Dahsyatnya Cara Hack Website! Ini Harus Anda Waspadai

Dahsyatnya Cara Hack Website! Ini Harus Anda Waspadai


Bagi Anda pengembang website, pemilik blog, pengelola situs resmi pemerintah atau perusahaan, mungkin harus benar-benar menguasai cara hack website. Hal ini penting untuk mengantisipasi ulah mereka. Menurut penelitian, sebanyak 30.000 website diretas setiap hari. Data ini tentu mengkhawatirkan karena peluang kejahatan melalui siber semakin luar biasa.

Tidak masalah jika Anda bukan pengembang website milik perusahaan besar atau pemerintah yang memiliki traffik tinggi. Selama Anda memiliki blog personal dengan DA di atas 30, maka tingkat keamanannya harus diperketat. Jika tidak, ancaman hacker mengintai setiap saat. Script dan data penting dalam website bisa dicuri, digandakan, atau dijual oleh hacker.

Tidak semua hacker itu jahat, memang Ada sebagian hacker idealis yang hanya meretas jaringan untuk kepentingan tertentu yang sesuai dengan ideologi mereka. Sebagian yang lain memilih profesi hacker demi alasan ekonomi. Maka tidak sedikit orang memilih belajar cara hack website untuk mencari keuntungan.

cara hack website

Alasan Website Kena Hack

Website yang kena hack tidak dapat diakses oleh adminnya atau ada keanehan yang terjadi. Misalnya tampilan layar berubah, ada fungsi yang berkurang atau bertambah, dan sebagainya. Ada beberapa alasan mengapa rumah di dunia maya berbentuk website ini sering mendapat serangan tak terduga dari hacker, berikut diantaranya:

Keamanan komputer rendah

Keamanan komputer yang rendah dapat dikuasai orang lain diam-diam. Aksi ini bisa terjadi melalui aplikasi yang menghubungkan hacker dengan perangkat Anda. Salah satu aplikasi yang bisa menjalankan remote jarak jauh adalah Timeviewer, berita baiknya aplikasi ini tidak memungkinkan hacker merusak sistem Windows.

Untuk menutup kemungkinan orang-orang yang paham cara hack website berulah, sebaiknya lengkapi keamanan website Anda dengan pengaturan ganda. Jangan pasang aplikasi yang mencurigakan kecuali sudah Anda pastikan aman.

Akses pihak ketiga

Sangat mungkin bagi Anda memberi akses kepada orang lain untuk masuk ke komputer atau login ke dashboard admin website atau blog. Entah untuk kepentingan yang mendesak atau ketidaksengajaan. Maka, selalu ingat untuk logout jika membuka akun website atau blog bukan melalui perangkat pribadi.

Cara ini tentu tidak akan menjamin serangan pihak ketiga berhenti. Hacker yang paham cara hack website tentu tidak membutuhkan password untuk membobol akun Anda. Mereka punya banyak cara seperti menggunakan subdomain, jumping server, atau lainnya.

Aplikasi berbahaya

Adanya aplikasi berbahaya atau bajakan yang disusupi virus kemudian terpasang di perangkat dapat mencuri data Anda. Termasuk data website Anda bisa lenyap dalam sekejap jika tidak dijaga dengan sistem keamanan yang baik. Tentu Anda tidak ingin rumah maya berupa blog atau personal website yang dibangun sekian lama diambil alih orang lain, kan?

Indirect server hack

Cara hack website lain yang hanya bisa dilakukan oleh profesional hacker adalah melalui server. Peretas dapat masuk dan mengambil data penting website yang tersimpan di server melalui teknik yang mereka kuasai.

Merespon phishing

Jika Anda terlalu reaktif dalam meng-klik pesan yang mengandung pranala ke halaman phising, maka waspadalah terhadap serangan hacker ke website atau personal blog. Karena link phishing bisa mengambil data pribadi Anda untuk mereka gunakan meretas akun yang terhubung dan bisa mereka akses.

Script tidak update

Setiap website atau blog memiliki kode script yang memiliki nilai ekonomi tinggi jika dijual. Apalagi untuk website dengan traffic dan DA tinggi, dapat dipastikan laku jika dijual kepada pihak yang tepat. Sayangnya, script ini perlu diperbarui setiap muncul versi terbarunya. Jika tidak, potensi peretasan pada website atau blog Anda semakin tinggi.

