Cek SEO Blog Menggunakan Aplikasi Dengan Mudah

Cek SEO Blog Menggunakan Aplikasi Dengan Mudah

Cara cek SEO blog – Setiap detiknya pada mesin pencari Google terjadi sekitar 70 ribu pencarian dan mayoritas website/blog memperoleh traffic atau kunjungan berdasarkan rekomendasi search engine tersebut. Inilah sebabnya sangat penting mencermati ranking atau posisi konten artikel Anda pada mesin pencari Google. Anda mungkin bisa saja mencarinya secara manual dengan mengecek melalui search engine, tetapi hasilnya belum tentu akurat. Simak ulasannya!

Keuntungan rajin mengecek ranking website pada Google

Apa Itu SEO?

Bagi pemilik website, muncul pada halaman pertama mesin pencari menjadi dambaan. SEO adalah salah satu poin penting agar website Anda dapat rangking satu, tentunya ada beberapa tahapan agar merajai searchengine.

SEO adalah rangkaian panjang untuk meningkaatkan kualitas serta volume trafik sebuah situs melalui search engine menuju situs web milik Anda, mesin pencari (misalnya Google) mempunyai algoritma yang wajib dipatuhi oleh semua pemilik situs, karena SEO adalah proses rumit bagi Anda yang baru masuk di ruang lingkup ini.

Logikanya, jika website kita menempati urutaan paling atas di google maka akan memperoleh pengunjung yang sangat banyak pula.

Tujuan para blogger mengunggah konten artikelnya tentunya untuk memperoleh banyak kunjungan.Salah satu teknik untuk merealisasikan tujuan tersebut adalah menyisipkan keyword tertarget sehingga konten dimaksud dapat dimuat pada laman utama mesin pencari Google. Konten yang mengandung SEO atau search engine optimization berpeluang untuk bertengger di posisi teratas.

Hal ini tentu tidak mudah karena Anda harus berkompetisi dengan jutaan website lain yang sejenis terutama pada kata kunci yang diminati. Tetapi tak perlu khawatir karena hal ini bukanlah mustahil.Mengecek ranking pada Google bertujuan untuk mengetahui kinerja SEO pada konten artikel di blog Anda.Bila ternyata hasilnya kurang memuaskan Anda dapat melakukan evaluasi dan memperbaikinya untuk meningkatkan performa blog tersebut.

cek seo blog

Aplikasi gratis untuk mengecek ranking website pada Google

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2021 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

Jangan melakukan pemeriksaan ranking website Anda secara manual karena sekarang sudah ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan. Anda boleh menggunakan aplikasi berbayar atau pun yang gratis. Simak daftarnya.

1. SERPROBOT

Situs ini menyediakan jasa analisis SERP menggunakan sebuah fitur yang dapat melakukan pengecekan ranking dengan hasil akurat. Aplikasi ini bekerja dengan memontior pergerakan kata kunci sesuai target serta pergerakan konten. Pengguna dapat memilih lokasi atau target negara dengan spesifik. Anda juga dimungkinkan untuk melihat ranking hingga lebih dari 10 kata kunci sesuai keinginan.

2. What’s My SERP

Aplikasi cek SEO blog kedua ini memperbolehkan pengguna untuk menginput lebih dari 10 keywords secara berbarengan untuk mengetahui rankingnya di Google. Caranya cukup mudah yaitu hanya memasukkan domain blog Anda dan kata-kata kunci yang menjadi target. System akan bekerja otomatis dalam melakukan pencarian serta menganalisa ranking website dengan keywords yang diinput tadi. Sama seperti aplikasi SERPROBOT pengguna juga dapat melakukan analisa sesuai target negara.

3. SERPChecker

Aplikasi yang satu ini walaupun tidak berbayar tetapi menyediakan fitur pengecekan ranking website dengan komplit. Tetapi sayangnya penggunaannya terbatas, yaitu maksimal hanya 5 kali sehari bagi para user terdaftar. Cara melakukan pengecekan adalah dengan menginput salah satu keyword, lokasi, serta perangkat yang menjadi target. Selain itu pengguna juga dapat membandingkan websitenya dengan para kompetitor. Setelah itu Anda tinggal melakukan analisa fitur SERP pada rekomendasi pencarian Google Search Engine.

4. Google Search Console

Aplikasi ini sering disebut juga Google Webmasters Tools karena merupakan bagian dari perangkat yang disediakan Google demi membantu para pengembang website dalam meningkatkan performa websitenya. Selain mendapatkan informasi performa website pada search engine, Anda juga dapat mengetahui impresi, peringkat, dan banyaknya warganet yang meng-klik konten tersebut.

