Cara Riset Keyword Mudah dan Tepat Untuk Website

Menggunakan Berbagai Tool Modern Untuk Cara Riset Keyword Blog atau Website Ketika Anda mengetik sebuah kata kunci di mesin pencari dan kemudian hasilnya muncul, tentu Anda akan memilih website yang ada di halaman pertama Google. Tidak mungkin tiba-tiba Anda memilih situs yang ada di halaman 10. Anda yang memiliki situs sendiri tentu sangat ingin website Anda muncul di halaman pertama mesin pencari dan karena itulah, cara riset keyword sangat diperlukan sehingga bisa membuat situs yang Anda miliki bisa muncul di baris pertama halaman Google.

cara riset keyword

Apa Kegunaan Mencari Cara Riset Keyword?

Anda yang memiliki situs maupun blog tentu ingin agar situs yang Anda miliki muncul pada halaman pertama. Bahkan Anda juga penasaran mengapa ada beberapa orang yang bisa menempatkan konten mereka berada di daftar pencarian teratas itu. Apakah mereka membayar mahal untuk melakukannya? Tidak perlu harus merogoh kocek yang dalam sebab mereka hanya mencari cara riset keyword yang tepat supaya dapat membuat website mereka muncul di papan atas tersebut.

Kata kunci atau keyword merupakan istilah yang digunakan untuk frase maupun kata-kata yang digunakan oleh orang ketika mereka sedang melakukan pencarian di Google maupun mesin pencari yang lainnya. Contohnya Anda ingin liburan ke Thailand dan kemudian Anda mengetik kata kunci di Google “tempat wisata Thailand”. Dalam waktu sekejap akan muncul situs-situs yang memberikan informasi tentang tempat wisata khusus di negeri Gajah Putih itu. Inilah yang diinginkan oleh penulis.

Keuntungan Mencari Cara Riset Keyword

Kata kunci ini direkam oleh mesin pencari dan datanya dapat dilihat lengkap dengan jumlah pencarian dan sebagainya. Ada banyak sekali keuntungan ketika Anda mencari cara riset keyword ini dan berikut merupakan beberapa manfaat atau keuntungan yang Anda peroleh yaitu:

  • Ide dari konten

Banyak sekali pemula yang ingin cepat-cepat membuat blog baik itu pribadi maupun situs untuk bisnis tapi terkendala di tengan jalan. Kebanyakan bingung apa isi konten untuk website yang mereka buat ini. Dengan melakukan riset ini, maka Anda pun juga bisa mengumpulkan beragam topik yang kemudian bisa Anda buat sebagai isi konten itu sehingga tidak akan ada lagi kata bingung maupun juga pusing ketika sudah membuat websitenya.

  • Pola kerjanya akan lebih terstruktur

Ketika Anda melakukan riset ini, Anda bisa menyusun mana skala prioritas kata kunci yang dianggap potensial. Ketika digabungkan dengan menggunakan riset kompetisis, maka Anda pun kemudian bisa mendapatkan topik yang dibuat sesuai dengan tingkat kompetisi dari mesin pencari. Anda dapat menentukan kata kunci mana yang cukup mudah dan dapat Anda kerjakan sejak awal. Anda bisa menentukan pula kata kunci yang cukup berat dan akhirnya disimpan kemudian. Terakhir, Anda juga bisa menentukan topik yang kemudian dicakup pada satu artikel.

  • Trend setter

Situs bisa menjadi situs pertama yang tentunya membahas hal tertentu yang dipilih dengan lengkap. Jika Anda menggunakan cara ini, akan jauh lebih otomatis lagi untuk mudah untuk memperoleh ranking tinggi dan kemudian mendapatkan pengunjung.

