Cara Swipe Up Instagram Story Dengan Sangat Mudah

Cara Swipe Up Instagram Story Dengan Sangat Mudah

Bagi yang mengikuti beberapa akun centang biru seperti artis, selebgram, Influencer, atau online shop tentunya sering mendengar mereka mengatakan Swipe Up. Untuk bisa menggunakan fitur ini ternyata ada persyaratan khusus. Nah, apa saja persyaratan dan bagaimana cara Swipe Up Instagram, berikut informasinya.

Cara Swipe Up Instagram

Tentang Swipe Up di Instagram

Instagram adalah salah satu dari sekian media sosial yang populer digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia. Selain dapat berbagi foto dan video, Instagram juga memberikan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah Swipe Up.

  • Apa itu Swipe Up Instagram

Swipe Up adalah salah satu fitur di Instagram Story yang memudahkan para pengguna atau followers (pengikut) Anda untuk meng-klik tautan yang dibagikan.

  • Apa Manfaat Swipe Up Instagram

Fitur Swipe Up pada Instagram dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk metode pemasaran. Mengapa demikian? Ada 500 juta lebih pengguna Instagram yang setiap hari aktif menggunggah atau melihat Story.

Dari data tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan berbagai hal, baik produk, konten, laman website, atau apapun dengan mudah dan efektif.

Sebelum adanya fitur ini, biasanya sebuah tautan dibagikan pada bio Instagram. Selain itu, feed Instagram juga tidak menyediakan fitur Swipe Up atau bisa menaruh tautan supaya dapat dengan mudah dikunjungi oleh para followers.

Sedangkan Swipe Up membuat followers lebih mudah untuk langsung menuju ke halaman yang dibagikan. Jadi, para pengguna Instagram yang melihat Story Anda bisa langsung mengunjungi tautan tersebut.

Seandainya sebuah produk atau link YouTube dipromosikan pada bio Instagram, belum tentu para followers atau pengguna Instagram lainnya bisa langsung membuka profil Anda terlebih dahulu dan klik tautan tersebut.

Sementara dengan fitur Swipe Up di Story, siapapun itu bisa langsung mengusap layar dan diarahkan ke laman yang ditautkan. Bahkan, para selebgram, influencer, atau artis menggunakan fitur ini sebagai bagian dari tanggung jawab pekerjaan mereka pada klien.

Syarat Bisa Swipe Up di Instagram

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua pemilik akun di Instagram bisa menggunakan fitur Swipe Up. Berikut ini apa saja persyaratannya, antara lain:

  • Memiliki pengikut lebih dari 10.000. Syarat pertama adalah pengikut Instagram jumlahnya lebih dari 10.000.
  • Akun Anda merupakan Business Profile (Instagram Bisnis). Setelah Anda sudah memiliki pengikut lebih dari 10.000, segera daftarkan akun Instagram Anda menjadi Profil Bisnis.

Untuk mengubah akun Instagram biasa menjadi Business Profile sangatlah mudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk Anda yang belum tahu caranya.

  1. Buka Instagram, kemudian buka menu Profil
  2. Pilih menu ‘Pengaturan’, klik ‘Akun’, dan selanjutnya klik ‘Ubah ke Akun Bisnis’
  3. Lalu hubungkan akun Instagram dengan Halaman Facebook Anda
  4. Langkah terakhir, tambahkan keterangan lain, yaitu kategori dan kontak.

Jika 2 persyaratan tersebut belum terpenuhi, cara supaya bisa Swipe Up Instagram lainnya adalah akun Instagram Anda sudah verified a.k.a centang biru. Jika sudah centang biru, maka fitur Swipe Up secara otomatis akan munculsaat membuat Instagram Story.

4 Cara Swipe Up Instagram

Jika Anda merasa sudah memenuhi persyaratan di atas, berikut langkah-langkah cara Swipe Up Instagram:

1. Buka Instagram

Cara Swipe Up Instagram pertama adalah dengan membuka Instagram terlebih dahulu, pilih menu Story seperti biasa, atau sentuh tombol (+) di bagian tengah bawah. Kemudian, Anda gunakan foto/ video yang ingin dibagikan pada Story dengan tautan.