Tools ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan XML dengan tujuan membantu Google mengenali blog Anda. Untuk mengakses Google Search Console dapat masuk dengan Gmail. Tetapi sebelumnya dibutuhkan file HTML yang diupload pada website untuk melakukan verifikasi.

Aplikasi berbayar untuk mengecek ranking website pada Google

Aplikasi yang dapat digunakan cuma-cuma memang akan sangat membantu bagi para blogger pemula. Tetapi konsekuensinya adalah penggunaannya yang terbatas. Jika kebutuhan untuk memonitor ranking website Anda pada search engine sudah semakin besar, jangan ragu untuk menggunakan perangkat berbayar. Berikut rekomendasinya.

Tools yang disediakan secara gratis di atas memang mempunyai beberapa batasan, sehingga terkadang tidak memberikan informasi yang lengkap. Namun dengan mengetahui fungsi-fungsi yang ada di dalamnya, tentu penggunaan dapat dimaksimalkan.

Selain aplikasi gratis, ada beberapa aplikasi berbayar yang bisa Anda coba untuk cek peringkat website di Google. Aplikasi berbayar ini biasanya digunakan oleh perusahaan maupun blogger yang mempunyai komunitas besar untuk mengelola dan menganalisa performa SEO website mereka. Dan berikut ini adalah beberapa aplikasi berbayar untuk cek peringkat website di Google.

  • Ahrefs

Aplikasi ini cukup popular di kalangan para pemasar online professional. Keunggulannya antara lain menyediakan interface yang gampang dimengerti sekali pun oleh pengguna yang baru pertama kali memakainya. Untuk melakukan analisa sangat mudah, yaitu tinggal menginput domain blog Anda pada kotak pencarian. System secara otomatis akan melakukan analisa dan memunculkan informasi yang berkaitan dengan kualitas serta kinerja website.

Data-data tersebut akan muncul dalam bentuk grafik dan diagram yang mudah dipahami. Ranking kata kunci dapat ditemukan di bagian laporan organic keywords. Di sini data-data yang dimuat meliputi keyword density, posisi peringkat kata kunci, dan jumlah pencarian.

  • SEMRush

Alat ini digunakan untuk melakukan riset tentang keywords yang populer serta SEO. SEMRush merupakan kumpulan dari berbagai fitur yang berfungsi untuk menganalisa SEO dan dapat Anda manfaatkan. Tools ini berguna untuk mengetahui kinerja SEO website serta menampilkan ranking kata kunci pada beragam website disertai informasi-informasi terkait lain yang bermanfaat.

SEMRush juga dibekali beberapa fitur untuk membandingkan website Anda dengan website pesaing atau website yang lain. Data-data yang dapat diketahui antara lain keyword yang paling diminati, trafik kunjungan, serta prediksi penghasilan website.

  • RankingCoach

Tools ini dapat membantu Anda memonitor dan melakukan evaluasi bagi blog Anda, sekaligus sebagai software pemasaran online. Yang menarik RankingCoach dapat menginformasikan tindakan apa yang perlu diambil berdasarkan evaluasi blog berupa tugas-tugas simple yang terpampang pada dashboard. Dengan konsistem melakukan optimasi pada blog dalam waktu tidak terlalu lama ranking website Anda perlahan-lahan akan mengalami kenaikan.

Tutorial RankingCoach dapat dipahami dengan mudah karena tersedia baik dalam Bahasa Inggris atau pun Indonesia. Ada bisa mempelajari video-video pembelajaran yang tersedia pada bank tutorial yang berisi lebih dari 1000 video ditambah perangkat analisa yang komplit. Tools ini bahkan dapat digunakan dengan gratis selama 30 hari dan setelah masa trial tersebut akan berbayar.

  • SEO Report Card

Tool yang satu ini dirilis oleh UpCity dengan fitur utama membandingkan suatu website dengan lainnya. Selain itu fungsi-fungsi lain yang disediakan oleh aplikasi ini adalah:

  1. Menunjukkan peringkat blog pada mesin-mesin pencari besar, termasuk Google.
  2. Menunjukkan berbagai blog yang memuat link yang mengarah pada website Anda.
  3. Menganalisa sebuah keyword utama dengan menunjukkan nilai kata kunci dimaksud pada keseluruhan konten pada website dalam bentuk %.
  4. Menunjukkan kemudahan akses serta waktu loading blog.
  5. Menganalisa kredibilitas suatu website.
  6. Menganalisa jumlah laman website yang telah terindeks secara optimal

Itulah ulasan tentang cara cek SEO blog Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cek SEO Blog Menggunakan Aplikasi Dengan Mudah