Cara Setting CCTV di Dalam Ponsel Pintar dan PC

Faktor keamanan menjadikan cukup banyak orang yang kemudian menginstal atau memasang CCTV di kediaman mereka masing-masing, karena saat ini bentuk kejahatan telah semakin canggih. Teknologi di dalam CCTV juga semakin berkembang dalam menjaga keamanan rumah bahkan sekarang, jika Anda bisa melakukan cara setting CCTV dengan tepat, maka Anda dapat memantau kondisi rumah melalui ponsel pintar bahkan juga PC dengan cepat. Ada banyak rekomendasi CCTV terbaik yang mendukung hal tersebut.

cara setting cctv

Cara Setting CCTV di Dalam Smaprtphone

Digital Video Recorder atau DVR akan terhubung langsung dengan perangkat PC maupun ponsel pintar Anda dan hasil rekaman dari CCTV yang sudah dipasang di beberapa tempat akan ditampilkan pada layar melalui DVR tersebut. Sekarang ini, bukan hanya monitor besar saja seperti yang Anda lihat di kantor keamanan atau sekuriti melainkan hasil rekaman itu akan langsung muncul di dalam ponsel pintar Anda. Sesungguhnya cara setting CCTV dengan sistem online sama seperti memasang CCTV manual.

Akan tetapi, ada hal yang membedakan dimana perlu terhubung dengan internet ketika melakukan proses pemasangan atau instalasi. Inilah beberapa langkah untuk setting CCTV secara online sehingga semua hasilnya dapat terlihat di dalam ponsel pintar maupun PC Anda antara lain:

1. Nama domain perlu disiapkan lebih dulu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah registrasi nama domain lebih dulu dan ingat bahwa nama domain itu tidak boleh sama sedikitpun dengan nama domain milik orang lain. Setelah Anda mempersiapkan nama domain ini, maka Anda juga harus memilih dulu DDNS service yang berbayar atau yang gratis. Nama domain yang sebelumnya sudah dibuat kemudian akan diisikan lagi di dalam settingan dari koneksi internet yang lain. Anda disini harus mengisi beberapa data seperti alamat email, password, username maupun nama domain. Kemudian, di dalam DVR, Anda perlu menyetting CCTV online. Kemudian pilih network dan juga DDNS.

2. Melakukan pengaturan port forwarding di dalam modem

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menyetting CCTV online dimana disini Anda perlu mengatur port forwarding di dalam modem. Biasanya jenis modem yang digunakan itu adalah indihome atau speedy. Disini Anda cukup memilih port yang sudah Anda tentukan sebelumnya contohnya port 80 atau dalam alamat IP. Port yang sebelumnya sudah ditentukan itu akan digunakan lagi untuk mengisi pengaturan network di dalam DVR dan settingan aplikasi dari mobile viewer di dalam ponsel pintar yang Anda miliki.

3. Melakukan setting DVR atau Digital Video Recorder

Langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah setting port forwarding di dalam modem Anda. Disini Anda juga harus mengisi data dalam bentuk alamat IP lokal dan juga melakuka setting network DDNS berupa username, hostname dan yang lainnya. Kemudian, Anda pun cukup klik pada bagian edit account dan selanjutnya masukkan lagi password yang mau digunakan setiap kali Anda melakukan login. Dengan demikian, Anda dapat melihat hasil rekaman CCTV ini baik dari PC maupun ponsel pintar yang Anda miliki. Terakhir, jangan lupa melakukan pengisian data yaitu DNS Server. DNS server ini bisa Anda lihat dengan cara melakukan login pada modem dan selanjutnya, Anda pun akan masuk di dalam status.

Kelebihan Melakukan Cara Setting CCTV di Dalam Ponsel Pintar Anda

Memasang CCTV dan juga melakukan cara setting CCTV dengan tepat itu merupakan hal yang penting. CCTV itu bukan hanya dipasang di area perkantoran maupun toko saja dimana tingkat kejahatan biasanya paling banyak muncul. Bahkan rumah yang sederhana sekalipun juga membutuhkan CCTV ini dan cukup banyak pilihan CCTV yang bisa Anda gunakan sesuai dengan budget maupun fitur-fitur yang diinginkan. Jangan pernah berpikir CCTV itu sesuatu yang buang uang.

