Cara Populer dan Unik Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO

Dalam dunia SEO, backlink juga dikenal sebagai incoming links, yakni link yang terbentuk ketika sebuah website terhubung dengan website lain. Backlink sangat berguna untuk SEO karena keberadaannya menunjukkan kepercayaan sebuah situs terhadap situs lain. Artinya: sebuah situs hanya akan mengutip atau terhubung dengan situs lain yang dipercaya. Jika anda tidak mempercayai sebuah situs, anda pastinya tidak akan mau mengarahkan pembaca atau pengunjung ke situs tersebut.

Oleh sebab itu, mesin pencari terutama Google menggunakan backlink sebagai salah satu variable untuk menentukan popularitas sebuah website. Semakin banyak situs lain yang mengarah ke situs anda, artinya situs anda semakin dipercaya oleh banyak orang, karena konten di dalamnya berkualitas. Oleh sebab itu, keberadaan backlink dapat memberikan dampak positif terhadap posisi sebuah situs di halaman pencarian Google.

Mengapa Backlink Berkualitas Penting untuk SEO?

Cara Populer dan Unik Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO

Pada intinya, backlink ke website adalah sinyal yang dikirim ke mesin pencari bahwa ada situs lain yang merujuk ke situs anda. Jika banyak situs yang mengacu ke situs yang sama, maka mesin pencari akan menyimpulkan bahwa situs tersebut memiliki konten yang berkualitas dan layak menjadi referensi. Jadi, situs tersebut pantas berada di halaman terdepan pada hasil pencarian (SERP). Itulah sebabnya mengapa backlink sangat penting untuk SEO bagi sebuah situs.

Kenyatannya, tidak semua backlink memiliki nilai yang sama di mata mesin pencari. Backlink yang datang dari situs terpercaya, populer, dan memiliki otoritas tinggi tentu dinilai lebih berharga oleh Google. Sebaliknya, link yang datang dari situs baru, otoritas rendah, dan dicurigai sebagai situs spam bernilai rendah bago Google.

Seperti halnya backlink yang datang dari situs lain, link yang anda buat ke situs lain (outbound link) juga memiliki nilai yang berbeda-beda di mata Google. Misalnya, saat membuat link ke situs lain, halaman, kata kunci (anchor text), dan tema yang anda pilih akan mempengaruhi nilai link yang anda kirimkan. Saat ini, Google menggunakan sebuah tool bernama Penguin untuk bekerja ‘mengawasi’ link masuk atau keluar ke sebuah situs.

Dengan kata lain, Penguin tidak hanya menghitung berapa link yang masuk atau keluar dari situs anda. Tool milik Google ini juga menggunakan algoritma tertentu untuk melihat kualitas backlink yang anda peroleh. Link yang sengaja dipertukarkan dengan situs lain atau link yang masuk dari situs spam bisia terdeteksi. Jika demikian, maka situs anda kemungkinan besar akan menerima ‘sanksi’ oleh Google.

Google menggunakan tool pendeteksi semacam ini karena dicurigai banyak pemilik situs yang sengaja mempebacklirtukarkan link atau sengaja membuat situs spam hanya untuk mendapatkan nk. Istilah-istilah seperti situs spam atau situs satelit muncul setelah munculnya situs-situs bayangan untuk keperluan menghasilkan backlink.

5 Cara Cerdas Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO

Google dan mesin pencari lainnya sudah semakin ‘cerdas’ dalam mendeteksi kualitas backlink. Oleh sebab itu, banyak pakar SEO merasa bahwa kualitas backlink saat ini jauh lebih penting daripada jumlahnya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas untuk SEO tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar? Berikut adalah beberapa alternatifnya:

  1. Konten Berkualitas dan Update

Menurut pakar SEO, tidak ada strategi mendapatkan backlink yang lebih baik daripada konten yang berkualitas, yakni konten yang unik, menarik, dan level ahli. Semakin banyak konten semacam ini di situs anda, maka situs tersebut akan mengumpulkan banyak backlink seiring dengan waktu. Konten yang berkualitas dan menarik berpeluang lebih besar untuk dibagikan kepada situs lain.

