CPU Modular Produk Baru Intel

CPU Modular Produk Baru Intel

Ketika Intel NUC Computer Element diadakan musim panas ini di Taipei, pastinya ada barang baru dari pabrikan besar ini. Banyak yang berpikir bahwa mereka akan memperkenalkan laptop modular terbaru mereka. Ternyata Intel tidak sama sekali memperkenalkan hal itu, tapi malah mengeluarkan CPU Modular terbaru.

CPU Modular ini biasa disebut NUC. Ukurannya sebesar sebuah buku dengan bentuk persegi. Desainnya bebasis slot yang bisa dikatakan lebih berguna dan simple. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengunjungi situs “Anandtech“.

Konsep CPU Modular

Mari kita mundur sedikit. Ketika kita membuka PC pastinya sedikit menyusahkan. Kita harus melepas prosesor, heat sink dan beberapa komponen lain. Untuk menggantinya dengan sesuatu yang baru, seperti menyederhanakannya akan memacu pengembangan desain PC modular. Intel membantu dan memanfaatkan peluang ini dalam dua cara.

Intel secara tradisional telah memproduksi chipset dan mikroprosesor sendiri, tetapi telah bercabang selama beberapa tahun terakhir. Untuk memperkenalkan PC kecil, faktor bentuk yang dikenal sebagai NUC (Next Unit of Computing). PC eksternal kecil ini, tersedia dalam banyak versi.

CPU Modular Masih Dalam Pengembangan

Secara tradisional memasangkan CPU Intel dengan beberapa memori, memungkinkan pengguna untuk menambahkan penyimpanan dan periferal sesuai keinginan mereka. NUC “Hades Canyon“, misalnya, menggunakan prosesor Intel-AMD Kaby Lake-G dan diterima dengan baik.

NUC pada dasarnya melakukan hal yang sama, mengubah bagian CPU, chipset, memori menjadi modul yang dapat dengan mudah diganti. Seperti yang dilaporkan AnandTech, sasis NUC yang jauh lebih besar menyembunyikan Xeon, Thunderbolt, Ethernet, Wi-Fi, dan konektor USB. Penggunaan prosesor Xeon menandai ini akan digunakan di server. Tetapi tidak ada yang mengatakan bahwa ini tidak dapat diadaptasi untuk PC desktop.

Dari pelaporan Anandtech, sepertinya “CPU Modular” lebih merupakan prototipe dari pada yang lainnya. Tidak jelas apakah Intel akan memproduksi hal ini, atau mereka menyerahkannya ke OEM. Juga tidak jelas kapan mereka akan memproduksinya, atau berapa harganya.

Semua mengatakan, konsep NUC Computer Element modular atau “CPU Modular” tampaknya masih dalam pengembangan. Tetapi PC dan server yang mudah diupgrade mungkin akan menguntungkan hampir semua orang, dan bukan hanya produsen.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program CPU Modular Produk Baru Intel