Serangan keamanan website

Website yang rawan diretas karena faktor keamanannya tidak terjaga biasanya dibuat oleh pengembang sekadar untuk memenuhi pesanan. Setelah website pesanan tersebut jadi, pengembang tidak lagi bertanggung jawab atas konten dan progress performa-nya. Atau bisa juga terjadi pada blogger yang tidak paham ilmu security website.

Cara Mencegah Peretasan Website

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegah orang-orang yang paham cara hack website beraksi di blog atau personal website Anda beraksi? Mulai dari mengaktifkan HTTPS dan SSL, menjaga akun untuk tidak login sembarangan, hingga berhati-hati terhadap phishing harus ANda lakukan, berikut rinciannya:

Aktifkan https dan ssl

Lalu lintas jaringan dari pengguna ke server website anda akan jauh lebih aman ketika fitur HTTPS dan sertifikat SSL diaktifkan. Tidak mudah bagi hacker untuk menembus keamanan SSL dan meretas isi website setelah pengaturan ini aktif.

Hindari login sembarangan

Jangan lupa bahwa salah satu cara hack website paling mudah adalah melalui akun yang lupa di logout setelah digunakan di perangkat yang bisa diakses publik. Ibarat kendaraan, Anda meninggalkan kuncinya sembarangan, maka jangan kaget jika kemudian ada yang menemukan dan mengambil alih kendaraan tersebut.

Jangan pasang pplikasi berbahaya

Aplikasi berbahaya juga merupakan salah satu strategi hacker untuk meretas,, mengambil data, kemudian menjualnya atau disalahgunakan demi kepentingan mereka. Selalu selektiflah dalam memilih aplikasi yang hendak dipasang dan pastikan aplikasi tersebut resmi dari pengembangnya. jangan gunakan aplikasi bajakan untuk mengurangi risiko peretasan.

Jangan sembarangan klik

Saat membuka jendela peramban, ada banyak iklan yang tiba-tiba muncul kemudian mengganggu aktivitas pencarian. Tidak semua iklan tersebut benar-benar menawarkan produk, sebagian justru merupakan pintu masuknya malware atau virus berbahaya yang akan merusak website Anda. Jika ada iklan yang terlalu banyak, segera saja tutup semuanya.

Abaikan phishing

Phishing adalah cara hack website melalui media sosial, komentar hidup yang bisa di-klik, atau kiriman broadcast email. Maka sebaiknya kenali ekstension domain dan jika mencurigakan, segera abaikan atau hapus info tersebut. Pranala asing yang Anda klik kemudian mengarah pada pencurian data berpotensi merusak blog personal melalui data yang mereka peroleh.

Selain email dan akun media sosial, link phishing juga sering dibagikan melalui grup WA, personal chat, atau pesan singkat. Paling banyak melalui pesan singkat berkedok hadiah undian atau semacamnya. Bagi orang awam, tentu sangat mudah tergiur dengan hadiah ratusan juta.

Update script secara berkala

Jika Anda pengguna CMS WordPress, lakukan update script dan plugin secara berkala, terutama saat pengembang mengumumkan adanya pembaruan. Biasanya pengembang telah menerapkan keamanan yang lebih tinggi pada versi terbaru mereka. Jika Anda pengguna program lain untuk membangun website, silakan sesuaikan dengan platform masing-masing.

Uji website Anda

Untuk menguji website, Anda membutuhkan hacker yang paham cara hack website. Dengan demikian Anda akan tahu di mana celah yang memungkinkan mereka bisa meretasnya. Gunakan jasa hacker berbakat yang bisa ditemukan melalui komunitas mereka.

Jadi, seberapa penting bagi Anda mengetahui cara hack website? Jika Anda tidak tertarik dengan dunia pemrograman namun tidak ingin personal website tiba-tiba diambil alih hacker, hanya ada dua cara mengatasinya. Pertama Anda berhati-hati dan mempelajari ilmu peretasan, atau gunakan jasa hacker profesional untuk mengembalikan akun website tersebut.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Dahsyatnya Cara Hack Website! Ini Harus Anda Waspadai