Cara Upload Script JavaScript Di Google Code

Cara Upload Script JavaScript Di Google Code

Bagi Anda yang awam istilah JavaScript mungkin tak terlalu dimengerti dengan detail. Secara singkat dapat dijelaskan bahwa ini merupakan bahasa pemrograman dan salah satu yang paling banyak digunakan pada dua dekade belakangan ini. JavaScript juga disebut-sebut sebagai bahasa pemrograman paling penting bagi para pengembang web. Jadi bagi Anda yang berniat merancang website untuk berbagai keperluan, ketahui pula cara upload script JavaScript di Google Code.

Cara Upload Script JavaScript Di Google Code

Apa itu JavaScript?

Bagi para webdeveloper, JavaScript berperan penting dalam pembuatan website bersama bahasa-bahasa pemrograman lainnya. Berikut ringkasannya!

  • Memperbolehkan Anda untuk menambah konten sesuai keinginan pada laman web dengan HTML.
  • Mengatur layout, menyelaraskan laman website, dan menangani style dengan CSS.
  • Membuat tampilan laman website semakin sempurna termasuk yang berkaitan dengan system laman web.

Penjelasan tentang JavaScript di atas dapat diringkas kembali, yaitu bahasa pemrograman berdasarkan prototype yang beroperasi pada sisi klien. Dari segi website, simplenya, JavaScript merupakan bahasa pemrograman spesifik bagi browser atau laman web sehingga web menjadi lebih atraktif dan menarik.

Manfaat JavaScript adalah penyedia akses script untuk obyek embedded atau yang dibenamkan. Hal ini misalnya penerapan JavaScript dalam membuka laman pop up, memodifikasi image kursor saat melintas pada bagian tertentu yang diinginkan, serta berfungsi validasi untuk form sebelum data disampaikan kepada server. Ini alasannya JavaScript sangat penting untuk merancang suatu web.

Bahasa pemrograman ini sebenarnya dapat dipelajari secara mudah dan cepat. Selain menjadi bagian penting dalam mengembangkan web dengan meningkatkan fungsionalitasnya, JavaScript juga berfungsi untuk mengaktifkan games pada gawai, termasuk perangkat lunak yang berbasis web. Saat ini Anda dapat memanfaatkan ribuan aplikasi serta template JavaScript secara gratis dengan beberapa situs, misalnya Github.

Panduan mengunggah JavaScript dengan Google Code.

Berikut ini adalah cara upload JavaScript menggunakan fitur Google Code.

  • Akseslah Google Code terlebih dahulu berikutnya login dengan akun Google Anda. Tentu saja Anda wajib mendaftar dulu jika belum memiliki akun Google.
  • Klik bagian Create a new project.
  • Isilah data sesuai permintaan, yaitu:
  1. Project name : (Isi dengan nama proyek sesuai keinginan Anda yang nantinya akan dimuat dan termasuk dalam URL).
  2. Project summary : ( Isilah dengan keterangan singkat atau ringkasan proyek Anda).
  3. Project Description : (Isilah dengan keterangan file sebagaimana yang Anda inginkan).
  4. Version control system: (pilih bagian Mercurial).
  5. Source code license : (pilih GNU General Public Lisence v3).
  6. Project Label : (Isi sesuai keintingan Anda.)
  • Klik pada bagian Create project.
  • Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, berarti Anda sudah mempunyai akun pada Google code.

Untuk mengupload file pada Google Code, ikutilah langkah-langkah berikut ini!

  1. Klik download dan lanjutkan dengan new download
  2. Kemudian isi pada kolom-kolom yang kosong, yaitu summary dan diinput nama file sebagaimana keinginan Anda. Berikutnya pilih file js pada browser Anda. Untuk bagian Label dapat dikosongkan.

Nah, Anda sudah mengetahui cara uploadscript java script di google code. Selamat mencoba!

Apa itu Google Code?

Google Code dapat dibilang merupakan platform untuk para programmer dalam menyalurkan aplikasi mereka. Platform ini bersifat open source sehingga dapat diakses siapa pun. Manfaat dari Google Code adalah sebagai lokasi untuk mencari source code untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam coding. Platform ini menyediakan berlusin-lusin source code yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Google Code juga merupakan media penyimpanan yang termasuk layanan hosting dan dapat berupa document office, MP3, video, Javascript, dan sebagainya. Blogger professional seharusnya mempunyai hosting file, yaitu file JavaScript template untuk blog miliknya sendiri. Hal ini untuk menghindari penggunaan JavaScript atau image yang sama dengan blogger lainnya.

Hal ini mungkin terjadi jika kedua blogger sama-sama memakai template hasil mengunduh dari tempat yang sama. Demikianlah fungsi Google Code dan sebaiknya Anda mempunyai akun pada platform ini menginat kapasitasnya yang besar dan dapat digunakan tanpa berbayar. Anda mungkin akan menemukan banyak opsi tempat file hosting, tetapi Google Code sangat layak dipertimbangkan karena mempunyai berbagai kelebihan, yaitu:

  1. Menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 4GB atau dapat dibilang cukup besar.
  2. Kapasitas upload mencapai 100 MB.
  3. Keamanannya lebih terjamin.
  4. Anda bisa membuat akun Google Code yang baru jika akun lama Anda telah melebihi kapasitas penyimpanannya yang sebesar 4GB.

Pentingnya mempelajari Javascript

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang terpopuler di dunia dan digunakan oleh banyak pengembang website di berbagai negara yang menyalurkan program mereka pada platform tersebut. Bagi Anda yang berniat menekuni dunia programming, inilah pentingnya mempelajari JavaScript.

Tak hanya sekedar untuk web

Bahasa pemrograman ini memang dirancang untuk mengembangkan website. Tetapi seiring berjalannya waktu semakin banyak system operasi yang bermunculan seperti iOS serta Android sehingga semakin banyak developer yang mulai mengembangkan framework serta platform yang memperbolehkan bahasa pemrograman ini diterapkan pada perangkat mobile.

Facebook yang merupakan perusahaan teknologi raksasa tak ketinggalan merilis platform JavaScript React Native yang berfungsi mengembangkan aplikasi mobile. Berikutnya ada pula Cordova dan PhoneGap untuk merancang aplikasi mobile.

JavaScript adalah bahasa pemrograman universal

Berbeda dengan Swift yang hanya dapat dioperasikan pada Mac OS, atau C# milik Windows, JavaScript dapat digunakan lebih luas pada beragam system operasi. Keunggulannya lagi untuk mengetik kode JavaScript sebagian besar aplikasi yang diperlukan dapat dipakai gratis. Ini misalnya Atom, Vim, Sublime, dan sebagainya.

Gampang dipelajari

Ini karena JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dirancang dari referensi misalnya Phyton, Java, C++, dan sebagainya. Inilah sebabnya system penulisan kodenya dirasa hampir sama. JavaScript juga dinilai sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang gampang dimengerti otak manusia, namun sulit dipahami mesin.

Ini karena JavaScript dirancang dengan bahasa-bahasa alami yang mudah dipahami. Inilah alasan mengapa direkomendasikan untuk dipelajari siapa pun yang berniat berkecimpung dalam bidang programming.

Komunitas aktif

JavaScript dirilis di tahun 1995, tetapi masih termasuk kategori bahasa pemrograman yang masih muda. Inilah sebabnya komunitas pengguna JavaScript serta forum-forum tentangnya tumbuh sangat aktif. Salah satunya adalah ECMA Internasional yang secara teratur memperbaiki dan memperbarui standar penulisan JavaScript agar semakin mengikuti perkembangan zaman.

Lowongan pekerjaan

Menguasai bahasa pemrograman ini ternyata memberi Anda peluang lebih besar di dunia kerja. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa bahasa pemrograman ini kian popular sehingga beragam tipe platform JavaScript juga bermunculan. Hal ini dilakukan tak hanya oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga komunitas. Dalam waktu singkat platform tersebut digunakan oleh berbagai perusahaan di banyak negara.

Nah, demikianlah alasannya mengapa JavaScript penting sebagai bekal bagi Anda calon programmer professional. Semoga informasi tentang cara upload script javascript di google code ini bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Upload Script JavaScript Di Google Code