2. Klik Ikon Rantai

Ikon rantai ini akan secara otomatis muncul jika akun Anda sudah memenuhi syarat bisa Swipe Up.

3. Pilih Web Link atau IGTV Video

Setelah meng-klik ikon berbentuk rantai yang terletak di bagian atas layar, selanjutnya Anda pilih ingin membagikan tautan dari ‘Web Link atau IGTV Video’.

Misalkan Anda ingin membagi tautan laman Website atau channel YouTube, maka Anda pilih menu ‘Web Link’.
Isilah URL dari tautan yang ingin Anda bagikan pada kotak yang tersedia. Selanjutnya, klik ikon centang di bagian pojok kanan atas layar.

4. Klik ‘Send’

Langkah terakhir, Anda pilih menu ‘Send to/ Kirim ke’, klik ‘Your Story/ Cerita Anda’, dan share (bagikan).
Setelah mengikuti keempat langkah cara Swipe Up Instagram di atas, foto/ video yang sudah disematkan sebuah tautan tersebut akan dibagikan pada Story Anda.

Inilah 4 Cara Tanpa Harus 10K Followers

Meskipun pengikut Anda tidak mencapai angka 10.000, fitur Swipe Up tersebut tetap bisa digunakan. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut!

  • Buat Video Minimal Durasi 1 Menit

Langkah pertama, buat video dengan durasi minimal 1 menit di hp.

  • Buka Instagram

Setelah selesai membuat video, langkah berikutnya adalah membuka aplikasi Instagram. Klik tombol (+) yang ada dibagian tengah bawah layar.

  • Bagikan sebagai Video panjang

Langkah selanjutnya, pilih video yang sudah Anda buat sebelumnya dan klik tanda panah di bagian kanan atas layar.
Di sana, muncul pilihan untuk dibagian sebagai ‘video pendek’atau ‘video panjang’. Anda pilih yang bagikan video sebagai ‘video panjang’ (IGTV), dan klik selanjutnya.

Kemudian, di bagian judul bisa Anda tulis keterangan ‘klik di sini’. Sedangkan di bagian keterangan (opsional), Anda ambil link di YouTube (jika Anda YouTuber), atau link website (Jika Anda memiliki situs yang ingin dipromosikan), atau link online shop di Marketplace.

Misalkan Anda ingin membagikan link YouTube, maka Anda bisa masuk YouTube dan copy link yang ingin di masukkan. Caranya pilih menu ‘Share/ Bagikan’ dan pilih ‘Copy link’/ ‘Salin link’. Selanjutnya, buka kembali aplikasi Instagram yang bagian posting tadi.

Pada bagian Keterangan (Opsional), Anda tekan layar hingga muncul tempel/ paste. Link yang sudah Anda salin tadi akan muncul di sana.

Jika sudah, Anda klik ‘Posting IGTV’ dan tunggu sampai video tersebut berhasil diunggah pada feed Instagram Anda.

  • Buka Menu Story

Setelah video berhasil diunggah, buka menu ‘Story’ atau ‘Cerita Anda’dan gunakan foto apa saja untuk dimasukkan ke Story. Kemudian pilih GIF ‘Swipe Up’ sesuai keinginan.

Setelah memasukkan tulisan ‘Swipe Up’ pada Story, Anda klik tanda seperti rantai yang terletak di bagian layar paling atas. Kemudian, tambahkan ‘Video IGTV’, dan klik centang di bagian atas kanan.

Jika muncul pesan di layar hp ‘Ajakan Bertindak Ditambahkan, tandanya Anda sudah berhasil. Selanjutnya, tinggal Anda bagikan Story atau ‘Cerita Anda’.

Bagi para content creator YouTube, pemilik Website atau Influencer, fitur Swipe Up Instagram tentunya memiliki banyak kelebihan terutama dalam hal promosi. Namun, Anda juga perlu waspada untuk tidak terlalu sering menggunakan fitur ini. Pasalnya, followers Anda bisa saja bosan sehingga jumlah pengunjung yang diharapkan untuk berkunjung ke tautan yang dibagikan tidaklah maksimal.

Dari kedua cara yang sudah diulas dalam artikel ini tidak ada yang sulit, bukan? Selamat mencoba dan semoga Anda berhasil.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Swipe Up Instagram Story Dengan Sangat Mudah flagcounter