Cara Mirroring HP Ke TV Mudah Dengan Banyak Pilihan Metode

Cara Mirroring HP Ke TV Mudah Dengan Banyak Pilihan Metode

Smartphone kini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi untuk berbagai hal lain seperti bermain game, menonton video, dan menyetel musik. Namun untuk menonton tayangan video dengan layar yang kecil rasanya kurang puas, maka Anda bisa mencoba cara mirroring HP ke TV.

Apa Itu Mirroring Hp?

Mirroring HP ke TV yaitu menyambungkan perangkat smartphone agar dapat menampilkan layar smartphone pada TV dengan atau tanpa kabel penghubung.

Mungkin masih banyak diantara kalian yang belum mengetahui bahwa layar ponsel dapat dihubungkan atau dipindahkan ke layar TV untuk mendapatkan tampilan yang lebih lebar dan luas, sehingga kegiatan menonton film atau video menjadi lebih seru.

Kekurangan menonton film di layar ponsel selain kecil yaitu tidak memungkinkan untuk ditonton bersamaan dengan orang lain. Padahal menonton film bersama keluarga dan teman justru dapat menambah keseruan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memindahkan layar HP ke TV.

Menghubungkan layar ponsel ke layar TV dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari menggunakan kabel (wired) hingga tanpa kabel (wireless) dengan Bluetooth atau Wifi.

Menyambungkan HP Ke TV

Anda dapat melakukan mirroring smartphone baik Android maupun iOS ke layar televisi Anda, bagi pengguna smartphone Android mungkin jauh lebih praktis dan mudah jika dibandingkan dengan iOS.

Sebab smartphone iOS memungkinkan penyambungan bila Anda menggunakan smart TV atau Apple TV yang mendukung fungsi dari AirPlay.

Bila Anda ingin menghubungkan smartphone dengan layar televisi, Anda membutuhkan penghubung seperti koneksi yang lancar antara TV dan HP. Biasanya TV modern atau android TV dilengkapi dengan fitur, port USB, konektor Wifi, dan port HDMI untuk menyambungkan ke smartphone.

Pilih Menggunakan Kabel Atau Tanpa Kabel

Sebelum mengetahui cara mirroring hp ke tv, tentukan terlebih dahulu smartphone Anda dapat terhubung dengan baik menggunakan kabel (wired) atau tanpa kabel (wireless). Tentu saja masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tentukan mana yang lebih baik diantara keduanya, jika Anda menggunakan sambungan tanpa kabel atau wireless, Anda tidak perlu menghubungkan kabel dengan smartphone Anda yang dapat membatasi jarak jangkauan sesuai panjang kabel.

Namun sambungan tanpa kabel juga memiliki kekurangan seperti loading gambar yang kurang lancar dan terkesan seperti “ngehang” atau kualitas gambar yang kurang jelas.

Cara Menyambungkan HP Ke TV Dengan Kabel

Anda tidak membutuhkan smart TV jika ingin menyambungkan ponsel ke layar televisi menggunakan bantuan kabel. Anda cukup menyediakan kabel HDMI dan penghubung HDMI Micro USB. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan :

  • Gunakan kabel Micro HDMI untuk dihubungkan ke kabel HDMI
  • Kabel MHL dengan dual konektor yaitu HDMI dan Micro USB
  • Pastikan ponsel Android Anda memiliki fitur MHL yang mendukung

Menghubungkan TV Dan HP Dengan Koneksi Wired

  • Pertama-tama, matikan televisi Anda dengan menekan tombol power
  • Kemudian, hubungkan ponsel android dan televisi menggunakan kabel dengan ujung socket besar untuk televisi yang bertuliskan HDMI, dan ujung socket kecil untuk ponsel android Anda.
  • Nyalakan kembali televisi Anda dan pindahkan salurannya menjadi sumber HDMI
  • Pada ponsel android Anda, aktivasi penghubung dengan memberikan centang pada “HDMI Connection”
  • Pastikan ponsel Anda tidak terkunci sehingga mudah untuk diatur
  • Tampilan ponsel sudah berpindah ke layar televisi milik Anda
  • Anda bisa mengubah tampilan layar menjadi orientasi landscape untuk pengalaman menonton yang lebih baik.

