Ciri-ciri Toko Online Terpercaya Dan Bisa Bayar di Tempat

Ciri-ciri Toko Online Terpercaya Dan Bisa Bayar di Tempat

Internet dapat dikatakan sangat membantu aktivitas manusia termasuk dalam berbelanja. Tak perlu repot keluar rumah, menembus kemacetan, atau kesulitan mencari tempat parkir, toko online tebaik siap menyediakan berbagai kebutuhan Anda dan siap mengantarnya ke rumah dengan jasa pos atau ekspedisi. Inilah sebabnya semakin banyak orang yang gemar berbelanja online, termasuk di Indonesia yang menjadi negara peringkat tiga pembelanja online terbanyak di dunia.

Sayangnya kondisi ini kemudian dimanfaatkan oknum tak bertanggungjawab untuk mengeruk keuntungan secara illegal. Bukan satu dua kali saja kita mendengar atau melihat di berbagai media kasus-kasus penipuan berkedok online shop.

Ini misalnya barang yang dipesan tak datang, barang datang dalam kondisi buruk, atau memblokir nomor telepon pelanggan setelah menerima uang transfer. Untuk menghindari hal tersebut, ketahui dulu ciri-ciri toko online terpercaya agar Anda tak menjadi korban para pedangan online abal-abal.

6 Ciri Toko Online Terpercaya

Sebelum memutuskan membeli suatu barang kepada online shop incaran Anda, ketahui dulu ciri-ciri toko online terpercaya dan professional berikut ini.

Foto berupa produk asli dan berkualitas

Perhatikan foto-foto produk yang diunggah penjual. Bila merupakan foto asli dan berkualitas bagus dapat dibilang yang bersangkutan adalah pebisnis professional. Walaupun yang bersangkutan dapat dipercaya terkait transaksi online, tetapi bila dia menggunakan foto milik toko lain, tetap saja berpotensi membuat konsumen tidak puas. Bisa jadi produk yang tiba di tangan pembeli tidak sebagus foto yang dipajang di akun toko online tersebut.

Layanan pelanggan 24 jam

Pebisnis yang serius menjual produk dagangannya tak akan ragu menyediakan layanan pelanggan atau customer service selama 24 jam sehari. Dengan begitu Anda bisa segera mendapatkan bantuan bila mengalami masalah. Bila produk yang dibeli mengalami masalah pengiriman, misalnya terlambat atau yang lainnya hak Anda sebagai konsumen tetap diperhatikan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengajukan klaim, retur, atau refund.

Ada nomor telepon dan alamat yang jelas

Tentu saja toko online terpercaya tidak akan ragu-ragu mempublikasikan alamat serta nomor telepon yang dapat dihubungi pelanggan. Untuk mendapatkan detail lokasi serta alamat yang tercantum Anda juga dapat mengeceknya dengan aplikasi Google Map. Meski demikian untuk online shop dengan system dropship biasanya tidak menyediakan stok barang pada alamat karena hanya berperan untuk menyalurkan order kepada produsen.

Ada laman testimonial

Sebagaimana dilansir Shopify, calon pelanggan paling sedikit membaca enam testimonial orang lain terlebih dahulu sebelum merasa yakin untuk melakukan order. Bila ada ulasan buruk tentang produk terkait, 80% calon pelanggan bisa terpengaruh untuk urung membeli. Inilah sebabnya teliti akun online shop dengan laman testimonialnya untuk menilai apakah toko yang bersangkutan cukup terpercaya atau tidak.

Harga yang wajar

Inilah perangkap yang sering membuat orang terjebak menjadi korban penipuan berkedok jual beli online. Seringkali pelanggan keburu tergiur dengan bandrol harga yang murah di bawah harga pasaran sehingga order tanpa pikir panjang lagi. Walaupun tidak semua online shop yang menetapkan harga terjangkau berarti penipu, tetapi bila Anda merasa harga yang ditawarkan tak masuk akal, sebaiknya tingkatkan kewaspadaan.

“Wabah” penipuan ini sempat begitu marak di tahun 2014 lalu ketika banyak orang beramai-ramai mengorder ponsel pintar yang berharga sangat murah. Faktanya puluhan orang menjadi korban dengan nilai penipuan mencapai miliaran rupiah.

Menggunakan rekber

Rekber atau rekening bersama adalah fitur yang sudah begitu akrab di kalangan pelaku transaksi online. Prinsip fitur ini adalah menerima transfer pembayaran dari konsumen dan sampai pembeli/konsumen menerima produk yang dijanjikan, penjual tidak akan mendapatkan dana pembelian produk tersebut.