Cara Riset Keyword Dengan Aplikasi Berfitur Canggih

Untuk menemukan cara riset keyword sekarang tidak sulit karena terdapat beberapa tools yang bisa membantu Anda dengan mudah baik itu gratis, ada versi trial maupun juga yang berbayar dengan fasilitas atau fitur lengkap untuk penulis dan inilah beberapa diantaranya yaitu:

KWFinder

Tool yang satu ini akan memberikan Anda beragam informasi lengkap mengenap SERP, tingkat kesulitan bahkan volume pencarian dari sebuah kata kunci. Namun Anda harus memahami sesuatu jika menggunakan KWFinder ini yaitu alat ini tidak bisa digunakan sepenuhnya dengan gratis. Disini Anda hanya dapat mencari 2 kata kunci dengan gratis. Jika Anda ingin melanjutkan untuk menggunakan alat ini, maka Anda harus melakukan pendaftaran lebih dulu menjadi anggota dan kemudian Anda bisa melakukan riset lagi.

Anda dapat melakukan riset kata kunci dalam kurun waktu 24 jam dengan menggunakan 50 saran keyword setiap pencariannya. Bila akun gratis ini masih belum cukup bagi Anda, maka paket yang premium juga tersedia di dalam alat ini. Terdapat 3 paket premium dengan fitur spesifikasi yang berbeda. Paket yang paling murah akan memungkinkan Anda untuk dapat meriset keyword sampai dengan 100 kali pencarian setiap 24 jam. Paket yang paling mahal bisa membuat Anda meriset kata kunci sampai 1200 pencarian setiap 24 jam.

MOZ

Masih ada lagi alat lain selain KWFinder yaitu MOZ. Untuk bisa menggunakan berbagai macam fitur yang terdapat di dalam MOZ ini, maka Anda wajib untuk melakukan registrasi dulu menjadi anggotanya. Kemudian setelah Anda mendaftar, maka Anda pun akan memperoleh 10 riset kata kunci. Jika hanya menggunakan akun MOZ gratisnya saja masih belum bisa memberikan Adna hasil yang maksimal. Hasil riset kata kunci yang dilakukan dengan akun gratis tidak bisa membeberkan informasi mengenai volume pencarian setiap bulannya.

SERP yang diinformasikan pun juga hanya terbatas 3 situs yang paling atas saja. Bila Anda ingin hasil yang maksimal dalam riset, maka Anda bisa mencoba dulu Free Trialnya selama satu bulan atau 30 hari dan setelah itu, Anda bisa membayar setiap bulannya untuk menggunakan fitur paling lengkap.

Answer The Public

Untuk tool yang satu ini, Anda tidak bisa menggunakannya dalam bahasa Indonesia sebab alat ini hanya akan menyediakan beberapa bahasa asing saja sebagai pilihannya termasuk bahasa Inggris yang paling umum dan internasional. Walaupun Anda hanya bisa menggunakan dalam bahasa Inggris, ini merupakan alat yang banyak sekali direkomendasikan sebab begitu lengkap sekaligus komprehensif pula. Disini Anda bisa melakukan riset kata kunci yang digunakan di website maupun blog dengan alat ini.

Saran keywordnya akan diberikan diberikan dengan format seperti wawancara yaitu 5W+1H yaitu What atau apa, Where atau dimana, When atau kapan, Why atau mengapa, Who atau siapa dan How atau bagaimana. Disini Anda bisa mendapatkan ide yang dapat digunakan untuk konten website maupun blog Anda menggunakan riset dalam bahasa Inggris ini. Selain itu, keuntungan lainnya adalah Anda bisa menggunakan alat ini dengan gratis.

Google Related Search

Selain menggunakan Google Trends, Google masih menyediakan cara lain untuk melakukan riset kata kunci dengan menggunakan related search. Setiap kali Anda mencari kata kunci dengan mesin pencari ini, maka hasil yang akan disediakan bukan hanya tentang artikel dengan keyword yang Anda ketik. Google akan memberikan saran lain berupa kata kunci long tail yang berkaitan dengan kata kunci yang sedang dicari saat itu juga sehingga pencariannya akan lebih luas lagi dari sebelumnya.

Ini merupakan beberapa cara riset keyword yang dapat Anda gunakan untuk bisa memaksimalkan website maupun blog milik Anda supaya bisa bertengger di papan atas mesin pencari yang ada di halaman pertama sehingga lebih banyak dikunjungi oleh visitors maupun users karena biasanya website yang berada di atas itu jauh lebih disukai dibandingkan dengan yang ada di beberapa halaman setelahnya.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar