Cara Mudah Melakukan Backup Data Di Android

Cara Mudah Melakukan Backup Data Di Android

Sudah tak bisa disangkal lagi jika smartphone sekarang ini sudah menjadi barang yang tak mungkin lepas dari genggaman kita. Hampir semua data pribadi kita dan data penting semuanya ada di sana. Bayangkan jika smartphone kita hilang atau rusak dan semua yang ada di dalamnya masih berada di sana. Kasus seperti ini tidak bakal terjadi jika kita sering melakukan Backup Data secara berkala.

Untungnya, ada banyak alat yang dapat mencegah skenario seperti itu terjadi. Pada artikel ini, kamu akan belajar cara membuat cadangan ponsel Android sehingga memiliki akses ke semua file berharga ketika terjadi hal seperti diatas. Ini juga akan terbukti membantu jika yang kamu butuhkan hanyalah memindahkan data dari satu ponsel Android ke yang lain.

Backup Data

Backup Data Di Android

  • Menggunakan Google

Kecuali kamu menggunakan Huawei atau Honor, dipastikan kamu sudah mempunyai akun layanan Google di Smartphone. Ini berarti kamu memiliki opsi untuk mencadangkan semua konten di ponsel ke akun Google (tepatnya Google Drive).

Untuk cara otomatis, ini cara yang kami rekomendasikan untuk melakukan Backup Data di Android. Jika fitur ini sudah di hidupkan, kamu dipastikan akan bisa mengakses data yang hilang ketika ke Smartphone baru atau berpindah. Jadi tidak akan ada masalah yang terjadi seperti contoh kasus di atas. Langkah-langkah juga cukup sederhana sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan.

Untuk cara manual, kamu dapat memilih apa yang perlu di cadangkan dan memilih mana yang penting saja. Ini jelas lebih baik jika kamu tahu dan paham akan cara kerjanya. Pasalnya jika kamu lupa data apa yang tidak di cadangkan, nanti ketika terjadi masalah pasti akan sangat ribet. Tapi jika sudah tahu, semuanya akan mudah dan hanya tinggal memilah-memilah saja.

  • Menggunakan PC

Jika tidak mempercayai Google atau layanan pihak ketiga mana pun, kamu memiliki opsi untuk mencadangkan ponsel secara manual. Kamu bisa menggunakan PC atau laptop untuk mencadangkan semua data yang ada di smartphone. Tapi cara ini cukup ribet dan jika tidak dilakukan secara berkala, juga akan berakibat kehilangan data penting.

Tapi ini adalah hal yang sangat berguna untuk dilakukan bahkan jika kamu memiliki solusi cadangan lain. Hal ini karena tidak ada yang namanya terlalu banyak cadangan. Jika ingin mengambilnya kembali di lain waktu, kamu harus mengaktifkan kembali PC atau laptop di mana data itu di cadangkan.

Nah itu tadi cara Backup Data di Android lewat Google dan juga PC atau Laptop. Pilihan cara yang menurut kamu paling mudah dan dapat cepat dilakukan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Mudah Melakukan Backup Data Di Android