Selain itu, pastikan ‘penggemar’ atau pengunjung situs anda tidak menunggu lama terhadap konten berikutnya. Jika mereka menyukai konten-konten yang ada di sebuah situs, maka mereka akan menunggu konten berikutnya. Jadi, sebaiknya atur jadwal update konten ke website anda. Jadwal update tidak mesti harian. Anda bisa saja mengaturnya sekal 1x 3 hari atau 1 x seminggu pada awalnya, namun harus teratur. Dengan demikian, anda tidak mengecewakan pengunjung.

Kemudian, jangan lupa mempromosikan konten-konten anda. Anda tentu memiliki akun di beberapa media sosial, bukan? Nah, caranya cukup sederhana. Anda cukup memuat link konten tersebut di media sosial untuk menarik perhatian. Jika teman-teman atau follower anda tertarik dengan konten tersebut, mereka akan meng-klik link yang diberikan dan mengunjungi situs anda. Ada beberapa strategi untuk menarik pengunjung ke situs anda melalui promosi di media sosial, antara lain:

  • Buat judul yang menarik dan membuat penasaran. Namun harus diingat bahwa judul tersebut mesti relevan dengan isi konten. Kalau sampai pengunjung merasa ‘ditipu’ dengan judul konten anda, mereka tidak akan mau mengunjungi situs anda untuk konten berikutnya.
  • Ajak pengunjung untuk berkomentar atau memberi opini. Anda bisa menyediakan dialogue box di bagian bawah konten.
  • Ajak pengunjung untuk membagi (share) konten anda jika mereka merasa tertarik dengan isinya.
  • Buat pengunjung penasaran dengan update konten berikutnya. Mungkin, anda bisa menyampaikan ‘bocoran’ konten berikutnya beserta jadwal posting di situs anda.

Media sosial adalah alat yang cukup efektif untuk meningkatkan popularitas dan mendapatkan backlink, terutama jika situs anda masih tergolong baru. Media sosial memberi anda peluang untuk berinteraksi dengan pembaca dan meminta opini mereka. Jadi, anda bisa membangun basis audience yang kuat sambil mempromosikan situs anda.

  1. Bagikan Sesuatu Yang Menarik

Jika anda memiliki kemampuan, atau memiliki staf yang bisa membuat media-media yang menarik untuk dibagikan, maka cobalah gunakan untuk mendapatkan backlink ke situs anda. Media yang dimaksud bisa berupa:

  • Tema video tidak harus selalu tentang bisnis anda. Anda bisa membuat video-video edukatif dan kreatif tentang hal-hal kontemporer. Kemudian, embed atau cantumkan di website anda atau upload ke situs seperti YouTube. Selanjutnya, ajak pengunjung untuk membagikan link video tersebut melalui berbagai saluran, seperti media sosial.
  • Podcast, juga bisa menjadi media yang menarik untuk dibagikan. Sediakan link download-nya, dan undang teman-teman anda di media sosial untuk melihat dan membagikannya.
  • Infographics, merupakan salah satu media yang efektif untuk menghasilkan backlink. Jika niche situs anda belum begitu populer, media ini mungkin cukup banyak membantu. Tentu saja, kuncinya adalah infographics yang berkualitas dan informatif. Undang pada blogger untuk mempublikasikan infographics tersebut di blog mereka. Tentunya, sediakan link ke website anda. Saat ini, banyak template infographics yang tersedia secara gratis atau berbiaya murah. Jadi, anda bisa membuat infographics yang menarik tanpa harus membayar lebih.
  • Artikel atau e-Book gratis untuk download. Anda bisa meng-upload materi-materi yang menarik, seperti tips, tutorial, dan semacamnya dalam bentuk artikel atau e-book dalam format .pdf. Contoh situs file-sharing antara lain Dropbox, Google Drive, Hightail, atau Microsoft OneDrive. Dapatkan link untuk dibagikan melalui media sosial atau e-mail. Setiap kali dokumen tersebut dibagikan, maka anda akan mendapatkan backlink.
  1. Menjadi Guest Blogger