Jika sudah terjadi sesuatu di dalam rumah Anda, maka Anda pasti akan menyesal dan disinilah peran CCTV itu dalam menjaga keamanan rumah. Banyak orang yang tidak memperhatikan manfaat atau keuntungan apa yang mereka bisa peroleh apabila menginstal dan menyetting CCTV ini di dalam ponsel pintar yang Anda miliki dan berikut beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui antara lain:

  • Bisa memantau kondisi rumah dimanapun dan kapanpun juga

Alasan mengapa penting bagi Anda untuk menyetting CCTV ini di dalam ponsel pintar adalah Anda dapat memantau kondisi rumah kapanpun Anda mau dan juga dimanapun berada selama masih memiliki koneksi internet di dalamnya. Jika rumah sedang kosong karena Anda sedang keluar, tentu saja Anda tidak akan pernah tahu kondisi rumah yang sedang ditinggalkan itu. Mungkin juga Anda sedang meninggalkan rumah dengan anak kecil di dalamnya. Anda pasti ingin tahu dan penasaran apa yang akan terjadi pada rumah Anda. Ponsel dapat dibawa kemanapun dan hal inilah yang menyebabkan Anda bisa dengan mudah mengontrol rumah dan kondisi di dalamnya dengan baik. Tidak perlu harus menyalakan komputer maupun memasang layar besar sebab disini Anda bisa melihat dengan baik rumah itu dan menilai sendiri atau memastikan kondisinya dengan ponsel.

  • Memberikan rasa tenang pada Anda

Menginstal CCTV atau mengaturnya di dalam ponsel pintar yang Anda miliki itu akan memberikan rasa tenang. Jika Anda tidak bisa melihat kondisi rumah yang mungkin sedang Anda tinggalkan, tentu saja Anda akan merasa tidak tenang. Anda akan ketakutan bahkan juga cemas hingga membayangkan apa yang akan terjadi di rumah itu. Apakah ada pencuri yang masuk, apakah ada kebakaran yang terjadi. Semua kecemasan itu merupakan hal yang wajar ketika seseorang meninggalkan rumah namun tidak dapat mengeceknya sama sekali. Untuk itulah, memasang CCTV di dalam ponsel pintar Anda itu merupakan pilihan yang terbaik. Dikarenakan Anda bisa melihat kondisi rumah yang Anda tinggalkan itu, maka sudah pasti jika Anda lebih tenang dan tidak akan lagi memiliki pemikiran yang buruk sama sekali. Disini Anda bisa lebih lega karena semua dalam kondisi yang dapat dipantau.

  • Dapat mengurangi keluarnya uang dan jauh lebih hemat

Salah satu alasan mengapa penting sekali bagi Anda untuk menyetting CCTV ini dalam ponsel pintar yang Anda miliki adalah karena jauh lebih hemat khususnya bagi kondisi keuangan Anda. Dengan memiliki CCTV ini, maka Anda bisa selalu mengontrol kondisi rumah denga baik dan ini artinya, Anda tidak perlu sama sekali menyewa jasa sekuriti. Jika memiliki sekuriti di rumah, maka Anda tentu saja harus membuang uang setiap bulan untuk memberikan mereka gaji. Karena itulah, dengan menggunakan CCTV, keamanan akan selalu terjaga dan jiika ada hal yang mencurigakan, maka pemilik dapat langsung lapor polisi. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu menggunakan jasa sekuriti sama sekali dan lebih baik gunakan uangnya untuk keperluan yang lainnya.

Setelah tahu cara setting CCTV, maka Anda pun siap menggunakannya langsung di dalam ponsel pintar Anda dan setelahnya, pantau dengan baik kondisi rumah yang kosong maupun memantau anak kecil di dalam rumah yang Anda tinggal untuk keperluan lain dengan begitu cepat.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar