Cara Mudah Cek Plagiarisme Online

Cara Mudah Cek Plagiarisme Online

Cara cek plagiarisme – Dari berbagai media rasanya semakin sering saja kita melihat atau mendengar kasus yang berhubungan dengan plagiasi, terutama di kalangan intelektual dan akademisi. Tentu saja ini sangat menyedihkan jika mendegar seorang akademisi lulus dari salah satu jenjang pendidikan dengan hasil tugas akhir berupa copy paste karya orang lain. Padahal untuk mengetahui

Tindakan tidak jujur ini tentu akan menarik kebohongan lainnya dan dengan mental demikian ini akan sangat berbahaya bila yang bersangkutan menduduki posisi tertentu yang berkaitan dengan hajat hidup masyarakat. Tetapi syukurlah teknologi semakin mempermudah kita untuk melakukan berbagai hal, termasuk memeriksa originalitas tulisan seseorang.

Ini baik yang berhubungan dengan karya-karya tulis ilmiah atau artikel yang merupakan konten sebuah website. Saat ini dengan mudah Anda bisa melakukan pengecekan plagiasi melalui software secara online baik gratis atau berbayar. Tentu saja syaratnya tulisan yang ingin diperiksa keasliannya sudah diunggah ke dunia maya. Inilah daftar platform yang dapat Anda gunakan!

Cara Cek Plagiarism

Software untuk memeriksa keaslian skripsi

Untuk memeriksa keaslian skripsi, thesis, atau karya ilmiah tugas akhir lainnya Anda bisa menggunakan aplikasi Unichek. Saat ini sudah banyak editor, penulis, peneliti, dosen, dan para pendidik berbagai bidang yang memanfaatkan platform yang satu ini. Alasannya karena penggunaannya yang gampang dan praktis. Anda bisa segera mengakses websitenya kemudian meng-copypaste tulisan yang akan dicek pada kotak yang tampil di laman website.

Satu lagi keunggulan Unicheck adalah dapat melakukan pemindaian teks secara bersamaan walaupun format teks tersebut berbeda-beda. Waktu pemindaiannya pun super cepat, yakni hanya 4 detik tanpa membuat performa internet Anda berkurang. Unichek bahkan mampu memeriksa bagian paling kecil untuk mendapatkan bagian yang di-copypaste dari dokumen lain.

Hingga saat ini Unicheck telah memindai belasan milyar dokumen serta laman yang berada pada mesin pencari Google serta Bing. Setiap kali selesai memindai Anda akan memperoleh laporan berupa hyperlink sumber asli dan persentase copy paste. Mengingat berbagai keunggulannya tentu saja wajar bila platform ini membebankan tariff berlangganan.

Bila profesi Anda memang mewajibkan untuk menilai plagiasi dokumen, tentunya tariff US$ 5 tidak terlalu besar, bukan? Sebelum memutuskan berlangganan Anda diperbolehkan mencoba layanan ini secara gratis untuk mengecek copy paste dokumen sebanyak 275 kata.

Cara cek plagiarisme menggunakan software

Smallseotools sejatinya lebih sering digunakan oleh para editor atau blogger. Manfaatnya adalah untuk menilai mutu suatu konten yang ditulis untuk website. Blogger professional tentu saja wajib menyuguhkan konten-konten bermutu yang orisinil atau bebas plagiat. Untuk itulah mereka memerlukan perangkat pendeteksi copy paste ini.

Meski lebih akrab digunakan di kalangan blogger, Smallseotools juga dapat digunakan untuk mengecek keaslian karya ilmiah, termasuk skripsi yang telah diunggah di dunia maya. Anda dapat mengecek hingga 5000 karakter pada sekali pemindaian. Selain gratis keunggulan platform ini sangat mudah digunakan dengan hasil akurat.

Anda tinggal mengakses situsnya dan memilih bagian plagiarismchecker. Cukup copy paste tulisan yang ingin diperiksa pada kotak yang disediakan. Setelah pemindaian Anda akan memperoleh hasil berupa persentase copy paste tulisan dengan berbagai sumber yang ada di internet.

Daftar platform untuk cek plagiasi secara online

Selain kedua platform di atas, berikut adalah daftar software online yang dapat Anda gunakan untuk mengecek plagiasi tulisan.

