Tutorial Cara Setting Router TP Link Mudah 2022

Tutorial Cara Setting Router TP Link Mudah 2022

Jika anda baru saja membeli sebuah router TP Link dan ingin menyettingnya, saat ini anda berada dalam artikel yang tepat. Dalam artikel kali ini kami akan mengupas tuntas Cara Setting Router TP Link yang mudah untuk anda aplikasikan

Baca Juga : 7 Cara Mempercepat Jaringan WIFI

Router merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih ke dalam sebuah jaringan internet. TP Link merupakan salah satu merk router Wifi yang memiliki kualitas paling baik diantara merk router yang lain.

Tutorial Cara Setting Router TP Link Mudah 2022

Selain memiliki harga yang terjangkau, router TP Link memiliki berbagai fungsi lain, diantaranya dapat digunakan sebagai router, access point, repeater dan wisp. Cara Setting Router TP Link ini tidak akan sulit jika anda memahami dengan baik langkah-langkahnya.

1. Nyalakan router TP Link

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menyetting router TP Link adalah menyalakannya. Hubungkan kabel daya yang terdapat pada router ke dalam stop kontak. Kemudian masukkan sisa jacknya ke dalam input daya di bagian belakang router.

2. Sambungkan router ke dalam modem menggunakan kabel

Selanjutnya hubungkan kabel port internet atau WAN yang biasanya berwarna abu-abu atau biru. Kemudian masukkan kabel lainnya ke dalam port Ethernet atau LAN yang biasanya berwarna kuning.

Setelah memasang semua kabel yang diperlukan, pastikan sekali lagi bahwa kabel yang anda hubungkan tidak ada yang tertukar dengan perangkat modem yang sudah dikenali oleh router.

3. Hubungkan perangkat komputer anda dengan router

Hubungkan kedua perangkat tersebut dengan menghubungkan kabel port LAN tersebut ke masing-masing perangkat anda. selama proses installasi router berlangsung kami sarankan untuk tidak menggunakan koneksi wifi agar proses instalasi dapat berjalan lancar.

4. Buka website TP Link

Langkah selanjutnya yaitu membuka website TP Link menggunakan komputer atau laptop anda. Buka browser yang ada di laptop anda, ketikkan alamat website TP Link di https://linkwifi.net. Jika alamat tersebut tidak dapat digunakan, gunakan alamat IP di https://192.168.1.1.

5. Masuk ke akun TP Link

Setelah anda berhasil menemukan website TP Link, langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam website tersebut. Masukkan username dan kata sandi dengan kata “admin” pada website tersebut.

Atau jika anda masih tidak yakin, anda dapat memastikan password dan kata sandi untuk masuk ke dalam website TP Link di buku panduan router atau dibagian bawah router TP Link.

6. Masukkan data dan konfigurasi router

Langkah selanjutnya adalah memasukkan seluruh data dan konfigurasi router sesuai dengan provider internet yang anda gunakan. Sebelum itu pastikan jika lampu indikator telah menyala dengan sempurna.

7. Ubah nama jaringan anda

Selanjutnya jika anda ingin mengubah nama WiFi anda, anda dapat menekan Wireless 2.4Ghz kemudian Wireless Settings. Kemudian anda dapat mengubah nama Wifi anda.

8. Mengubah kata sandi

Jika anda ingin mengubah kata sandi Wifi anda, anda perlu untuk mengubah version yang terdapat sebelum field kata sandi dengan memilih WPA2-PSK. Selanjutnya anda dapat mengubah kata sandi anda dengan memasukkan sandi baru dalam kolom wireless password.

9. Hubungkan perangkat anda dengan router.

Selanjutnya langkah terakhir untuk Cara Setting Router TP Link adalah menghubungkan perangkat anda dengan router. Setelah router anda menyala, anda dapat menyambungkan perangkat anda dengan jaringan router dengan cara menyambungkannya ke wifi utama.

Kemudian perangkat anda dapat terhubung secara otomatis dengan jaringan wifi router anda saat perangkat anda baru menyala atau wifi anda baru saja dinyalakan.

Baca Juga : Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Access Point

Demikian beberapa Cara Setting Router TP Link yang dapat anda aplikasikan dengan mudah. Semoga beberapa cara diatas dapat membantu anda menyetting router di rumah anda secara mandiri.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Tutorial Cara Setting Router TP Link Mudah 2022