Cara Transfer Domain Dan Membuat Web Bagi Pemula

Cara Transfer Domain Dan Membuat Web Bagi Pemula


Cara transfer domain – Mengapa prosedur untuk transfer domain seringkali dianggap rumit? Ternyata ini berkaitan dengan masalah keamanan. Domain dapat diibaratkan sebagai property yang Anda miliki sehingga harus dijaga sebaik mungkin agar tidak sampai jatuh ke tangan orang lain.

Inilah sebabnya dirancang rangkaian metode agar proses transfer domain berjalan lancar adan aman. Artinya hanyalah pemilik asli domain saja yang melakukan aktivitas transfer domain ini dan bukannya orang lain. Simak ulasan berikut untuk mendapatkan informasi prosedur transfer domain yang perlu Anda ketahui.

Cara Transfer Domain Dan Membuat Web Bagi Pemula

Mengapa harus pindah domain?

Ada beberapa alasan mengapa orang menginginkan memindahkan domainnya ke hosting yang lain, tetapi yang paling sering adalah terjadi jual beli domain sehingga kepemilikan suatu domain berpindah kepada orang lain. Yang dimaksud transfer domain adalah jika Anda memindahkan registrasi nama domain dari registar saat ini kepada registar domain lain. Ada beberapa syarat hal ini dapat dilakukan, yaitu:

  1. Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa tidak seluruh domain dapat begitu saja dipindahkan. Domain-domain yang dapat ditransfer dengan metode standar antara lain adalah yang mempunyai extention atau TLD: .ru, .cn, .name, .us, .info, .biz, .org, .net, dan .com. Sementara untuk TLD Domain Indonesia adalah .id, .we, .co.id, dan lain-lain memerlukan beberapa persyaratan tertentu, yaitu Akta PT, SIUP/Merk Dagang, dan fotokopi KTP. Artinya sebelum transfer domain pastikan registrar baru Anda memperbolehkan meregistrasikan domain nama tersebut. Ini karena beberapa pihak registrar mereject nama-nama tertentu.
  2. Domain harus dalam keadaan aktif, tidak dalam proses penghapusan, redeemed atau dalam proses transaksi jual beli dengan pihak ketiga, dan tak boleh dalam kondisi locked atau terkunci.
  3. Email yang didaftarkan sebagai pemilik atau pengelola domain yang akan ditransferkan harus dalam kondisi aktif dan dapat diakses.
  4. Anda harus mengetahui EPP Code atau auth code domain milik Anda tersebut yang biasanya terdiri dari 6 sampai 16 karakter.
  5. Bila domain milik Anda tersebut baru saja didaftarkan atau baru melakukan proses transfer, sebelum mengajukan permohonan untuk transfer kembali Anda harus menunggu paling tidak 2 bulan.
  6. Masa aktif domain paling sedikit adalah 60 hari.
  7. Nama domain yang akan ditransfer belum expired.
  8. Domain yang akan ditransfer tidak tersangkut masalah hukum atau pailit.

Cara melakukan transfer domain

Ikutilah beberapa langkah berikut untuk melakukan transfer domain!

