Chuck Peddle Yang Telah Membantu Perkembangan PC Meninggal

Chuck Peddle Yang Telah Membantu Perkembangan PC Meninggal

Chuck Peddle, insinyur dan pengusaha yang membantu meluncurkan chip komputer pribadi dan merancang mikroprosesor yang dijual dengan harga hanya $ 25. Dia telah meninggal pada 15 Desember di rumahnya di Santa Cruz, California pada usia 82 tahun. Rekannya, Kathleen Shaeffer, mengatakan penyebabnya adalah kanker pankreas.

Pada 1974, Dia dan beberapa insinyur lainnya sedang merancang chip silikon baru di Motorola Corp di Phoenix. Ketika perusahaan mengiriminya surat yang menuntut agar ia menutup proyek tersebut, Chuck Peddle sedang membuat chip ultra murah yang dapat membawa teknologi digital ke generasi baru. Tetapi bosnya melihatnya sebagai kompetisi internal yang tidak diinginkan untuk prosesor $ 300 Motorola yang telah diluncurkan tahun itu.

Chuck Peddle

Jadi dia memindahkan proyek ke MOS Technology, pembuat chip saingan di dekat Valley Forge, Pennsylvania, membawa tujuh insinyur Motorola lainnya bersamanya. Di sana mereka membangun prosesor yang disebut 6502. Dengan harga $ 25, chip ini segera didukung gelombang besar pertama komputer pribadi di Amerika Serikat dan Inggris, termasuk Apple II dan Commodore PET.

Chuck Peddle Pernah Di Tuntut Motorola

Ketika pertama kali membawa ide itu ke MOS Technology, salah satu pendiri perusahaan, LJ Sevin, menolaknya karena khawatir Motorola akan menuntut. Jadi Chuck Peddle membawa proyek itu ke pendiri lainnya, John Paivinen, dan kemudian diberikan izin pembuatannya.

Setelah Paivinen membawa mereka ke Valley Forge dan membangun chip murah, Motorola menggugat seperti yang diprediksi Sevin. MOS melawan gugatan itu selama bertahun-tahun sebelum membayar denda $ 200.000.

Pada saat itu, chip $ 25 miliknya memberi makan kebangkitan komputer pribadi. Di MOS, dia membangun komputer pribadi  yang disebut KIM-1 (huruf-huruf singkatan dari Keyboard Input Monitor). Dan ia kemudian mulai menjual chip kepada sepasang pengusaha muda. Dan pengusaha muda itu bukan tidak bukan adalah Steve Jobs dan Steve Wozniak, yang sedang membangun sebuah perusahaan disebut Apple.

Chuck Peddle adalah salah satu pahlawan tanpa tanda jasa yang bagus di zaman komputer pribadi. Hampir semua komputer pribadi awal di bangun menggunakan chip 6502. Dan bukan chip dari Intel atau siapa pun,” kata Doug Fairbairn, seorang direktur di Museum Sejarah Komputer di Mountain View, California.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Chuck Peddle Yang Telah Membantu Perkembangan PC Meninggal