Daftar Aplikasi Pengubah Tulisan Latin ke Arab Untuk HP Android, Gratis!

Daftar Aplikasi Pengubah Tulisan Latin ke Arab Untuk HP Android, Gratis!

Tahukah kamu bahwa sekarang ada aplikasi pengubah tulisan latin ke Arab yang sangat mudah digunakan? Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak orang yang membutuhkan aplikasi semacam itu. Bahkan seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, para pengembang menciptakan aplikasi yang bisa mengubah tulisan latih ke huruf lain.

Biasanya, yang membutuhkan aplikasi untuk mengubah latin menjadi Arab ini adalah guru agama, guru mengaji, siswa, atau orang-orang yang ingin berkunjung ke luar negeri. Dengan adanya aplikasi ini, tidak perlu bingung lagi untuk menggunakan keyboard huruf Arab, karena cukup menuliskan latinnya saja, kemudian akan diubah dengan sendirinya.

Mengubah Tulisan Latin Indonesia ke Bahasa Arab

Cara kerjanya pada dasarnya sama halnya dengan aplikasi penerjemah pada umumnya. Untuk menggunakan aplikasi translator ini sangat mudah, karena memiliki berbagai fitur yang lengkap yang memudahkan para penggunanya. Para developer atau pengembang pasti menciptakan sebuah aplikasi yang memudahkan user untuk menggunakannya.

Untuk kamu yang sedang mencari cara cepat dan mudah untuk mengubah huruf latin ke Arab di Word, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Perlu diimbau, bagi yang sering menggunakan bahasa Arab untuk berbagai kebutuhan, maka alangkah baiknya untuk memiliki aplikasinya di smartphone. Dengan demikian tentu akan lebih memudahkan.

Aplikasi Penerjemah Tulisan Latin ke Arab untuk HP

Bagi para pengguna android, beberapa aplikasi ini sangat cocok dipasang di HP kamu. Kamu dapat menginstal salah satunya apalagi jika kamu benar-benar sering membutuhkan aplikasi ini. Berikut ini merupakan daftar aplikasi untuk mengubah tulisan latin ke Arab untuk android.

1. Harakat Keyboard

Untuk kamu yang sedang membutuhkan aplikasi pengubah tulisan latin ke Arab, bisa mengunduh Harakat Keyboard pada Google PlayStore. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis. Untuk mengunduh dan memasang aplikasi ini pada smartphone android caranya sangat mudah seperti memasang aplikasi pada umumnya.

Keunggulan dari aplikasi ini, selain bisa mengubah tulisan latin ke Arab, aplikasi ini juga bisa membantu untuk belajar harakat dengan benar. Tidak perlu bingung, karena aplikasi ini dirancang dengan cara penggunaan yang mudah dan sederhana. Jadi, aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang ingin belajar banyak mengenai bahasa Arab.

Adapun cara menjalankan dan menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi yang sudah dipasang di HP
  • Lalu “Aktifkan Keyboard” di bagian setting
  • Aplikasi siap digunakan dengan cara langsung mengetik menggunakan tulisan Arab

Perlu digarisbawahi bahwa aplikasi ini lebih cocok untuk orang-orang yang sudah hafal dan memahami dasar tulisan Arab. Jadi aplikasi ini bisa untuk melancarkan. Apalagi fiturnya lengkap dan mudah digunakan.

2. Tulisan Arab Sehari-Hari

Aplikasi pengubah tulisan latin ke Arab selanjutnya adalah Tulisan Arab sehari-hari. Untuk memasang aplikasi ini pada android, tidak membutuhkan ruang penyimpanan besar, sehingga sangat direkomendasikan. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini gratis dengan mendownload langsung di Google PlayStore.

Cara untuk menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  • Download dan install Aplikasi pada android
  • Buka aplikasi untuk menjalankannya
  • Pada kolom yang sudah disediakan, masukkan tulisan yang ingin diterjemahkan atau diubah
  • Hasil akan langsung muncul
  • Salin dan tempel hasil terjemahan ke Word

Selain sebagai pengubah tulisan, aplikasi ini pun menyediakan berbagai tulisan Arab yang sering digunakan sehari-hari. Misalnya tulisan basmalah, salam, hamdalah, dan lain sebagainya. Jika kamu sedang membutuhkan tulisan tersebut, hanya perlu copy pastel saja. Jadi akan lebih mudah, tidak perlu menulis ulang.

