Cara Setting Web Proxy Mikrotik Mudah 2022

Cara Setting Web Proxy Mikrotik Mudah 2022

Cara setting web proxy mikrotik sangatlah mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Penggunaan internet kini telah menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Terdiri dari berbagai komponen, web proxy merupakan komponen yang penting dalam sebuah jaringan internet.

Baca Juga : Cara Setting Hp Xiaomi Gojek Biar Gacor

Web proxy adalah suatu situs web berbasis teknologi proxy server yang memiliki peran  sebagai perantara antara server dan klien. Maka dari itu, web proxy bertugas untuk menerima maupun melakukan request dalam jaringan intranet maupun internet.

Komponen lain yaitu proxy server yang berperan sebagai jembatan atau gateway dari masing-masing komputer klien yang selanjutnya nanti membutuhkan respons dari server tersebut. Dalam komponen tersebut mikrotik memiliki beberapa fitur web proxy yang dapat dimanfaatkan menjadi proxy server.

Hal tersebut dapat mempermudah untuk pembuatan jalur perantara antara browser dengan server web internet pada perangkat Anda. Adanya web proxy sangatlah penting karena berperan untuk jalur perantara agar dapat memudahkan klien dalam mendapatkan informasi yang telah disediakan oleh server.

Berikut cara setting web proxy mikrotik yaitu :

1. Sesuaikan dengan slot

Komponen perangkat routerboard memiliki penyimpanan internal yang cukup terbatas. Sehingga beberapa tipe routerboard memiliki slot tambahan penyimpanan, misalnya port USB, Compact Flash, MicroSD, MicroUSB yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan web proxy dengan penambahan media penyimpanan

Langkah pertama yaitu memasang media penyimpanan tambahan disesuaikan dengan slot yang tersedia dan dilanjutkan dengan pengaturan melalui bagian menu “System-Store”. Apabila sudah terpasang, maka pada menu tersebut akan terlihat adanya informasi penambahan media penyimpanan.

Sebagai contoh melakukan pemasangan flashdrive, maka cara setting web proxy mikrotik yaitu dengan memilih usb1 lalu klik pada bagian Format Drive. Apabila statusnya telah ready maka Anda dapat berpindah ke tab Stores agar dapat mengatur default penyimpanan hasil dari cache web proxy ke dalam storage tambahan flashdrive.

2. Tambahkan Flashdrive

Selanjutnya yaitu menambahkannya dengan cara memilih bagian tombol yang bersimbol + (Add), dilanjutkan dengan pengisian kotak yang terdapat pada dialog. Isi dengan nama bebas pada kotak name, misalnya “proxy”. Pilihlah tipe “web-proxy” pada drop down Type, dikarenakan pemakaian tersebut bertujuan untuk web proxy.

Setelah itu dalam menu kotak isian Disk, Anda perlu memasukkan storage atau media penyimpanan yang nantinya akan digunakan, misalnya masukkan “usb1”. Dilanjutkan dengan klik bagian kotak centang yang terdapat di sebelah tulisan Activate dan untuk mengaktifkannya hanya perlu klik pilihan “OK”.

3. Masuk ke Menu IP

Langkah selanjutkan apabila Anda ingin mengaktifkan layanan web proxy dapat dengan cara melalui masuk ke menu IP dilanjutkan dengan memilih menu Web Proxy. Setelah itu klik pada bagian kotak centang yang terdapat di sebelah tulisan Enabled untuk memilih tanda centang. Terdapat kotak isian Port, masukkan port proxy yaitu “8080”.

Selanjutnya memasukkan alamat email pada bagian Cache Administrator, misalnya “support@superonline.web.id”. Pada bagian kotak dengan isian Max Cache Size, masukkan kata “unlimited”. Kemudian pilih centang pada bagian pilihan Cache On Disk. Anda tinggal memasukkan angka 4 ke dalam kotak isian Cache Hit DSCP (TOS).

Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan maka mikrotik Anda sudah aktif sebagai web proxy. Namun terdapat hal yang perlu Anda perhatikan yaitu klien harus tetap secara manual mengatur browser untuk penggunaan proxy server tersebut.

Baca Juga : Cara Setting DDNS Indihome Dengan Mudah

Demikian artikel mengenai cara setting web proxy mikrotik sangat diharapkan dapat membantu Anda dalam penggunaan layanan web proxy sebagai bentuk keikutsertaan dalam penggunaan teknologi berupa jaringan internet.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Setting Web Proxy Mikrotik Mudah 2022 flagcounter