Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Access Point

Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Access Point

Modem ZTE F609 merupakan modem yang banyak digunakan untuk mendukung akses internet di Indonesia. Untuk anda yang ingin menyetting modem ZTE F609 anda berada pada artikel yang tepat. Kami akan membahas Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Access Point.

Baca Juga : 7 Cara Mempercepat Jaringan WIFI

Modem ZTE F609 merupakan modem yang banyak digunakan di Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, ketika modem ini tidak digunakan lagi, kita dapat menyettingnya menjadi acces point.

Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Access Point tidak akan sulit jika anda memahami cara-caranya dengan baik. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Acces Point yang mudah untuk anda pahami.

1. Mengubah Ke Mode Bridge

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk mengubah modem ZTE F609 menjadi access point adalah menjadikannya bermodel bridge. Karena modem ini modem router yang memiliki fitur dial ke dalam jaringan WAN, LAN, dan WLAN. Berikut langkah-langkah untuk mengubahnya:

Nyalakan komputer anda dan modem yang menggunakan kabel LAN. Kemudian setting IP pada Ethernet (kartu LAN atau LAN card) dengan satu segmen alamat IP default router. Misalnya anda dapat mengubah atau menyetting alamat IP komputer anda menjadi 192.168.110.

Kemudian anda dapat masuk ke dalam modem dengan menggunakan alamat IP 192.168.110. Selanjutnya masukkan username dan password dengan kata “admin”untuk masuk ke dalam modem. Atau untuk lebih yakin anda dapat memeriksanya dalam buku panduan modem ZTE F609.

Kemudian anda dapat memilih menu “Network” lalu memilih “WAN” dan “WAN Connection”. Selanjutnya anda dapat membuat nama “Connection Name”. kemudian anda dapat memasukkan connection name pada new connection name dengan nama Bridge-WifiLAN.

Dengan tipe “Bridge Connection”, kemudian tekan ikon create. Selanjutnya anda dapat melakukan port binding . agar koneksi yang telah dibuat menggunakan jaringan antarmuka dengan jembatan jaringan dapat digunakan.

Kemudian pada menu port binding anda dapat memilih WAN Connection: dengan nama koneksi yang sebelumnya telah dibuat (Bridge-Wifi LAN), dan tekan ikon “Submit”.

2. Mengatur Access Point

Selanjutnya untuk mengatur titik akses, anda dapat melakukan beberapa langkah-langkah berikut:

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka menu pada modem ZTE, kemudian anda dapat memilih opsi “Basic” kemudian pada  menu Wireless RF Mode anda dapat memilih “Enabled”, kemudian anda dapat menekan tombol submit.

3. Mengatur Katasandi Wifi

Setelah anda selesai menyetting acces point, langkah selanjutnya adalah anda dapat melakukan pengaturan pada password atau kata sandi anda. berikut langkah-langkah untuk mengganti kata sandi anda sebagai berikut:

Anda dapat memilih menu “Security”, pada menu Choose SSID anda dapat memilih “SSID1”, selanjutnya pada menu Authentication Type anda dapat memilih WPA/WPA2-PSK, kemudian pada menu WPA Passphrase anda dapat menuliskan kata sandi yang anda inginkan.

4. Mengatur alamat IP

Pada langkah sebelumnya kita telah mengubah jaringan modem ZTE F609 ini menjadi jaringan bridge yang koneksi internetnya terdapat pada router utama. Berikut merupakan langkah-langkah untuk mengatur alamat IP router utama:

Anda dapat memilih menu LAN dan memilih DHCP Server, kemudian anda dapat memasukkan alamat IP anda yang lama. Pada menu subnet mask anda dapat memasukkan alamat IP yang baru.

Setelah itu anda dapat menonaktifkan DHCP Server. Kemudian anda dapat menyimpannya dengan menekan ikon “Kirim”.

5. Pengujian

Kemudian langkah terakhir untuk menyetting modem ZTE menjadi acces point adalah mengujinya. Jika anda berhasil terhubung maka anda berhasil menjadikan modem ZTE F609 menjadi access point.

Baca Juga : 4 Trik Cara Membobol Wifi dengan Laptop Work 100%

Demikian beberapa Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Access Point yang mudah untuk diaplikasikan. Semoga dapat membantu anda untuk menyetting modem ZTE anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Access Point