Cara Setting DNS Di Android Terbaru 2022

Cara Setting DNS Di Android Terbaru 2022

Cara Setting DNS Di Android sangatlah mudah. DNS merupakan istilah yang tidak asing bagi Anda pengguna internet. Setting perubahan DNS di hp android dapat langsung Anda praktekan sendiri di rumah. DNS sendiri merupakan kepanjangan dari Domain Name System.

Baca Juga : Cara Setting Tenda 03 Sebagai Client Terbaru 2022

Tujuan dari perubahan pengaturan atau setting DNS Android biasanya dilakukan apabila mengalami masalah koneksi internet yang lambat, atau bisa juga dilakukan saat kita tidak bisa membuka suatu situs website dikarenakan adanya pemblokiran yang dilakukan oleh si penyedia internet.

DNS berfungsi sebagai sistem yang memiliki peran untuk meringkas pengetikan IP Address dan diganti dengan sebuah nama domain dari website tersebut. Hal ini tentunya berguna agar tidak perlu repot lagi menulis IP Address yang panjang. Cara kerja DNS yaitu dengan menerjemahkan domain.

Cara Setting DNS Di Android Dijamin Work 100%

1. Setting Pada Tipe Android 8 dan Ke Bawah

Langkah pertama yaitu dengan membuka pengaturan pada Android. Selanjutnya buka di menu koneksi lalu pilih menu WiFi. Setelah itu klik pada jaringan WiFi yang ingin diganti DNS-nya lalu klik bagian menu “lanjutan“. Kemudian akan muncul pilihan lalu dilanjutkan pilih opsi “statis“.

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengatur DNS yang akan Anda digunakan. Contohnya DNS Google Chrome dengan memasukan kode 8.8.8.8 pada DNS 1 dan 8.8.4.4 pada DNS 2. Jika setting perubahan sudah selesai maka tinggal klik “simpan” untuk menyimpannya.

2. Setting Pada Tipe Android 9 dan Diatasnya

Langkah pertama yaitu dengan membuka menu settings pada HP Android Anda. Kemudian klik bagian menu “koneksi“. Dilanjutkan dengan memilih bagian menu “setting koneksi lainnya“. Setelah itu klik pada bagian menu “DNS“.

Kemudian akan muncul tiga opsi pada layar hp Android Anda, lalu pilih pada “nama host penyedia DNS“. Setelah itu masukkan nama penyedia pada kolom yang sudah disediakan. Langkah terakhir yaitu dengan klik “simpan” agar semua perubahan DNS tersimpan.

3. Setting Dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah terakhir dari cara setting DNS di Android yaitu dengan mendownload dahulu aplikasi DNS Changer pada Google Playstore. Selanjutnya setelah aplikasi terpasang masa buka aplikasi tersebut lalu buka pada menu “choose a DNS provider“, akan muncul beberapa DNS yang dapat Anda gunakan.

Pilih salah satu DNS dan kemudian kolom DNS 1 dan DNS 2 lalu secara otomatis alamat IP akan terisi. Penggantian tersebut juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selanjutnya yaitu pilih pada tombol “start” agar penggantian DNS dapat dimulai. Biasanya akan muncul notifikasi permintaan sambungan lalu klik “ok”.

Kelebihan Menggunakan DNS

Dalam penggunaanya, DNS memiliki banyak kelebihan seperti :

  1. Penggunaan yang konsisten. Hal ini terjadi karena Anda dapat menggunakan nama  DNS yang sama walaupun telah terjadi perubahan alamat IP yang Anda gunakan.  Sehingga meskipun alamat website tersebut telah berubah, Anda akan tetap bisa membukanya.
  2. Internet yang mudah. Dengan menggunakan DNS tentu akan memudahkan Anda dalam berinternet karena Anda hanya perlu mengingat kode kode DNS sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot mengetik alamat website yang panjang.
  3. Data Aman. Seluruh kegiatan berinternet akan menggunakan sistem keaman DNS yang terjaga. Dengan adanya sistem tersebut dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam aktivitas internet seperti adanya peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Cara Setting DDNS Indihome Dengan Mudah

Demikian artikel mengenai cara setting DNS di Android. Semoga tutorial ini dapat membantu, memudahkan sekaligus memaksimalkan Anda dalam melakukan kegiatan berinternet yang cepat, nyaman dan aman.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Setting DNS Di Android Terbaru 2022 flagcounter