Cara Optimasi Website Super Cepat

Halo semuanya! hari ini saya akan menjelaskan cara memaksimalkan teknologi hosting terbaik indonesia untuk mengoptimalkan situs web anda untuk meningkatkan waktu pemuatan situs web anda. Dengan waktu loading yang lebih cepat, maka pengunjung situs web anda akan memiliki pengalaman yang lebih baik dalam mengunjungi situs web anda dan itu akan meningkatkan peringkat halaman situs web anda di mesin pencari google.

Ayo kita mulai cara mempercepat loading blog. Untuk melihat kinerja situs web, anda dapat menggunakan alat gratis. Salah satunya adalah gtmetrix. Ayo kita coba buka “gtmetrix.Com“, ketikkan url situs web anda pada kolom yang tersedia, dan kemudian klik “analisis”.

Sebelum lebih lanjut, pastiin dulu Anda menggunakan hosting terbaik se Indonesia. Karena jika menggunakan hosting yang tidak handal, maka optimasi seperti apapun akan tetap lemot.

Review Niagahoster 2020

Cek Kecepatan Website

cek kecepatan website dengan gtmetrix

cek kecepatan website dengan gtmetrix

Tunggu beberapa detik dan hasil analisis akan muncul. Di bagian atas yakni informasi tentang url situs web yang dianalisis. Lalu ada “skor kinerja”, ada juga “detail halaman”, keduanya akan menjadi perhatian utama.

Untuk kinerja score, url ini memiliki skor a (96%), sedangkan skor f adalah skor terendah yang bisa anda dapatkan. Untuk contoh halaman url detail ini, url ini sudah memiliki skor 2,5 detik untuk melayani halaman 141 kb. Menurut google, 4 detik terlalu lambat sehingga situs web ini cukup baik.

Dalam pembahasan ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk menggunakan fitur hosting di niagahoster untuk mendapatkan waktu pemuatan yang lebih cepat. Kita dapat melihat detail laporan di tab “kecepatan halaman”, tab “yslow”, dan banyak lagi.

Apa Itu Niagahoster?

Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2020.

hasil gtmetrix berita teknologi Oktober 2020

hasil gtmetrix berita teknologi Oktober 2020

Untuk tab kecepatan halaman, semuanya telah menerima skor A. Untuk tab yslow, situs web masih menerima skor F untuk cdn, yang berarti bahwa cdn belum aktif. Setelah cdn aktif waktu pemuatan halaman akan meningkat secara otomatis.

Berbeda dengan website yang menggunakan server khusus, maksudnya selain berteknologi NVME dan ram yang cukup besar, website menggunakan VPS Hosting bukan shared. Dengan penggunaan vps, maka dijamin proses loading web akan terlihat berbeda dibanding dengan sharedhosting.

Apa Sebenarnya VPS Itu?

Kata yang sering muncul di dalam dunia pengembangan aplikasi atau dunia DevOps adalah VPS. Cloud Virtual Private Server (Cloud VPS) ini ternyata merupakan sebuah server virtual yang mengandung Dedicated Resource. Dengan Cloud VPS, pelanggan dapat menggunakan semua resource VPS itu sendiri atau dalam artian tidak berbagi dengan pelanggan lainnya sehingga dirasa cukup menguntungkan oleh pihak-pihak yang menggunakannya.

Cara cek kecepatan lainnya yakni bisa menggunakan pagespeed tool milik google, ini merupakan sebuah alat gratis untuk memantau loading website apakah cepat atau lambat.

Anda bisa melihat gambar dibawah ini merupakan contoh tampilan Page Speed Insight milik google untuk melihat kecepatan dan kelayakan sebuah website untuk digunakan user, karena google sangat memperhatikan sekali yang namanya UI/UX.

UI adalah kependekan dari user interface, sedangkan UX adalah singkatan dari user experience maksudnya pengalaman user dalam menggunakan apakah mudah atau justru website itu sulit digunakan. Semua itu bisa kita dapatkan informasi rinci disini ( https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ ).

Cara Optimasi Website Super Cepat

Cara Optimalkan Website

Bagaimana cara melakukan optimasi website? buka dasbor situs website wordpress Anda, ingat ini bukan di cPanel ya tapi di /wp-admin. Ketikkan nama pengguna dan kata sandi anda, lalu klik masuk. Di wordpress dashboard, mari kita tambahkan plugin yang dapat membantu meningkatkan waktu pemuatan situs web, yang disebut plugin cache.

Apa Itu CPanel?

cPanel adalah salah satu alat pengaturan atau control panel untuk web hosting dengan basis linux yang menyuguhkan GUI (graphical user interface) serta tools otomatis, semua fitur yang tersedia pada cPanel akan sangat membantu dan memudahkan dalam proses mengontrol server hosting untuk keperluan website.