Cara Menghubungkan HP Ke TV Secara Wireless

Bagi pemilik smart TV, Anda tidak membutuhkan kabel untuk dapat menghubungkan smartphone Anda. berikut ini beberapa cara mirroring HP ke TV dan merubah pengaturan pada smart TV berdasarkan mereknya:

Cara mengubah pengaturan mirroring di TV Samsung

  • Download terlebih dahulu aplikasi SmartThings pada smartphone Anda kemudian buka aplikasinya
  • Lalu klik Add Now untuk menghubungkan HP dengan Televisi
  • Pilihlah Smart TV Samsung yang Anda gunakan pada halaman utama di aplikasi SmartThings
  • Lalu tekan tombol dengan ikon titik tiga yang berada di pojok atas sebelah kanan, lalu pilih Mirror Screen

Samsung memang terkenal sebagai salah satu merek produk elektronik yang sangat berkualitas, sehingga tidak heran jika produk-produk yang dikeluarkan memiliki jaminan mutu yang tinggi.

Cara mengubah pengaturan pada TV Sony

TV Sony memiliki harga yang relatif lebih mahal, meskipun demikian kualitas yang dihasilkan tidak murahan. Warna dan resolusi yang tinggi membuat TV Sony sangat unggul dalam hal tampilan grafis yang dihasilkan.

Untuk melakukan mirroring pada TV Sony sebenarnya cukup mudah, berikut ini cara mirroring HP ke TV Sony yang perlu Anda ketahui:

  • Gunakan remote TV lalu tekan INPUT
  • Pilihlah menu yang bertuliskan Screen Mirroring
  • Lalu lakukan pengaturan pada smartphone Anda untuk mendapatkan sinyal mirroring TV SONY

Cara merubah pengaturan TV LG

Merek LG tidak hanya mengeluarkan berbagai produk elektronik yang canggih, namun juga mengeluarkan televisi smart dengan spesifikasi terbaik. Harganya pun relatif cukup terjangkau dengan garansi yang panjang. Berikut ini beberapa cara untuk mirroring HP ke TV LG yang mudah:

  • Gunakan remote televisi LG lalu tekan HOME, dan pilihlah opsi Network
  • Aktifkan dan pilih Miracast
  • Aktifkan juga Miracast pada ponsel Anda saat televisi LG sedang dalam proses pemindaian perangkat.

Cara Lain Menyambungkan Televisi Dan Hp

1. All share

Samsung link mengeluarkan fitur all share pada seri HP Samsung Galaxy yang berfungsi untuk membagi layar ponsel secara wireless hanya dengan satu kali klik. Anda bisa menghubungkan HP Samsung dengan TV atau monitor yang mendukung koneksi wireless.

2. Wi-Di

Wi-Di atau dikenal juga dengan Intel Wireless Display adalah bentuk dukungan dari intel yang diberikan untuk teknologi Miracast pada komputer dan laptop. Jika Anda tidak memiliki ponsel android, maka Anda dapat menggunakan perangkat lain seperti komputer.

3. AirPlay

Para pengguna ponsel pintar iPhone, Anda dapat menggunakan fitur Air Play yang khusus digunakan pada produk-produk buatan Apple. Namun hanya untuk produk yang berbasis Mac saja.

4. Chromecast

Google juga mengeluarkan alat khusus yang dapat digunakan sebagai penghubung melalui koneksi internet yaitu Chromecast. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk melakukan streaming konten multimedia yang sekilas mirip dengan Miracast.

Namun untuk Chromecast tidak perlu menggunakan screen mirroring sehingga lebih fokus pada akses internet dan penggunaan streaming konten multimedia. Alat ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki smart TV.

Itulah beberapa cara mirroring HP ke TV yang bisa Anda coba untuk menghubungkan layar ponsel Anda dan menampilkannya di layar televisi yang lebih luas. Nikmati keseruan dalam menonton bersama keluarga dengan pengalaman baru menikmati berbagai tayangan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Mirroring HP Ke TV Mudah Dengan Banyak Pilihan Metode