Cara untuk Meningkatkan Keamanan Email

Cara untuk Meningkatkan Keamanan Email

Kotak masuk kamu mungkin merupakan ruang online paling pribadi di luar sosial media dan juga celah dalam keamanan email. Diperlukan alamat email untuk sebagian besar aktivitas online. Mulai dari mengatur akun hingga melakukan pembelian online, mengaktifkan pendaftaran, komunikasi bisnis, dan banyak lagi lainnya.

Informasi tersebut dapat digunakan untuk kegiatan berbahaya seperti spionase perusahaan atau pencurian identitas. Akun surel kamu membutuhkan dinding pertahanan keamanan cyber. Akan tetapi apakah kamu telah menaruh perhatian untuk membangunnya? Jika belum, berikut adalah cara untuk meningkatkan keamanan email kamu secara gratis.

Keamanan Email

Meningkatkan Keamanan Email

  • Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi? Semua orang memahami perlunya menggunakan kata sandi yang kuat untuk akun online. Tetapi tidak banyak dari kita yang benar-benar berhasil menerapkannya. Contoh kasus, kata sandi yang paling banyak digunakan adalah ‘123456.’ Kata sandi seperti itu membuat keamanan email terlalu mudah diretas, membuat percakapan pribadi kamu dan data sensitif lainnya terbuka. Cari cara untuk menghasilkan kata sandi yang kuat, acak, dan unik secara online.

  • Gunakan Enkripsi TLS

Selalu gunakan Transport Layer Security, atau TLS, untuk mengenkripsi koneksi kamu dan memverifikasi integritas server untuk mengakses email. kamu juga dapat menggunakan TLS untuk mengenkripsi koneksi antara perangkat dan server. Pastikan bahwa email kamu melalui saluran terenkripsi saat menggunakannya.

  • Enkripsikan Dengan PGP

PGP, kependekan dari Pretty Good Privacy. Ini adalah software gratis yang dirancang untuk membantu pengguna mengenkripsi email mereka untuk mengurangi risiko intersepsi dan diintai oleh peretas. Terkadang juga disebut sebagai GNU Privacy Guard (GPG). PGP mengenkripsi konten sedemikian rupa sehingga hanya orang yang dikirimi email yang dapat membacanya. PGP adalah salah satu cara paling efektif. Ini melibatkan penggunaan software pihak ketiga yang gratis tetapi masih sangat aman.

  • Hati-hati Saat Memuat Gambar:

Penyedia buletin menggunakan strategi yang berbeda untuk melacak jangkauan dan efektivitas upaya mereka. Misalnya, perusahaan-perusahaan ini akan memasukkan gambar dalam email yang dikirim ke target mereka. Saat kamu membuka inbox, gambar dari server jauh dimuat secara otomatis.

Terkadang, gambar-gambar ini memiliki kode pelacakan yang dapat digunakan untuk mengarahkan kamu ke situs-situs berbahaya. kamu dapat menonaktifkan kode pelacakan dengan mengkonfigurasi penyedia email kamu agar tidak memuat gambar eksternal secara default.

Nah itu tadi beberapa cara untuk menjaga keamanan email kamu secara gratis dan mudah. Pastikan ikuti petunjuk diatas untuk mengurangi resiko yang berbahaya.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara untuk Meningkatkan Keamanan Email