Klik “plugin”, klik “tambah baru”, ketikkan kata kunci “cache”. Lalu pilih litespeed ​​cache, klik instal, klik aktifkan. Yay! litespeed ​​cache sudah terpasang di daftar plugin anda. Sekarang, mari kita pergi ke pengaturan litespeed ​​cache dengan mengklik pengaturan di sini. Pastikan cache diaktifkan.

Sekarang mari kita kembali ke gtmetrix untuk melihat apakah ada peningkatan? di gtmetrix, klik uji ulang, jika anda telah menutupnya, anda juga dapat meminta analisis menggunakan langkah-langkah yang telah kami sebutkan sebelumnya ketik url situs web anda, dan kemudian klik “analisis”.

Dari laporan gtmetrix, waktu muat laman rincian menjadi 1,9 detik. Sekarang mari kita kembali ke dashboard, pergi ke litespeed ​​cache, edit file .htaccess, kode ini ditambahkan ke htaccess situs web anda.

Gunakan CDN Cloudflare

Selanjutnya kita akan mengaktifkan cloudflare dari cpanel niagahoster. Ketika anda mengaktifkan cloudflare, itu akan membantu mempercepat situs web anda dan meningkatkan keamanan. Anda dapat mengaktifkannya dengan pergi ke cpanel niagahoster, menemukan cloudflare, lalu klik instal.

Bagi Anda yang belum menggunakan Hosting Terbaik adalah Niagahoster, silahkan dapatkan promo hosting Oktober 2020 disini.

Promo Niagahoster Oktober 2020

Jika anda tidak memiliki akun cloudflare, klik “buat akun gratis anda” di sini. Kemudian ketik email dan kata sandi anda, dan klik “buat akun”. Selanjutnya, ketik url situs web anda dan klik tambahkan situs.

Mereka akan meminta anda untuk mengkonfirmasi beberapa hal, sesuai dengan preferensi anda untuk tutorial ini pilih paket gratis dan klik. Pada layar dns query untuk url contoh ini, diaktifkan. Jika anda melihat ikon awan oranye, itu berarti ikon itu diaktifkan, dan klik lanjutkan.

Pada layar nameserver, anda akan diminta untuk mengubah ns1.beritateknologi.id ke drew.ns.cloudflare.com, klik “salin” lalu simpan perubahan yang diinstruksikan, lalu klik lanjutkan. Untuk mengubah nama server berita teknologi, kunjungi url penyedia hosting Anda, lalu klik “masuk ke area klien”.

Di area klien, pilih domain, klik domain saya, pada nama yang ingin anda ubah, klik edit dan pilih tab server nama. Ubah nameserver ke yang cloudflare tanyakan, lalu klik “ubah nameserver”, yay! nameserver telah berubah dan sekarang menggunakan ke jaringan cloudflare.

Perubahan nameserver perlu 24 jam untuk terjadi setelah itu domain akan diarahkan ke cloudflare, untuk memeriksa anda dapat menggunakan whois. Jika sudah selesai, mari kembali ke gtmetrix untuk melihat apakah ada perubahan?

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Gunakan Plugin WordPress Cache

Lalu rahasia terakhir cara mempercepat loading website yakni dengan menginstall plugin wordpress cache, fungsinya plugini wordpress tersebut akan melakukan kompresi beberapa file yang dibutuhkan ketika di render oleh browser. Misalnya static files javascript, css, dan html pada halaman utamanya.

Plugin wordpress rekomendasi kami ialah :

  1. WP Fastest Cache Pro
  2. W3 Total Cache
  3. WP Rocket

Bagi saya pribadi lebih suka dengan WP Fastest Cache kemudian membeli lisensi premium, karena fiturnya sangat memuaskan. Kita tidak perlu menginstall plugin ini itu hanya cukup satu saja Fastest Cache, maka semua fitur sudah lengkap mulai Minify JS dan CSS, clear cache wordpress, otomatis combine, CDN, Preload, Database cleanup, dan masih banyak lainnya.

Di halaman gtmetrix, klik uji ulang jika anda telah menutupnya, anda juga dapat meminta analisis menggunakan langkah-langkah yang telah kami sebutkan sebelumnya ketik url situs web anda, dan kemudian klik “analisis”.

Dari laporan gtmetrix, waktu muat laman detail menjadi lebih cepat dari 0,7 detik. Semoga pembahasan cara optimasi website 2020 ini membantu anda dan situs web anda untuk mencapai halaman pertama google karena sudah dioptimalkan dengan fitur hosting terbaik indonesia.

Tinggalkan sebuah Komentar