Contoh Bisnis Plan, Point Penting Dan Manfaatnya

Banyak yang mengira bahwa membangun bisnis itu mudah tapi Anda salah karena bisnis yang tidak dibekali dengan rencana yang kuat bahkan proposal yang matang justru tidak akan memperlancar usaha Anda ke depannya. Anda bisa memulai membuat rencana berdasarkan contoh bisnis plan yang saat ini bisa Anda temukan dengan mudah di internet. Tapi tidak semua bisnis plan mengandung unsur atau elemen penting yang sangat dibutuhkan oleh Anda untuk membuat usaha lebih baik.

contoh bisnis plan

Manfaat Melihat Contoh Bisnis Plan

Jangan pernah meremehkan keberadaan bisnis plana palagi jika Anda masih pebisnis pemula yang baru saja akan mulai terjun ke dunia persaingan para pengusaha atau entrepreneur. Justru, ini merupakan proposal yang paling penting untuk melancarkan usaha Anda apabila ingin bisnis yang dibangun sukses dimulai dari nol hingga beberapa tahun mendatang. Dibutuhkan kemampuan untuk menyusun rencana dengan baik dan jika tidak tahu harus dimulai dari mana, maka Anda bisa mencari contoh bisnis plan yang baik di internet.

Anda akan menemukan banyak sekali kerangka contoh proposal bisnis yang harus disusun oleh para pemula sehingga mereka tahu apa yang harus disiapkan, apa yang perlu mereka miliki dan apa yang harus digunakan untuk membangun bisnis yang sempurna. Anda bisa melihat beragam rincian informasi yang ada di dalamnya dan banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat bisnis plan ini diantaranya:

  • Membantu menemukan investor

Modal untuk usaha tidak selamanya harus berasal dari dompet sendiri dan akan ada banyak sekali uang yang perlu Anda siapkan khususnya ketika bisnis ini masih berada di tahap awal. Disinilah Anda memerlukan bantuan dari investor maupun pihak yang mau meminjamkan dana. Bisnis plan sebagai dokumen penting begitu diperlukan untuk tahap ini.

Fungsinya adalah guna menunjukkan jika bisnis ini benar-benar dibangun dengan riset yang matang dan memiliki persiapan yang baik. Ini bukan bisnis biasa berdasarkan keinginan yang dangkal melainkan sudah melalui hasil pemikiran yang cukup panjang. Dengan adanya bisnis plan ini, maka investor bisa mengerti seperti apa jalan pikiran Anda sebagai pengusaha dan mereka dapat mempertimbangkan apakah mereka mau memberikan modal untuk investasi.

  • Jalannya bisnis akan semakin mudah

Dengan adanya bisnis plan, maka manajemen bisnis akan berjalan dengan baik. Pimpinan juga lebih mudah untuk menginformasikan kepada karyawannya tentang berbagai macam aspek mengenai bisnis yang dijalankan ini sehingga mereka memiliki satu visi yang sama. Hasilnya adalah bisnis akan selalu berjalan dengan lancar dan jauh lebih terarah sejak persiapan ketika dimulai, pelaksanaannya sampai dengan evaluasinya.

Bisnis plan ini bisa pula berperan sebagai blue print yang sepenuhnya mendeskripsikan seluruh perkembangan dari rencana usaha yang Anda miliki. Saat bisnis akan dibangun, maka harapan pimpinan adalah sudah pasti bisnis ini menjadi berkembang dan sukses. Tanpa memiliki rencana maupun pengetahuan tentang bisnis, usaha tidak akan pernah berkembang, manajemennya buruk dan level marketing tidak maksimal.