Ada kalanya penjual menolak menggunakan rekber karena yang bersangkutan bukanlah pemilik barang dagangan, melainkan sebagai reseller. Tentu saja dia memerlukan pembayaran terlebih dahulu agar dapat disetor kepada produsen atau distributor untuk memproses order pelanggan.

Toko Online yang Bisa Bayar di Tempat

Kalau Anda trauma karena pernah menjadi korban penipuan online shop atau enggan berspekulasi, pilihlah online shop yang menyediakan fasilitas bayar di tempat alias COD (cash on delivery). Dengan begitu Anda tak perlu repot mentransfer dana, terutama bagi yang tak memiliki akun rekening bank, sehingga tinggal membayarnya saat barang datang.

Untuk mendapatkan fasilitas demikian ini sebaiknya pilih marketplace sebagai tempat berbelanja Anda. Di sana tersedia beragam online shop untuk produk yang Anda inginkan sehingga lebih mudah membandingkan harga. Inilah rekomendasi toko online yang bisa bayar di tempat.

Lazada

Lazada hadir dengan fitur unggulannya untuk menarik minat pelanggan yaitu bayar di tempat gratis ongkos kirim. Selain itu market place ini juga menyediakan aneka promo untuk memanjakan para konsumennya. Meski demikian tidak semua item yang dijual di Lazada dapat dibeli secara COD, jadi telitilah sebelum memesan produk mana yang menyediakan fitur tersebut dan mana yang tidak. Ingat juga bahwa syarat dan ketentuan berlaku.

Tokopedia

Tokopedia dapat dibilang sebagai marketplace terbesar di Indonesia dan sangat terpercaya juga profesional. Bahkan banyak orang membandingkan antara tokopedia vs bukalapak. Namun beberapa kelebihan dari tokopedia adalah menyediakan berbagai program diskon juga promo yang menguntungkan dan gratis ongkir. Beberapa produk juga dapat dibeli dengan system COD atau bayar di tempat.

Shopee

Shopee seringkali mengadakan promo bagi pelanggan baru berupa subsidi ongkir atau gratis sama sekali. Sama seperti market place yang lain ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuni, misalnya belanja minimal mencapai Rp90.000,00 atau mulai Rp120.000,00. Fitur-fitur bayar di tempat atau gratis ongkos kirim sebenarnya merupakan perwujudan dari system kerjasama yang dijalin antara online shop dengan market place tersebut.

JD.id

Inilah market place paling direkomendasikan bagi Anda yang berniat berbelanja produk elektronik. DJ.id juga menjamin produk yang ditawarkan pada platform online shop ini original. Walaupun ada beberapa ketentuan yang harus diikuti untuk mendapatkan fasilitas bayar di tempat, JD.id tak memberi ketentuan minimal order atau belanja.

Blibli.com

Market place ini seringkali dikatakan sebagai toko diskon karena seringnya menggelar gebyar diskon dengan potongan harga besar-besaran. Dengan begitu Anda bisa membeli barang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. Mengenai fitur bayar di tempat dan gratis ongkir seperti biasa ada persyaratan tertentu.

BukaLapak.com

Hampir seluruh online shop yang bermitra dengan Buka Lapak saat ini menyediakan fitur gratis ongkir. Selain itu untuk memenangkan kompetisi dengan para pesaingnya, Buka Lapak cukup royal mengadakan promo diskon besar-besaran termasuk bayar di tempat. Inilah fitur andalan untuk menarik minat semakin banyak konsumen market place ini.

Bhinneka

Hampir sama seperti Blibli.com, Bhinneka juga rekomendasi yang cocok bagi para konsumen yang berniat membeli produk elektronik. Dalam berbagai promo yang digelar, Bhinneka tidak takut menyediakan fitur gratis ongkir ke seluruh penjuru tanah air, serta diskon yang besar. Uniknya, market place ini bahkan menyediakan fitur angsuran untuk membeli produknya, serta bayar di tempat tentunya.

Yang tak kalah menarik dari beberapa toko online di atas Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan metode kredit tanpa menggunakan kartu kredit, yakni dengan cara memanfaatkan beberapa aplikasi pinjaman online seperti linkaja dan lain sebagainya.

Itulah seputar tentang toko online terpercaya dan beberapa marketplace yang direkomendasikan untuk Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Ciri-ciri Toko Online Terpercaya Dan Bisa Bayar di Tempat flagcounter