1. Duplichecker

Anda juga dapat menggunakan layanan ini dengan mudah. Cukup copy url atau copy paste tulisan pada tempat yang tersedia. Hanya dalam beberapa detik Anda akan memperoleh hasil berupa hyperlink konten yang diplagiasi bila memang tulisan tersebut hasil mencontek.

Duplichecker menyediakan layanan gratis terbatas, yaitu hanya 1500 kata per hari.Jika ingin menggunakan layanan ini terus-menerus Anda harus membayar biaya berlangganan.

2. Writercheck

Aplikasi unik ini dapat mengetahui keberadaan plagiarisme pada sebuah konten. Menariknya lagi selain cek keaslian teks, aplikasi ini juga dapat mendeteksi kesalahan ejaan alias typo dan tata bahasa (grammar).
Untuk menggunakannya pun sangat gampang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah upload dokumen yang ingin di-scan dengan format Microsoft Word, rtf, html, pdf, PostScript, atau WordPerfect.

Setelah itu Anda bisa memperoleh hasil plagiarisme berupa link menuju sumber copy paste.Layanan ini tidak dapat dinikmati gratis, melainkan harus melakukan registrasi dan berlangganan dengan membayar tariff tertentu.

3. Copyscape

Jika Anda lebih suka aplikasi cek plagiasi gratisan, copyscape adalah pilihan terbaik. Selain gratis, aplikasi ini juga menyediakan layanan berbayar dengan fitur yang lebih lengkap tentunya. Untuk para blogger, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melindungi blog dari tindakan plagiasi orang lain. Jika ada konten yang mempunyai kesamaan dengan materi pada blog Anda, Copyscape akan mengirim email peringatan kepada Anda.

4. Plagscan

Plagsan berfungsi untuk mendeteksi plagiasi dengan cara upload file baik dengan format Word atau pdf. Selain itu Anda juga bisa langsung copy paste teks pada kolom yang tersedia pada website. Hampir sama dengan aplikasi yang lain, hasil pemindaian berupa persentase plagiasi bila memang ada, sekaligus link sumbernya. Plagsan dapat dinikmati dengan membayar tariff berlangganan. Untuk mengetahui fasilitas yang tersedia Anda bisa menggunakan layanan gratis terbatas.

5. Viper anti-plagiarism scanner

Aplikasi yang satu ini tak dapat digunakan hanya dengan mengakses situsnya. Anda harus melakukan instalasi dulu ke perangkat laptop atau computer kemudian melakukan registrasi. Setelah melalui langkah tersebut Anda baru dapat menggunakan layanan. Aplikasi ini menyediakan hingga 10 miliar sumber di dunia maya untuk dibandingkan dengan teks yang ingin diperiksa.

6. PlagTracker

PlagTracker dapat digunakan secara gratis namun terbatas hanya untuk 5000 kata saja. Anda wajib mendaftar untuk menjadi member premium untuk memperoleh manfaatnya secara lengkap. Dengan menjadi member Anda tidak hanya mendapatkan laporan persentase copy paste tetapi juga kesalahan tata bahasa. Tidak ada batasan jumlah teks yang Anda upload untuk diperiksa keasliannya. Selain itu Anda juga akan mendapatkan link sumber plagiasi bila memang terdeteksi ada copy paste.

7. PlagiarismChecker

Satu lagi rekomendasi aplikasi gratis dan mudah digunakan untuk mendeteksi tulisan dari plagiasi. Anda dapat mengakses situs ini dari browser mana pun dan menggunakannya untuk mengetahui keaslian sebuah teks secara instan.

8. Dustball

Dustball juga dapat digunakan secara gratis untuk mendeteksi sebuah konten apakah mengandung copy paste atau tidak. Dustball bekerja dengan memeriksa suatu konten apakah memiliki kemiripan dengan sumber-sumber lain di dunia maya atau tidak.

Nah, demikianlah cara cek plagiarisme dan rekomendasi aplikasi untuk mendeteksi keaslian suatu teks. Anda bisa memilih menggunakan fasilitas pendeteksi copy paste berupa aplikasi gratis bila memang belum tersedia budget khusus untuk biaya berlangganan. Semoga bermanfaat terutama bagi Anda para blogger, editor, mahasiswa, dosen, serta pegiat literasi.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Mudah Cek Plagiarisme Online