Proposal yang Baik dari Contoh Bisnis Plan

Setelah Anda tahu manfaat dan bisnis plan, maka kini sudah saatnya Anda mencoba untuk membuatnya sendiri. Anda bisa meminta bantuan dari yang lebih ahli atau berpengalaman di dalam bisnis maupun langsung melihat contoh bisnis plan dan mempelajari poin penting yang harus ada di dalamnya dan inilah beberapa elemen yang harus Anda masukkan ke dalam bisnis plan yaitu:

1. Latar Belakang atau Background

Inilah bagian awal yang harus Anda pikirkan dengan matang pertama kali ketika merancang bisnis plan dan sebagian pengusaha lebih mengenal bagian ini sebagai Executive Summary. Pada poin ini, Anda harus menuliskan alasan mengapa ingin membangun bisnis tersebut, darimana asal ide bisnis ini muncul, apa keunggulan yang akan dimiliki oleh usaha Anda sekaligus potensi perkembangan bisnis ini di masa depan. Supaya jauh lebih meyakinkan dan kredibel di mata calon investor, maka bagian latar belakang bisa diberikan kutipan maupun tinjauan pustaka yang bermanfaat dan bisa dipertanggungjawabkan dengan benar.

2. Visi dan misi

Setelah latar belakang selesai Anda buat, selanjutnya poin lain yang perlu Anda susun adalah visi misi dari bisnis ini. Bagian tersebut harus benar-benar dibuat dengan sejelas mungkin, tidak perlu bertele-tele dan harus diterangkan gamblang sehingga tidak ada yang salah paham. Contohnya adalah Anda memiliki visi membangun rumah makan vegetarian dan misi Anda adalah memberikan rasa terbaik dari masakan vegetarian berbahan dasar non-protein dan memberikan pelayanan yang memuaskan untuk para konsumen.

3. Deskripsi Produk

Saat Anda menunjukkan bisnis plan ini pada calon investor, jangan melupakan tentang produk yang ingin Anda jual. Jelaskan dengan serinci mungkin sehingga bisa dipahami dengan baik. Contohnya adalah Anda menjual makanan vegetarian yang sebelumnya. Anda bisa memberikan contoh apakah makanan vegetarian ini hanya sekedar salad atau Anda juga mengolah beragam sumber nabati lain sehingga bisa diterima oleh banyak orang.

4. Rencana usaha

Untuk poin yang satu ini, masih ada beberapa informasi lain di dalamnya yang sangat detail supaya Anda bisa memahami apa yang wajib dilakukan antara lain:

  • Preparation atau persiapan

Umumnya dalam menjalankan usaha, dibutuhkan persiapan yang matang mulai dari informasi mengenai penjelasan bagaimana cara menemukan bahan, mengolahnya dan lainnya sampai bisa meraih target pasar.

  • Strategi marketing atau pemasaran

Anda bisa menggunakan beberapa macam metode marketing tradisional maupun digital guna menarik pangsa pasar dan target konsumen. Tampilkan pula strategi marketing yang jelas mulai dari target pasarnya, pangsa pasar maupun posisi produk itu sehingga dapat bersaing dengan usaha lain yang mirip dengan milik Anda. Tidak perlu cemas dengan adanya biaya promosi tinggi dan anggaplah ini sebagai instrumen dari investasi.

  • Rencana biaya anggaran

Di bagian ini, Anda harus menuliskan angka berupa harga dari bahan baku ataupun peralatan yang akan Anda gunakan dengan detail dan juga terperinci. Jika Anda tidak tahu harga pasti dari sebagian alat maupun bahan, maka Anda bisa mengambil rata-rata harganya namun pastikan jangan terlalu rendah maupun terlalu tinggi.

  • Sumber anggaran

Sumber anggaran ini dapat berasal darimanapun seperti dana pribadi yang Anda miliki, pinjaman maupun investasi dari pihak lain. Tulislah berapa nominal dana yang Anda dapatkan secara terperinci.

  • Struktur organisasinya

Bisnis yang dibangun tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya kejelasan mengenai struktur organisasi di dalam usaha tersebut. Siapa pihak yang bisa bertanggung jawab atas usaha ini? Jika usaha yang dibangun masih dalam taraf kecil atau bukan perusahaan, maka Anda tidak perlu membuat struktur organisasi yang detail seperti direktur, pemegang saham dan sebagainya. Hal terpenting adalah di dalamnya terdapat peran dan juga batasan yang penting antara pengurus harian maupun manajemennya.

Inilah elemen penting yang harus Anda lihat dari contoh bisnis plan dan terapkan sesuai dengan informasi yang tertera. Dengan demikian, maka Anda tidak akan membuat bisnis dengan arah yang melenceng dari tujuan sebelumnya yang telah Anda susun.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar