CK Hutchison Berupaya Mengawinkan 3 Inggris dengan Vodafone

CK Hutchison Berupaya Mengawinkan 3 Inggris dengan Vodafone

Grup Vodafone kabarnya sedang melakukan perundingan demi kepentingan penggabungan operasinya di Inggris dengan saingannya yaitu 3 Inggris. Usaha ini demi penggabungan operator terbesar ketiga dan keempat di negara itu.

Juga demi meningkatkan persaingan dengan EE Grup BT dan Virgin Media O2. Kabar ini disampaikan oleh Financial Times (FT), meskipun tidak ada catatan pasti mengenai apa saja yang diperundingkan dalam pertemuan tersebut.

Perundingan Untuk Mengawinkan 3 Inggris dengan Vodafone

Namun dari narasumber tersebut diketahui bahwa sebelumnya telah ada perundingan meskipun belum ada kesepakatan, Sehingga pihak dari Vodafone mencari kesepakatan lagi karena adanya tekanan dari investor aktivis Cevian Capital.

Yang mana telah mendorong operator Eropa untuk melakukan kesepakatan tersebut di pasar nasional dan menyederhanakan bisnisnya.  Namun seandainya memang Vodafone dan pemilik 3 Inggris yang berbasis di Hong Kong, CK Hutchison mengiginkan penggabungan.

Pastinya akan menghadapi pengawasan peraturan yang ketat karena mengurangi jumlah pemain seluler utama dari empat menjadi tiga.  Sehingga CEO Vodafone Nick Read, mengatakan bahwa operator  perlu mengambil pendekatan proaktif menuju konsolidasi dalam pasar.

Langkah ini menjadi pilihan yang strategis disaat operator berusaha meningkatkan pendapatan dari layanan data. Belum lama CK Hutchison telah sukses menggabungkan unit usahanya di Indonesia dengan Indosat Ooredoo milik Qatar Telecom.

Merger kedua operator ini menghasilkan entitas baru, yaitu Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Yang sudah memiliki lebih dari 100 juta pelanggan. Bahkan sekarang  IOH menjadi operator terbesar kedua di Indonesia, sebagai pesaing paling berat Telkomsel sang market leader.

Saat ini pasar selular di Inggris didominasi oleh empat pemain, yakni  EE, Virgin Media O2, Three dan Vodafone. Merger terakhir di negara itu dilakukan oleh Virgin Media dan Telefonica, yang melahirkan Virgin Media O2.

Tetapi upaya merger O2 dan Three, diblokir oleh Komisi Eropa dengan alasan persaingan pada 2016. Walaupun akhirnya dibatalkan oleh pengadilan Uni Eropa pada tahun 2020, kesepakatan itu tidak pernah dilanjutkan lagi karena beberapa otoritas persaingan menentangnya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program CK Hutchison Berupaya Mengawinkan 3 Inggris dengan Vodafone flagcounter