Cara Optimasi Instagram untuk Akun Bisnis Anda

Cara Optimasi Instagram untuk Akun Bisnis Anda

Media sosial khususnya Instagram saat ini banyak digunakan sebagai media berbisnis atau berjualan produk, Instagram sendiri merupakan salah satu media sosial dengan pengguna aktif terbanyak contohnya di Indonesia dengan pengguna aktif mencapai 60 juta pengguna.

Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai media sosial resmi dari perusahaan atau produk bisnis masing-masing. Tentunya untuk mencapai tujuan dari akun bisnis, membutuhkan cara optimasi Instagram agar akun bisnis tepat sasaran dan meningkatkan laju bisnis mereka para pelaku bisnis.

Sebelum melangkah ke bagaimana cara optimasi Instagram, berikut ini akan diuraikan sedikit tentang keuntungan menggunakan atau memanfaatkan Instagram sebagai media promosi atau media jualan produk bisnis Anda.

Keuntungan Instagram Sebagai Media Bisnis

Saat Anda membuka Instagram dan menjelajah timeline, pasti Anda sering menemukan akun-akun Instagram yang berjualan produk baik itu jasa atau barang dan mempromosikan akun mereka serta menarik perhatian dan membuat Anda penasaran untuk mencari tahu tentang produk bisnis tersebut. Hal tersebut tidak lepas dari keuntungan menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Apa saja keuntungan menggunakan Instagram sebagai media promosi?

Pengguna paling banyak

Instagram saat ini memiliki kedudukan tertinggi untuk jumlah pengguna, khususnya di Indonesia. Pengguna aktif pun semakin hari semakin bertambah. Banyaknya pengguna Instagram ini sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai media promosi karena sasaran dan jangkauan promosi akan menjadi lebih banyak.

Koneksi dengan media sosial lain

Keuntungan berikutnya saat Anda memanfaatkan Instagram sebagai media bisnis Anda adalah, Instagram memiliki fitur untuk dapat menautkan atau mengoneksikan media sosial lain.

Jika Anda pelaku bisnis dan memiliki media sosial lain selain Instagram, seperti Facebook, WhatsApp, marketplace, atau bahkan website, Anda bisa mengoneksikannya melalui akun Instagram bisnis Anda. Hal tersebut menjadikan Instagram media yang praktis untuk digunakan sebagai media promosi bisnis.

Gratis

Saat Anda melakukan promosi untuk bisnis, sering kali Anda membutuhkan biaya untuk pemasangan iklan. Saat membuat media seperti website pun, Anda akan dikenakan biaya untuk membeli domain website bisnis Anda.

Dengan akun Instagram, Anda bisa melakukan promosi secara gratis. Mulai dari pendaftaran akun sampai promosi produk bisa dilakukan secara gratis, dan Anda hanya perlu melakukan optimasi untuk setiap postingan di akun bisnis tersebut agar kinerja promosi lebih maksimal.

Mudah digunakan

Cara-cara menggunakan fitur di Instagram sangatlah mudah, yang artinya Anda tidak memerlukan teknik khusus atau kemampuan khusus untuk mengoperasikan akun Instagram Anda. Interface-nya pun sangat sederhana dan mudah dipahami sehingga membuat Anda mudah untuk melakukan promosi produk bisnis melalui Instagram.

Konten foto dan video

Instagram pada dasarnya merupakan media sosial dengan konten utamanya berupa foto dan video. Instagram juga dikenal tidak memiliki batasan ukuran file foto atau video sehingga Anda bisa memposting foto dan video dengan kualitas terbaik.

Dengan konten foto atau video, membuat media promosi Anda lebih menarik dan bisa memaksimalkan kreativitas serta dapat menyampaikan detail-detail produk dengan gambar atau video yang jelas dan menarik.

Banyak cara promosi

Keuntungan menggunakan Instagram sebagai media bisnis selanjutnya yaitu Anda bisa melakukan promosi dengan berbagai cara, seperti konten foto atau video, penggunaan Instagram ads, optimasi hashtags, dan cara endorse. Nah, salah satu cara yang paling populer yaitu, dengan cara meng-endorse produk bisnis Anda ke pengguna Instagram yang memiliki banyak jumlah follower ataupun selebriti.

Cara ini dapat meningkatkan perhatian terhadap produk bisnis Anda karena saat Anda meng-endorse seseorang yang memiliki pengaruh tinggi, secara tidak langsung produk Anda akan banyak dilihat oleh follower orang tersebut.

Tujuan awal adanya Instagram sebenarnya bukanlah untuk media berbisnis, namun tidak salah jika Anda memanfaatkannya untuk dijadikan media Anda berbisnis karena ternyata Instagram sendiri pun menyediakan fitur-fitur yang mendukung Anda untuk melakukan promosi produk disana.

Cara Optimasi Instagram

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memanfaatkan Instagram sebagai akun promosi bisnis Anda sehingga akan lebih banyak pengguna yang mengunjungi akun bisnis Anda dan melihat produk-produk Anda.

Berikut ini beberapa tipsnya:

Ubah akun Instagram menjadi bussiness account

Jika Anda sudah memiliki akun Instagram sebelumnya namun masih dalam status akun personal, Anda harus mengubah akun tersebut untuk menjadi akun bisnis. Adanya fitur yang mendukung kegiatan berbisnis Anda seperti Analytics yang membuat Anda dapat memantau performa dan traffic akun Anda.

Tapi jika Anda belum memiliki akun Instagram, Anda perlu membuatnya dahulu dari awal dan langsung mengatur akun Anda sebagai akun bisnis.

Buka akun private menjadi akun publik

Usahakan jangan buat akun bisnis Anda private. Biarkan untuk terbuka secara publik agar dapat dikunjungi dan dilihat oleh siapa saja. Hal ini agar pengunjung atau calon pembeli yang mengunjungi akun Instagram Anda bisa dengan mudah dan leluasa melihat-lihat produk yang Anda tawarkan dan pajang di akun Instagram bisnis Anda.

Gunakan foto profil yang menarik

Gunakan foto yang menarik dan sesuai dengan penggambaran produk bisnis kamu. Atau bisa juga jika Anda sudah mempunyai logo untuk bisnis Anda dan jadikan sebagai foto profil.

Pilih username yang sesuai

Tentunya username adalah hal yang paling sering Anda gunakan untuk menunjukkan atau mempromosikan akun Instagram bisnis Anda. Pilihlah username yang sesuai dengan produk yang Anda jual atau sesuai dengan visi misi perusahaan Anda.

Penting juga untuk mempertimbangkan username yang mudah diingat agar orang-orang mudah mencari akun Instagram bisnis Anda.

Tuliskan bio yang menarik

Bio yang menarik adalah bio yang menjelaskan informasi tentang bisnis Anda namun tertulis secara singkat dan padat. Tuliskan juga nomor kontak yang bisa dihubungi oleh calon pembeli, atau sisipkan alamat tautan jika Anda memiliki website bisnis Anda.

Gunakan hashtag untuk optimasi

Cara optimasi Instagram bisnis Anda berikutnya dengan menggunakan hashtag yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Penggunaan hashtag dapat mengangkat performa postingan Anda dan akan mempengaruhi pemasaran produk Anda.

Buat postingan dan feed secara aktif

Perbanyak update postingan baik itu posting di dalam feed ataupun update story di akun Instagram yang isinya menjelaskan tentang produk Anda dan update tentang informasi bisnis Anda. Hal ini dapat membantu optimasi akun InstagramAnda dan meningkatkan jumlah follower organik.

Verifikasi akun Anda

Tips yang tidak kalah pentingnya yaitu, verifikasi akun Instagram Anda. Hal tersebut untuk membuat pengunjung yakin bahwa produk bisnis Anda aman dan terpercaya.

Itulah beberapa tips cara optimasi Instagramuntuk akun bisnis Anda. Hindari untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan kebijakan Instagram agar Anda tetap nyaman dan aman dalam menjalankan bisnis Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Optimasi Instagram untuk Akun Bisnis Anda flagcounter