Cara berikutnya untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan menjadi blogger tamu di situs ternama. Cara kerjanya cukup sederhana: anda menulis artikel berkualitas dan mempublikasikannya di situs populer dan terpercaya. Sebagai imbalannya, anda mendapatkan backlink ke situs anda. Ini adalah teknik win-win solution untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Bahkan, jika anda mendapatkan situs yang ternama, anda tidak hanya mendapatkan backlink sebagai imbalannya, namun juga meningkatkan reputasi anda sebagai blogger.

Lalu, bagaimana caranya menjadi guest blogger? Bagaimana anda tahu jika sebuah situs menerima guest blogger? Berikut adalah beberapa strateginya:

  • Gunakan query pada Google. Anda bisa mencari website atau blog yang menerima kontributor. Namun, pastikan situs yang anda pilih memiliki niche yang relevan dengan situs anda. Jika tidak, Google akan menganggapnya sebagai spam karena tidak relevan. Caranya, cukup ketik keyword anda di browser, misalnya “asuransi jiwa + menjadi kontributor” atau “asuransi jiwa + menjadi penulis” dan sebagainya. Dengan pencarian seperti ini, Google akan mengarahkan anda kepada situs atau blog dengan niche asuransi jiwa yang membutuhkan guest blogger.
  • Cari guest blogger atau influencer lain. Artinya, anda menjadi guest blogger yang juga menjadi kontributor pada situs lain. Lihat daftar situs di mana blogger tersebut menjadi kontributor. Lakukan hal yang sama. Anda bisa menghubungi pemilik situs dan menawarkan jasa sebagai kontributor dengan backlink sebagai imbalannya.
  • Gunakan media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Anda bisa mencari kata kunci “guest post” atau “penulis tamu” diserta keyword yang relevan. Setiap kali anda mempublikasi artikel sebagai tamu atau kontributor, pastikan anda memuat link ke profil sosial media anda. Jika ada pembaca lain yang tertarik dengan tulisan-tulisan anda, mereka akan mem-follow akun anda tentunya.
  1. Pulihkan Link Yang Rusak

Menurut para ahli SEO, link rusak adalah ‘tambang emas’ untuk mendapatkan backlink berkualitas. Maksudnya? Sebuah situs populer pastinya memiliki banyak backlink. Seiring berjalannya waktu, ada beberapa link yang rusak atau tidak lagi berfungsi. Bisa jadi, link tersebut berasal dari situs yang sudah ditutup atau tidak diperpanjang oleh pemiliknya. Link rusak sebenarnya merugikan bagi sebuah situs, karena mesin pencari akan ‘mempertanyakan’ keabsahannya.

Nah, link rusak adalah peluang yang besar bagi anda. Anda bisa menggantikan backlink tersebut. Ada beberapa tahapan yang bisa anda lakukan untuk menggunakan strategi ini, antara lain:

  • Cari website populer yang relevan dengan niche Ketika keyword anda pada browser di mesin pencari.
  • Setelah menemukan beberapa situs yang relevan di halaman pertama, gunakan tool Check My Links untuk menemukan link yang rusak pada situs tersebut. Check My Links adalah sebuah plug-in milik Google Chrome. Anda mungkin harus melakukan instalasi terlebih dahulu. Plug-in ini menandai link rusak dengan kode 404.
  • Periksa konten di mana link yang rusak itu berada. Jika relevan dengan konten di situs anda, maka ini menjadi salah satu sasaran anda.
  • Temukan kontak pemilik situs, dan sampaikan maksud anda dengan kata-kata yang sopan dan baik. Berikan informasi link mana saja yang sudah tidak berfungsi. Kemudian, sampaikan juga keuntungan yang sama-sama anda dapatkan jika anda diberi kesempatan untuk menggantikan link rusak tersebut.
  1. Amati Situs Pesaing

