Cara Setting Dual Monitor Windows 10 Mudah 2022

Cara Setting Dual Monitor Windows 10 Mudah 2022

Cara setting dual monitor Windows 10 sangatlah mudah, dengan adanya dual monitor pada satu setup dapat memberikan Anda banyak keuntungannya. Anda bisa meningkatkan area layar kerja atau menampilkan sesuatu pada setup monitor yang lain yang mana sudah dapat diterapkan pada Windows.

Baca Juga : Cara Setting Hp Xiaomi Gojek Biar Gacor

Penggunaan layanan ini sangat cocok bagi Anda apabila seorang pembuat konten, analisis data maupun programmer yang notabennya sangat membutuhkan pembukaan beberapa aplikasi pada tiap pengerjaannya.

Dengan adanya Windows 10 menghadirkan fungsionalitas yang lebih meningkat dibanding sebelumnya, yang mana Anda dapat mensetting dual monitor dengan cara yang mudah hanya dengan langkah-langkah yang sudah mudah dipahami. Berikut cara setting dual monitor Windows 10 yaitu :

1. Menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan

Hal pertama yaitu memantau ekstra yang dibutuhkan seperti beberapa kabel dan konektor dilanjutkan dengan pemeriksaan port di komputer. Apabila menggunakan laptop, maka kemungkinan Anda hanya mempunyai satu port HDMI atau port VGA. Apabila mempunyai komputer dan monitor, maka hanya perlu mencari port yang serupa.

Sebelum membeli apapun, pastikan komputer Anda didukung beberapa monitor. Umumnya, pada port VGA terdapat beberapa lubang kecil. Apabila Monitor dan PC kompatibel dengan HDMI, Anda dapat membeli kabel HDMI. Namun, monitor lama biasanya kompatibel VGA saja, sehingga perlu kabel VGA dan konverter HDMI ke VGA.

Terdapat empat mode pada Windows. Untuk melakukan cara setting dual monitor Windows 10 tekan bagian kombinasi tombol ‘Win + P’ akan muncul mode awal yaitu ‘PC Screen Only’ dan pada mode tersebut hanya monitor primer yang tampil. Selain itu Anda juga bisa hanya menampilkan layar sekunder dan mematikan layar.

2. Pilih mode yang nantinya digunakan

Selanjutnya terdapat mode Duplicate dan mode Extend. Pada mode Duplicate Anda hanya bisa memproyeksikan tampilan ke monitor sekunder. Sedangkan pada mode Extend Anda dapat memperluas area kerja aktual pada monitor kedua atau sekunder.

Apabila menggunakan mode ‘Duplicate’, mode ini tidak membutuhkan konfigurasi yang banyak. Namun pada mode Extend, perlu mengkonfigurasi agar mendapatkan visual yang terbaik. Berikut cara melakukan proses konfigurasi pada monitor Anda yaitu :

Pada monitor primer, klik kanan di bagian desktop lalu pilih ‘Display Settings’. Aktivitas konfigurasi dilakukan pada halaman ini, lalu tentukan letak monitor sekunder yang terhubung monitor pertama. Penyetingan kedua monitor bisa dikonfigurasikan terpisah.

Anda dapat mengubah tata letak skala, resolusi monitor dan lainnya. Anda juga dapat mengubah monitor primer dengan  memilih nomor yang sesuai monitor tersebut, lalu gulir ke bawah dilanjutkan memilih untuk dijadikan tampilan utama.

Pada monitor primer biasanya dapat menampilkan sebagian besar tampilan desktop utama. Walaupun secara teknis pada taskbar telah tersedia pada kedua monitor yaitu primer dan sekunder tetapi secara fungsional yang lebih utama dan mudah diakses adalah pada monitor primer.

3. Pengaturan taskbar

Anda bisa mengganti pengaturan pada bagian taskbar. Klik pada bagian kanan taskbar lalu pilih ‘Taskbar Settings’. Langkahnya yaitu dengan menggulirkan ke bagian bawah lalu dilanjutkan dengan mencari menu pada pilihan Multiple display.

Pada halaman tersebut Anda bisa mengganti beberapa pengaturan pada bagian taskbar misalnya apakah monitor tersebut dapat menampilkan taskbar pada layar monitor sekunder atau kapan untuk dapat menggabungkan antara tombol dan label serta dimana letak menampilkan tombol taskbar tersebut.

Baca Juga : Cara Setting Startup Windows 7 Dengan Mudah

Demikian artikel mengenai cara setting dual monitor Windows 10. Sebagai penulis, saya sangat berharap tutorial ini dapat menambah wawasan mengenai fitur Windows 10 serta dapat membantu agar dapat meningkatkan kinerja Anda. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Setting Dual Monitor Windows 10 Mudah 2022 flagcounter