3. Alquran Latin dan Arab

Untuk kamu para pemula yang ingin belajar tulisan Arab, maka bisa menggunakan aplikasi Alquran Latin dan Arab Pemula. Aplikasi ini cukup banyak peminat karena untuk menjalankan aplikasi ini caranya cukup mudah. Ulasan positif dari para pengguna juga sangat banyak sehingga banyak yang tertarik untuk menggunakannya.

Ketika menerjemahkan tulisan latin ke Arab, pengguna akan sangat dimudahkan. Fitur yang tersedia cukup lengkap. Kamu pun hanya perlu meng-copy pastel hasil terjemahan ke Word jika membutuhkannya. Untuk menggunakan aplikasi ini, berikut langkah-langkahnya.

  • Unduh dan pasang aplikasi melalui PlayStore
  • Buka untuk menjalankan aplikasi tersebut
  • Input tulisan yang akan diterjemahkan
  • Copy pastel hasil terjemahan ke Word

Bagi pemula yang sedang belajar menulis Arab atau yang sedang belajar terjemahan Alquran, sangat cocok untuk memasang aplikasi ini di HP android.

4. Indonesian – Arabic Translator

Jika ingin menggunakan aplikasi ini, bisa diunduh melalui PlayStore. Cukup ketik kata kunci atau nama aplikasinya saja, lalu kamu bisa menemukan aplikasi ini dengan mudah.

Ketika aplikasi ini sudah berhasil dipasang di smartphone Android, bukalah aplikasi untuk menjalankannya. Caranya sebenarnya sama dengan aplikasi penerjemah pada umumnya. Hanya saja, aplikasi ini khusus aplikasi pengubah tulisan latin ke Arab. Berikut adalah cara untuk menggunakan aplikasi ini.

  • Bukalah aplikasi Indonesian–Arabic Translator di android untuk menjalankan aplikasi
  • Ketik tulisan latin seperti pada umumnya di bagian yang telah disediakan di tampilan aplikasi tersebut
  • Pastikan kamu sudah menulis tulisan latinnya dengan benar
  • Jika sebelumnya sudah memiliki file tulisan latin yang akan diubah ke Arab, maka hanya perlu Copy – Paste saja, sehingga lebih mudah
  • Secara otomatis aplikasi akan mengubah tulisan latin tersebut ke tulisan Arab
  • Jika sudah diubah, tulisan Arab tersebut disalin dan ditempel ke Word

5. Nulis Arab – Pegon

Banyak yang minat untuk menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi pengubah bahasa latin ke Arab karena terbilang mudah dan praktis. Aplikasi Nulis Arab Pegon adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi kamu yang sedang belajar tulisan Arab gundul (tanpa harakat) atau sering disebut dengan istilah pegon.

Cara download dan install aplikasi ini sama halnya dengan aplikasi biasa. Tidak butuh ruang penyimpanan yang besar untuk memasang aplikasi ini, jadi akan lebih mudah. Adapun cara untuk menggunakan aplikasi pegon ini adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi yang telah diinstall
  • Ketik tulisan latin pada kolom yang tersedia, kamu juga bisa copy pastel tulisan latin
  • Klik Hasil, kemudian akan muncul
  • Salin dan tempel hasil tulisan tersebut ke Word atau Chat

Aplikasi ini dirancang sederhana sehingga memudahkan para penggunanya. Fiturnya cukup lengkap dan tidak terlalu banyak tombol yang membingungkan.

Penutup

Adanya aplikasi pengubah tulisan latin ke Arab ini tentunya membawa banyak keuntungan dan manfaat. Apalagi dengan semakin canggihnya teknologi, berbagai pilihan aplikasi pun bisa digunakan sesuai dengan prefer masing-masing. Jadi tidak ada lagi kata sulit ketika harus mengubah latin ke tulisan Arab.

Sebenarnya, untuk mengubah huruf latin ke Arab, dapat dilakukan dengan cara offline maupun online. Kabar baiknya, cara ini bisa dilakukan dengan gratis dan tentunya aman. Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi pengubah huruf latin ke Arab, bisa memasang salah satu dari beberapa aplikasi tersebut.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Daftar Aplikasi Pengubah Tulisan Latin ke Arab Untuk HP Android, Gratis! flagcounter