Dalam dunia SEO, persaingan tetap menjadi aspek yang harus anda pertimbangkan. Bahkan, kinerja situs pesaing dapat menjadi inspirasi bagi anda untuk mendapatkan backlink berkualitas. Untuk itu, anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu siapa saja saingan utama situs anda. Kemudian, amati para pesaing tersebut dan lihat strategi apa yang mereka gunakan untuk mendapatkan backlink. Berikut adalah beberapa tipsnya untuk anda:

  • Ketahui setiap kali pesaing mempublikasikan konten baru. Ada beberapa cara yang bisa anda coba. Misalnya, daftarkan diri untuk mendapatkan pesan email setiap kali pesaing mengeluarkan newsletter. Atau, follow mereka di media sosial.
  • Atau, Gunakan Google alert untuk mendapatkan notifikasi setiap kali pesaing mempublikasikan konten baru yang sesuai dengan keyword anda. Misalnya, jika pesaing anda adalah “asuransijiwa.com” maka, keyword yang anda gunakan di Google alert adalah site:asuransijiwa.com.
  • Ketahui darimana sumber backlink ke situs pesaing. Jika situs pesaing mendapatkan backlink dari sebuah situs populer, tentunya anda juga memiliki peluang sama, sepanjang niche-nya relevan. Nah, dengan mengetahui darimana sumber backlink ke situs pesaing, anda bisa mencari cara untuk mendapatkan backlink dari sumber yang sama pula. Untuk itu, anda bisa menggunakan tool seperti Monitor Backlinks untuk mengetahui sumber backlink tersebut. Kemudian, anda bisa menggunakan strategi lain di atas, seperti menghubungi pemilik situs untuk menjadi kontributor atau guest blogger dengan imbalan backlink.

Cara Unik Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk SEO

Selain 5 cara umum mendapatkan backlink di atas, ternyata ada beberapa cara unik yang bisa anda coba untuk menghasilkan backlink. Mungkin, cara-cara ini tidak berlaku untuk semua niche. Antara lain:

  • Menulis Testimony. Kesaksian atau testimony terhadap sebuah website dapat menjadi cara untuk menghasilkan backlink ke situs anda. Namun, testimony hanya bisa anda berikan pada situs yang sedang anda gunakan. Misalnya, anda baru saja membeli produk atau menggunakan jasa dari sebuah website. Nah, testimony atas kualitas produk atau jasa mereka bisa ‘ditukar’ dengan backlink ke situs anda. Anda hanya perlu mencantumkan link ke halaman website anda di bagian akhir testimony.
  • Donasi. Cara ini mungkin terdengar tidak biasa. Ya, anda bisa memberikan donasi kepada organisasi tertentu, seperti LSM atau organisasi sosial yang memiliki situs resmi. Kemudian, anda bisa meminta backlink dari situs tersebut ke situs anda. Cara ini juga cukup efektif. Namun, harus dipastikan bahwa situs sumber backlink tersebut relevan dengan niche situs anda.
  • Wawancara. Satu lagi cara unik mendapatkan backlink adalah melalui wawancara. Jika anda telah menjadi orang penting di niche tertentu, besar peluang bagi anda untuk diwawancari oleh media online dan mendapatkan backlink ke situs milik anda. Namun, anda mungkin baru bisa ke tahap ini setelah melalui tahapan-tahapan membangun backlink di atas.

Nah, itulah beberapa cara membangun backlink berkualitas untuk SEO pada situs anda. Tentunya, tidak semuanya akan berhasil. Hasilnya akan tetap ditentukan oleh berbagai aspek, seperti kondisi situs anda saat ini dan upaya-upaya yang anda lakukan untuk meningkatkan popularitas website. Dunia SEO dan backlink sangat dinamis. Hasil dari upaya anda bisa saja berbeda dengan situs lain yang melakukan hal yang sama. Yang terpenting adalah konsistensi anda dalam melakukan cara-cara positif untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar