Cara Merubah MP4 ke MP3: 3 Pilihan Sesuai Kenyamanan Kamu

Di tengah banyaknya pilihan media digital saat ini, MP3 masih menjadi salah satu favorit. Kenapa? File dalam format MP3 bisa diputar di sejumlah gadget. Saat kamu sedang melakukan sesuatu, seperti bekerja di kantor atau di rumah, maka mendengarkan MP3 lebih efektif pada menonton MP4, sehingga konsentrasi anda tidak terganggu. Lalu, bagaimana caranya jika kamu hanya memiliki file dengan format video atau MP4? Cara meruah MP4 ke MP3 berikut ini akan membantu kamu.

Sebelum membahas caranya, ada baiknya kamu menambah sedikit wawasan tentang format MP3. Format ini sangat terkenal karena ukuran file-nya kecil, sehingga ringan diputar di berbagai jenis gadget, termasuk yang spesifikasinya masih sederhana. Namun sebenarnya, ukuran file MP3 akan menentukan kualitas suara yang dihasilkan. Bit rate file MP3 bervariasi, mulai dari 32 kbps hingga 320 kbps.

Mungkin kamu suka rekam video saat karaoke-an? Kamu bisa mendengarkannya kembali di perangkat yang berbeda dengan mengubah format MP4 ke MP3. Ada dua cara merubah mp4 ke mp3 yang umum digunakan, yakni menggunakan aplikasi online dan menggunakan software yang di-download ke perangkat kamu. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. Berikut penjelasannya.

cara merubah mp4 ke mp3

Cara Merubah MP4 ke MP3 Secara Online

Mengubah file MP4 ke MP3 secara online memiliki beberapa keunggulan. Cara ini lebih praktis dan hemat dalam hal penggunaan memory perangkat kamu. Karena tidak butuh download, maka perangkat kamu tidak mendapat ‘beban’ tambahan dari aplikasi tersebut. Tentunya, ada juga kelemahannya, yakni harus digunakan secara online. Artinya, perangkat kamu harus terhubung ke internet, memiliki kuota internet, atau setidaknya menggunakan Wi-Fi agar aplikasi tersebut bisa digunakan. Terkadang, kalau jaringan internet sedang bermasalah, proses konversi dari MP4 ke MP3 bisa jadi sangat lama, atau bahkan gagal total.

Masing-masing web menyediakan menu yang bervariasi, namun secara umum, cara kerja aplikasi konverter yang ada adalah sebagai berikut:

Cara Kerja Aplikasi Konverter

  • Kunjungi alamat web penyedia konversi dari format MP4 ke MP3. Atau, kamu bisa terlebih dahulu menggunakan mesin pencari, seperti Google. Cukup ketik kata kunci sederhana seperti “merubah MP4 ke MP4 secara online,” maka anda akan mendapatkan begitu banyak rekomendasi dari mesin pencari. Tinggal klik alamat web yang diinginkan.
  • Unggah File MP4. Setelah kamu masuk ke website yang dituju, temukan tempat untuk unggah file. Kamu bisa mencari kotak “Unggah File” atau “Upload File.” Temukan juga informasi tentang batasan ukuran file MP4 yang bisa diunggah, karena memang ada aplikasi yang memberi batasan, misalnya maksimum 40 Mb. Jika file MP4 yang kamu miliki lebih besar dari itu, sebaiknya cari web lain yang bisa meng-konversi file yang ukurannya lebih besar.
  • Proses Konversi. Setelah kamu unggah file, maka selanjutnya adalah proses konversinya. Klik “Ubah” atau “Convert” pada kotak yang tersedia. Setelah itu, pengolahan oleh aplikasi akan dimulai. Lamanya waktu yang dibutuhkan biasanya tergantung ukuran file MP4 yang kamu upload, bit rate file keluaran (output) yang kamu pilih, serta jaringan internet di gadget kamu.
  • Unduh File MP3. Begitu proses konversi selesai, maka kamu tinggal ‘download’ atau ‘unduh’ file MP3 yang sudah selesai, dan simpan di gadget atau perangkat kamu.

Sesederhana itukah? Tentu saja. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan selain teknis atau cara merubah file MP4 ke MP3. Pastikan aplikasi yang digunakan compatible atau bisa digunakan untuk perangkat anda. Misalnya, pastikan anda memperhatikan apakah aplikasi tersebut bisa digunakan pada Mac OS atau Linux?

Selain itu, pastikan aplikasi yang anda gunakan memberikan jaminan bahwa file yang anda upload tidak tersimpan di dalam sistem mereka. Jika file anda tersimpan di server mereka, maka keamanan file anda tentunya menjadi terancam.

Cara Merubah MP4 ke MP3 di Ponsel

Bagi kamu yang tidak ingin repot menggunakan laptop atau PC untuk konversi file MP4 ke MP3, opsi berikutnya adalah menggunakan ponsel kamu, baik yang memiliki OS Mac atau Android. Cara merubah MP4 ke MP3 di ponsel biasanya menggunakan aplikasi yang mesti di download dulu. Banyak opsi yang tersedia, tapi kamu harus download aplikasinya dulu di Play Store atau Google Play.

Setelah download salah satu aplikasi, kamu tidak perlu mencari-cari lagi aplikasi lain saat akana melakukan konversi file di masa mendatang. Layaknya aplikasi berbasis web, pilihan aplikasi berbasis ponsel ini juga sangat banyak. Secara umum, cara kerja aplikasi ini adalah:

  • Download aplikasi. Kemudian, “Install” atau “Pasang” di ponsel kamu.
  • Jalankan aplikasi yang sudah terpasang. “Unggah” file MP4 yang akan dirubah ke MP3. Sebagian besar aplikasi seperti ini hanya bisa membaca file yang sudah tersimpan di ponsel kamu. Jadi, pastikan file asli MP4 sudah ada di media penyimpanan internal atau ponsel.
  • Jalankan proses konversi, dan kemudian “unduh” atau “download” file MP3 yang sudah jadi.

Beberapa hal yang mesti diingat jika kamu menggunakan aplikasi konversi di ponsel adalah:

  • Ponsel kamu harus memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk aplikasinya, file MP4, dan file MP3 yang sudah jadi.
  • Meski sudah disimpan di ponsel, sebagian besar aplikasi konversi file di android atau iOS hanya bisa dijalankan jika ponsel kamu terkoneksi ke internet.

Cara Merubah MP4 ke MP3 di Laptop/PC

Pilihan ketiga untuk konversi file MP4 ke MP3 adalah menggunakan aplikasi offline di laptop atau PC. Keuntungan dari aplikasi ini adalah bisa digunakan kapan saja, sekalipun perangkat anda tidak sedang terhubung ke jaringan. Cara kerjanya juga cukup sederhana. Kamu tinggal membuka aplikasi, upload dan proses konversi file, dan kemudian download hasilnya. Sangat praktis.

Kelemahannya adalah membutuhkan ruang penyimpanan di perangkat kamu. Namun, karena laptop atau PC umumnya menggunakan memory yang jauh lebih besar daripada ponsel, ruang penyimpanan biasanya bukan masalah. Kendala lainnya dengan cara merubah MP4 ke MP3 ini adalah ketergantungan kamu dengan laptop.

Artinya, jika file MP4 berada di ponsel, maka harus dipindah dulu ke laptop, dan setelah dikonversi, file MP3 harus dipindah lagi ke ponsel baru bisa diputar di perangkat kamu. Bagi sebagian orang, proses ini cukup merepotkan.
Selain itu, aplikasi yang sudah kamu download di laptop harus di-update secara berkala. Biasanya, pengembang melakukan pembaharuan aplikasi pada periode tertentu. Jika tidak di-update, mungkin ada fitur-fitur baru yang tidak bisa kamu nikmati.

Nah, itulah beberapa cara merubah MP4 ke MP3. Seperti disinggung di atas, masing-masing memiliki kelebihan. Aplikasi online lebih praktis dalam hal penggunaan dan ruang penyimpanan, namun bergantung kepada kuota internet dan kualitas jaringan. Sementara itu, aplikasi offline di PC atau laptop jauh lebih murah, namun bergantung kepada keberadaan laptop atau PC, dan banyak yang menganggapnya merepotkan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar