi menampilkan halaman sesuai alamat yang tersimpan. DNS server akan mengarahkan warganet pada alamat IP sesuai nama domain yang diinput di kolom pencarian. Saat mencari alamat yang sesuai untuk pertama kali, DNS server harus menjelajahi data dari seluruh dunia.

PenyediaPromoRating
NiagahosterDomain GRATIS Januari 2022★★★★★
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★★★☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★★★☆☆
QwordsFlash Sale Januari 2022 domain murah★★☆☆☆
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Daftar DNS Tercepat Paling Banyak Digunakan

Saat ini, tersedia banyak Domain Name System yang beroperasi menawarkan layanan paling cepat, aman, dan tidak mengganggu privasi pengguna. Tentu dengan keunggulan masing-masing, pengguna bisa menyesuaikan pilihan dengan prioritas yang diambil. Berikut daftar DNS tercepat yang selama ini paling banyak digunakan di seluruh dunia:

1. Cloudfare Provider

Dari segi kecepatan, Cloudfare dianggap sebagai DNS tercepat yang belum memiliki pesaing di tingkat global. Dengan kecepatan respon 13 milisecond, Cloudfare menjadi juara dibanding Domain Name System lain yang memiliki waktu respon rata-rata di atas 20 milisecond. Meskipun baru muncul pada tahun 2018, kecepatan Cloudfare mampu mengalahkan para pendahulunya.

Selain kecepatan yang melesat jauh di depan Domain Name System lain, Cloudfare juga memiliki proteksi DDoS, firewall, dan berjanji tidak menjual data pengguna kepada pihak ketiga. DNS server milik Cloudfare diklaim tidak akan menyimpan data pengguna lebih dari 25 jam, setelah itu dihapus. Maka wajar hingga saat ini Cloudfare dianggap sebagai Domain Name System andalan perusahan ternama dunia.

Beberapa perusahaan ternama seperti L’Oreal di Jerman, Garmin di Amerika, Shopify di Ontario, dan Thomson Reuters di Canada merupakan pengguna Cloudfare. Anda bisa mengatur alamat Domain Name System primer 1.1.1.1 atau 1.0.0.1 di jalur sekunder untuk menggunakan Cloudfare gratis atau berbayar mulai dari $20 setiap bulan.

2. OpenDNS Provider

Cisco menaungi OpenDNS sejak tahun 2006 sebagai salah satu penguasa teknologi dan jaringan terbesar tingkat dunia. Time response OpenDNS tercatat 22.73 milisecond dan saat ini digunakan oleh Ford, Netflix, serta Evernote sebagai contoh pengguna dari perusahaan ternama.

Selain menyediakan layanan gratis, OpenDNS juga menyediakan paket berbayar yang lebih murah dari Cloudfare yaitu hanya $19.95 per bulan. Dari segi keamanan, setiap hari sistem ini melakukan filter dan membatasi domain, IP address, atau URL yang dianggap berbahaya.

Sebagai salah satu rekomendasi DNS tercepat dengan tingkat keamanan tinggi, OpenDNS bisa menyimpan riwayat pencarian hingga satu tahun khusus untuk layanan berbayar. Jika Anda ingin mengaksesnya, pengaturan alamat server primer OpenDNS adalah 208.67.222.222 dan server sekunder di alamat 208.67.220.220.

3. Public DNS Milik Google

Berbeda dengan DNS tercepat lain yang menyediakan layanan berbayar, Google Public DNS tersedia gratis untuk seluruh pengguna. Dari segi keamanan, Google DNS belum sekuat Cloudfare untuk menjaga privasi pengguna. Salah satu kelemahan DNS server milik Google ini adalah tidak bisa digunakan untuk memblokir akses situs tertentu.

Sementara itu untuk privasi pengguna, Google menjamin tidak akan memberikannya kepada pihak ketiga karena otomatis dihapus setelah 48 jam. Alamat DNS primer Google cukup mudah diingat karena terdiri dari kombinasi angka 8.8.8.8 untuk server primer dan 8.8.4.4 untuk server sekunder.

4. Quad9 DNS

Dari sisi kecepatan, time response Quad9 menapai 40.61 milisecond, 3 kali lebih lambat dari Cloudfare. Akan tetapi dari sisi keamanan, Quad9 menjamin untuk berusaha terus memblokir ancaman malware, phishing, spyware, dan bots yang berbahaya. Privasi pengguna juga dijaga dengan tidak menyimpan alamat IP pengguna saat digunakan dalam sistem mereka.

Uniknya, selain masuk daftar DNS tercepat, Quad9 ini tidak mau beroperasi di wilayah negara yang menentang kebijakan privasi bagi pengguna. Quad9 DNS juga dapat digunakan gratis pada WiFi sejak 2017 dan memiliki server di Indonesia. Jadi bagi Anda yang mengutamakan keamanan dan akses yang lumayan, dapat memilih Quad9 DNS.

5. Next DNS

Meskipun tergolong baru karena mulai beroperasi pada 2019 lalu, Next memiliki waktu respon yang lebih cepat dibanding dengan Google DNS yaitu pada angka 29.69 milisecond. Salah satu DNS tercepat ini menyediakan layanan gratis dan berbayar yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari SGD 2.98 per bulan.

Selain performa yang andal, perlindungan akses dari malware, phishing, hingga cryptojacking terus dilakukan untuk menjamin keamanan pengguna. Jika ada serangan yang dianggap mengganggu maka secara otomatis diblokir oleh sistem. Keunggulan lain adalah adanya pengaturan otomatis untuk memblokir konten porno, kekerasan dan pembajakan karya.

Menurut data yang mereka rilis, setiap bulan Next berhasil melakukan blokir sebanyak 6 juta akun. Tidak heran jika perusahaan mesin pencari sebesar Mozila Firefox memilih Domain Name System ini sebagai partner resmi mereka.

Jika beberapa Domain Name System di atas tersedia secara gratis dan menyediakan fitur berbayar, ada juga Domain Name System Filter yang hanya menyediakan layanan premium. Pengguna baru bisa memanfaatkan masa trial selama 14 hari sebelum memutuskan untuk membayar paket pilihan mulai dari $20 per bulan.

Setelah mengetahui fungsi dan cara kerja Domain Name System, Anda dapat menentukan mana DNS tercepat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan mendapatkannya. Waktu respon Domain Name System yang singkat menggambarkan semakin mudah pula domain itu diakses pengguna.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program DNS Tercepat Dan Terbaik Rekomendasi Di Tahun 2022