  1. Dapatkan EPP Code serta membuka domain yang ingin Anda transfer pada registrar lama Anda.
  2. Lakukan perintah transfer domain dan setelah pihak registrar baru menerimanya Anda akan memperoleh email konfirmasi order ke alamat yang telah Anda sebutkan. Pada tahap pertama ini Anda sudah harus menyertakan EPP Code.
  3. Setelah proses transfer dimulai system akan mengirimkan pernyataan persetujuan via email administrarif domain terkait. Jika email approval dimaksud tidak Anda terima, proses transfer tidak dapat dilakukan.
  4. Jika Anda menerima email persetujuan tersebut, Anda harus segera mengakses dan mengikut prosedur yang tercantum untuk menyetujui proses tersebut. Hal ini harus dilakukan dalam waktu 5 hari atau jika tidak proses tersebut secara otomatis dinyatakan batal.
  5. Saat domain Anda pada kondisi terkunci atau suspended/locked proses transfer otomatis juga dibatalkan, tetapi jika tidak proses transfer domain akan berlanjut.
  6. Transfer akan dilanjutkan jika domain Anda aktif dan pada langkah tersebut pihak registrar bisa saja menerima atau menolak proses registrasi domain. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena hal ini sangat jarang terjadi atau Anda dapat menganggap proses telah berlanjut dengan domain Anda berhasil diregistrasikan.
  7. Registrar lama berikutnya akan mengirimkan email approval untuk membatalkan proses transfer sehingga domain Anda tetap terdaftar pada registrar dimaksud. Jika berniat untuk transfer domain Anda seharusnya mengabaikan email tersebut. Sesuai aturan ICANN, dalam waktu 5 hingga 7 hari proses transfer domain seharusnya sudah selesai. Ini dengan catatan selama kurun waktu tersebut registrar lama tak mengunci kembali atau lock domain Anda sehingga proses transfer dianggap gagal.
  8. Jika semua langkah tersebut dilakukan sesuai petunjuk proses transfer domain sudah berhasil.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait transfer domain
  • Proses transfer domain berlangsung dalam 5 sampai 7 hari kerja.
  • Domain akan masuk pada periode masa tenggang atau grace period jika domain dimaksud baru saja diperpanjang. Grace period ini berlangsung dalam waktu 45 hari. Jika pada periode tersebut Anda melakukan transfer domain, perpanjangan yang Anda lakukan akan tidak berlaku atau hangus.
  • Jika proses transfer domain dilakukan bukan di masa tenggang, secara otomatis Anda akan memperoleh tambahan masa perpanjangan domain selain memulai proses pemindahan domain dari registrar lama menuju registrar baru. Contoh kasusnya adalah, saat domain Anda misalnya masih aktif selama 3 bulan ke depan. Saat Anda melakukan transfer domain kepada registrar yang baru dan sukses maka domain Anda pada registrar baru akan mempunyai masa aktif selama 15 bulan. Perhitungannya adalah 1 tahun untuk perpanjangan masa aktif yang baru ditambah 3 bulan sisa masa aktif dari registrar lama. Inilah sebabnya saat melakukan transfer domain registrar baru akan membebankan tagihan sebesar masa perpanjangan yang baru, yaitu 1 tahun.

Membuat website

Jika Anda mempunyai sebuah bisnis dan telah menjadikannya go online dengan promosi lewat media social, sekarang waktunya Anda membangun website. Perusahaan atau toko yang melengkapi bisnisnya dengan website, menurut Forbes Magazine, akan terlihat lebih professional dan terpercaya. Hal ini akan meningkatkan daya tarik kepada pelanggan untuk mengakses web dimaksud. Ini karena yang bersangkutan bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan melalui internet tanpa perlu bersusah payah mengunjungi toko offlinenya.

Selain itu website juga berguna sebagai sarana personal branding. Anda bisa mengupload berbagai portofolio jika Anda ingin mendapatkan proyek-proyek yang lebih besar melalui internet.Saat ini hampir setengah perusahaan melakukan penelusuran online untuk mengetahui profil pelamar pekerjaan. Inilah kesempatan Anda untuk mempromosikan kapasitas dan kompetensi Anda tanpa perlu repot-repot mendatangi satu demi satu perusahaan.

Inilah langkah-langkah untuk membuat website untuk pemula
  1. Tentukan website yang ingin dibuat akan digunakan untuk kebutuhan apa, misalnya system administrasi, galeri, forum, online shop, atau company profile.
  2. Pilihlah hosting yang Anda inginkan serta nama domain yang ideal dan paling mewakili bisnis Anda.
  3. Pilihlah platform website, misalnya WordPress, Drupal, atau Joomla. Sampai saat ini WordPress adalah platform yang paling popular di dunia dan digunakan oleh website perusahaan-perusahaan terkemuka.
  4. Agar lebih praktis Anda dapat melakukan instalasi platform dengan Instant Deploy.
  5. Untuk merancang tampilan website gunakan UI dan UX.
  6. Website dapat segera aktif jika seluruh langkah di atas dilakukan dengan benar.

Itulah sekilas ulasan tentang cara transfer domain dan membuat website untuk kepentingan online shop, system administrasi, company profil, dan lain sebagainya bagi pemula.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Transfer Domain Dan Membuat Web Bagi Pemula