Cara Riset Kata Kunci Agar Website Ada di Halaman Pertama

Memilih kata kunci yang paling tepat itu sangat krusial dan begitu penting sebab hal ini akan memberikan pengaruh terhadap performa webiste maupun blog di dalam hasil pencarian pada mesin Google. Tentu mencari cara riset kata kunci sangat penting sebelum Anda mulai menulis atau mengisi konten pada webiste atau blog Anda. Melakukan riset bertujuan untuk dapat menentukan keyword atau kata kunci yang paling cocok untuk website atau blog Anda.

Cara Riset Kata Kunci

Pentingnya Riset Kata Kunci

Setiap penulis website maupun blog harus mengetahui kata kunci seperti apa yang sering dicari oleh user atau orang-orang pada Google maupun mesin pencari lainnya sehingga dapat menemukan keyword yang paling tepat dan ingin mereka lihat. Meskipun Anda sudah mencari dan kemudian menemukan yang populer, Anda harus mengetahui bahwa peta persaingan keyword itu ada. Anda harus berada di urutan pertama dari hasil pencarian sehingga orang bisa lihat.

Dengan kata lain artikel atau blog yang Anda tulis itu sebaiknya bisa muncul langsung di halaman pertama dari mesin pencari sehingga pembaca lebih banyak yang berkunjung. Hasil penelitian pun mengatakan bahwa kebanyakan user hanya ingin membuka artikel yang ada di sekitar beberapa halaman pertama saja. Dengan kata lain, akan lebih baik jika posisi dari tulisan Anda berada di sekitar urutan pertama karena Anda bisa memperoleh sekitar 30% klik dari para user sementara jika berada di urutan ketiga, maka Anda memperoleh 10% klik.

Apa Tujuannya Cari Riset Kata Kunci?

Setiap detail sangat penting untuk diperhatikan apalagi jika Anda ingin sekali dikunjungi oleh banyak user dalam satu hari. Karenanya, mencari kata kunci itu begitu penting dan sebenarnya tujuan utama dari melakukan riset ini adalah guna mengetahui topik apapun yang tengah dicari oleh user di dalam mesin pencari yang memiliki hubungan atau kaitan dengan website atau blog yang Anda buat. Dengan melakukan hal ini, maka Anda bisa tahu banyak hal antara lain:

  • Kata kunci apapun yang ada kaitannya dengan blog, tema maupun bisnis Anda
  • Mengetahui kata kunci yang paling potensial guna memancing para user untuk mampir ke dalam blog Anda termasuk para calon klien atau pelanggan dari bisnis yang Anda buat
  • Mengetahui predisi user yang mencari kata kunci tertentu
  • Bisa melihat persaingan yang terdapat di dalam mesin pencari atas kata kunci tertentu
  • Dapat menyusun kata kunci prioritas yang paling utama dari bisnis maupun blog Anda

Riset Kata Kunci Dengan Tool Gratis

Beruntungnya saat ini banyak pula bermunculan tool atau alat keyword yang gratis dan bisa digunakan oleh siapapun sehingga bisa meriset kata kunci yang paling terkenal atau populer dan inilah beberapa yang bisa digunakan antara lain:

1. Google Trends

Bukan hanya memberikan mesin pencari melainkan Google pun memberikan alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci yang dikenal dengan nama Google Trends. Berita baiknya adalah layanan yang langsung diberikan oleh Google ini disediakan gratis untuk semua user. Disini Anda pun bisa mengatur tempat atau wilayah berdasarkan negara yang menjadi target Anda dan anggaplah Indonesia. Disini Anda bisa memperoleh grafik atau diagram dari pergerakan kata kunci yang tengah Anda cari.

Google Trends ini bisa menunjukkan grafik pergerakan dari kata kunci mulai dari satu jam yang terakhir hingga 5 tahun terakhir. Dengan kata lain, Anda pun dapat melihat pergerakan naik dan turun dari popularitas kata kunci waktu ke waktu. Google Trends turut memberikan saran keyword yang memiliki kaitan dengan Anda cari real time saat itu juga.

2. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan sebuah alat kata kunci yang dikeluarkan oleh Neil Patel yang merupakan digital marketer yang handal dan ternama. Disini Anda bisa menggunakan alat tanpa harus mengeluarkan atau membayar uang sama sekali. Melakukan riset dengan menggunakan Ubersuggest ini begitu mudah karena Anda hanya perlu mengetik kata kunci yang ingin digunakan dan juga wilayah yang menjadi target Anda. Alat ini kemudian akan memberikan informasi detail tentang berapa besarnya volume dari pencarian kata kunci itu.

Selain itu alat ini juga memberikan saran tentang kata kunci terkait yang dapat Anda gunakan termasuk dengan kadar kesulitan dari keyword itu. Selain itu, alat ini juga akan memberikan ratusan saran tentang kata kunci atau lebih yang berkaitan dengan apa yang Anda cari. Anda bisa mencoba untuk mengurutkan berbagai saran kata kunci itu sesuai dengan search volume atau volume pencarian, CPC atau cost per click maupun nilai kompetisinya. Akan lebih baik Anda mengurutkannya mulai dari search volume yang tinggi ke rendah.

Yang Harus Diperhatikan Ketika Riset Kata Kunci

Sebenarnya cara riset kata kunci dengan menggunakan tool yang gratis maupun berbayar masih banyak tapi cobalah untuk memperhatikan detail penting ketika melakukan riset karena ada komponen yang tidak boleh Anda lupakan antara lain:

  • Keyword difficulty

Komponen yang satu ini akan menunjukkan suatu tingkat kesulitan dari kata kunci untuk bisa muncul di halaman yang pertama dari hasil pencarian. Pada umumnya, alat keyword akan menggunakan skala mulai dari 0 sampai dengan 100. Jika angkanya makin besar, maka makin sulit untuk kata kunci itu bisa berada di posisi pertama dari hasil pencarian. Biasanya tingkat kesulitan kata kunci ini juga akan memperlihatkan berapa banyak backlink akan dibutuhkan supaya artikel dapat muncul di halaman pencarian yang pertama. Jika tingkat kesulitannya makin tinggi, maka Anda membutuhkan lebih banyak backlink.

  • Search volume

Search volume ini merupakan jumlah berapa banyak kata kunci yang sedang dicari di dalam mesin pencari untuk kurun waktu yang telah ditentukan. Biasanya alat keyword seringkali akan menunjukkan berbagai macam pencarian kata kunci dalam kurun waktu 1 bulan terakhir. Contohnya adalah search volume dari kata kunci tertentu menunjukkan 100.000 angkanya. Ini berarti kata kunci itu telah dicari sekitar 100.000 kali di dalam mesin pencari selama satu bulan terakhir.

  • Keyword suggestion

Komponen ini adalah saran keyword yang memiliki kaitan dengan keyword yang sedang Anda cari. Contohnya Anda sedang mencari kata kunci “membuat web”. Maka alat keyword itu akan memberikan beragam saran untuk user seperti diberikan tambahan berupa “cara membuat website”, “membuat website gratis” maupun juga “membuat website murah”. Pada umumnya layanan alat keyword ini akan memberikan Anda berupa saran long tail. Ini merupakan sebuah kata kunci yang di dalamnya memiliki paling tidak 3 angka maupun lebih seperti yang sudah disebutkan.

Itulah ulasan tentang cara riset kata kunci potensial untuk membuat website Anda ada di halaman pertama.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar