Cara Upload File Ke Hosting Dengan Cpanel

Cara Upload File Ke Hosting Dengan Cpanel

Internet semakin menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai lansia. Di dunia maya terdapat ratusan juta website yang dapat diakses dengan mudah menggunakan berbagai gawai. Website-website tersebut misalnya e-commerce, blogging, profil perusahaan, organisasi, atau komunitas, portofolio, traveling, kuliner, dan sebagainya. Jika Anda berniat mengembangkan website Anda sendiri, ketahui dulu cara upload file ke hosting dengan cpanel lengkap.

Beberapa pengembang website memang membangun websitenya menggunakan server lokal alias localhost. Akhirnya setelah situs tersebut sudah jadi, mereka pun harus memindahkannya dari server lokal tersebut kepada hosting setelah membeli domain. Tentu tak ada manfaatnya membuat sebuah website jika tak dapat diakses di dunia maya, bukan? Secara umum cukup mudah untuk membuat website Anda online. Pada prinsipnya yang perlu Anda lakukan hanyalah membeli hosting serta domain serta mengunggah file website tersebut. Simak ulasannya!

Cara Upload File Ke Hosting Dengan Cpanel

Melakukan konfigurasi database MySQL

Sebelum mulai mengunggah file ke website, langkah awal yang dapat Anda kerjakan adalah melakukan konfigurasi database terlebih dahulu. Anda harus menyesuaikannya dengan tipe database yang digunakan, ini misalnya Anda membuat database PostgreSQL atau MySQL. Jika data-data telah dibuat dengan cPanel, untuk melakukan impor database pada localhost adalah melalui phpMyAdmin. Berikut ini adalah langkah-langkahnya!

1. Login cPanel Hosting

Hosting Anda umumnya akan menyediakan akses cPanel cuma-cuma. Caranya adalah cukup dengan mengakses https://namadomain/cpanel untuk masuk ke cPanel. Berikutnya adalah melakukan login sebagaimana alamat email yang dikirimkan dari hosting Anda yang berisi informasi terkait account hosting.

2. Memilih phpMyAdmin

Masuklah pada dashboard cPanel dan input phpMyAdmin pada form pencarian dan klik pada bagian tersebut.

3. Memilih File SQL

Setelah menyelesaikan langkah kedua, Anda akan menuju laman phpMyAdmin dan tinggal klik pada database yang tadi telah Anda buat, kemudian klik import. Klik choose file pada bagian file to import. Pilih SQL yang tadi sudah Anda ekspor dari localhost (server lokal) dan pilih Go. Tunggu beberapa saat sampai proses mengunggah sudah selesai. Jika sudah artinya Anda sudah mengunggah database dari server lokal ke hosting baru Anda.

Cara mengunggah file website ke hosting

Setelah melakukan konfigurasi database MySQL berikutnya adalah memulai proses upload file website pada hosting. Dengan demikian website Anda akan dapat diakses secara online oleh pengguna internet menggunakan berbagai gawainya. Simaklah panduan memindahkan website dari server lokal ke hosting online.

1. Memilih File Manager

Langkah pertama cara upload file ke hosting dengan cpanel lengkap adalah dengan kembali ke bagian cPanel dan mengetikkan file manager. Berikutnya, klik file manager.

2. Mengunggah File ke Website

Setelah menjalankan langkah pertama, berikutnya Anda akan melihat tampilan laman file manager. Klik bagian public html yang mempunyai beragam folder pada public html. Folder-folder ini adalah subdomain atau anak folder dari domain Anda atau domain utama. Jika Anda menghendaki file website tersebut termasuk dalam domain utama, lakukanlah upload pada bagian direktori public html. Untuk mengunggah file website dari server lokal menuju hosting, Anda tinggal memilih upload.

3. Memilih File Website

Berikutnya pilihlah folder atau file website yang Anda inginkan untuk diunggah. Klik bagian select file kemudian pilihlah file folder yang hendak diupload. Opsi lainnya untuk memulai proses ini adalah dengan cara drag and drop atau menyeret file yang Anda inginkan dan ditempatkan di lokasi yang diminta.

Caranya adalah dengan drag folder website dari server lokal ke laman tersebut. Pastikan bahwa folder yang ingin diunggah telah berbentuk .zip dahulu. Tunggu sesaat hingga proses mengunggah file tuntas.

4. Extract File .zip

Setelah memeriksa file manager, langkah berikutnya adalah mengekstrak file website dengan format .zip yang sebelumnya telah Anda unggah. Caranya adalah dengan meng-klik kanan di bagian file .zip dan kemudian pilihlah extract. Anda akan dapat melihat tampilannya pada laman berupa hasil ekstrak file.

5. Sinkronisasi Database

Apa yang dimaksud melakukan sinkronisasi database? Setelah seluruh file diunggah, proses berikutnya adalah melakukan sinkronisasi konfigurasi database pada hosting dengan pengaturan pada situs Anda. Untuk menerapkan edit pada pengaturan database, umumnya berada pada file koneksi.php, database.php, atau connect.php.

6. Mengubah Konfigurasi Database

Berikutnya Anda diminta untuk menyesuaikannya dengan database baru yang pada step pertama tadi sudah Anda buat. Anda dapat mengaksesnya kembali pada MySQL Databases jika lupa. Samakan dengan nama username, database, serta kata sandi, yang telah dibuat pada proses paling pertama tadi.

Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, maka website Anda telah siap untuk diakses secara luas dengan domain. Jika website Anda ternyata belum dapat secara otomatis diarahkan, jangan lupa hapus file default.html dahulu.

Manfaat mempunyai website

Apa manfaatnya membangun website sendiri? Ini misalnya bagi Anda yang berkecimpung dalam bidang bisnis dan selama ini hanya mengandalkan toko offline. Berikut ini adalah beberapa poin yang mungkin dapat Anda pertimbangkan.

Platform untuk menawarkan dan menjual produk serta jasa

Jika Anda berniat untuk mengembangkan bisnis baik produk atau jasa, internet adalah sarana terbaik yang dapat menjadi solusi di zaman modern ini. Di sini fungsi website adalah untuk mempromosikan produk atau jasa Anda di dunia maya demi menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Memudahkan komunikasi

Untuk online shop atau e-commerce sebaiknya website Anda juga dilengkapi sarana komunikasi praktis sehingga calon pelanggan dapat berinteraksi langsung dengan customer service. Ini misalnya dengan fitur livechat, menambahkan kotak komentar pada website, serta form kontak email perusahaan Anda.

Sebagai company profile

Website juga merupakan sarana terbaik untuk mempublikasikan profil bisnis atau perusahaan Anda agar semakin luas dikenal.

Menarik minat klien atau konsumen

Website sekaligus dapat menjadi sarana periklanan untuk menarik minat semakin banyak konsumen di dalam dan luar negeri. Ini karena mereka dimungkinkan untuk mengenal produk Anda walaupun dari jarak yang jauh selama mempunyai sambungan internet.

Platform publikasi resmi bisnis

Keberadaan website dapat Anda jadikan sebagai platform publikasi resmi. Contohnya bisnis Anda menyelanggarakan kuis berhadiah, jadi seluruh informasi yang berkaitan dengan hal tersebut dapat dimuat pada laman website perusahaan. Dan ada sangat banyak manfaat membuat website untuk bisnis.

Branding bisnis

Branding artinya mempopulerkan misalnya barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada masyarakat. Upaya ini akan memunculkan brand awareness di benak masyarakat, atau terus mengingat merk produk/jasa perusahaan Anda tanpa disadari. Dampaknya merk tersebut akan semakin melekat di hati dan memunculkan kesetiaan sehingga tidak ingin beralih kepada brand lainnya. Website bisnis adalah salah satu platform yang paling dapat diandalkan untuk hal ini.

Mempublikasikan informasi dengan cepat

Website akan memudahkan konsumen atau calon konsumen untuk mendapatkan informasi detil yang berkaitan dengann perusahaan Anda. Karena itu penting untuk memastikan website perusahaan mudah dinavigasi, orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang diperlukan, dan laman website mudah diakses tanpa loading yang lama. Poin tersebut sangat penting karena banjirnya informasi memberi pengguna internet semakin banyak pilihan untuk mendapatkan wawasan yang ingin diketahui.

Nah, semoga informasi tentang cara upload file ke hosting dengan cpanel lengkap ini bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Upload File Ke Hosting Dengan Cpanel