Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi Dengan Sangat Mudah

Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi Dengan Sangat Mudah

Ada banyak alasan atau tujuan mengapa seseorang ingin mengetahui tentang bagaimana cara merekam layar laptop, misalnya ketika ingin menjadikan video dari hasil rekam layar laptop untuk sebuah konten Youtube dan sebagai bahan presentasi.

Merekam layar laptop sebetulnya cukup mudah, Anda bisa melakukannya dengan dua metode yakni yang menggunakan aplikasi tambahan maupun memanfaatkan fitur yang memang sudah tersedia di laptop. Namun sayangnya masih ada beberapa laptop yang tidak memiliki fitur tersebut. Nah, bagi Anda ingin mengetahui caranya inilah ulasannya.

Cara Merekam Layar Laptop

Seperti apa yang sudah ditulis di atas bahwa cara merekam layar laptop juga bisa dilakukan tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Jika laptop yang Anda gunakan memang mendukung untuk melakukannya. Terutama jika Anda sudah menggunakan Windows 10, cobalah untuk mempraktekan beberapa cara seperti berikut.

Langkah pertama ialah Anda harus mengaktifkan menu Game Bar terlebih dahulu, caranya yakni dengan menekan menu Windows atau start dan Settings. Kemudian jika Game Bar sudah aktif ikuti langkah seperti di bawah ini.

  • Tekan tombol Windows dan jangan dilepaskan hingga Anda menekan huruf G pada keyboard.
  • Selanjutnya di layar laptop akan muncul berbagai macam menu seperti Capture, Audio, dan informasi performa laptop.
  • Pilih menu Capture dan logo recording maka secara otomatis layar laptop akan terekam.
  • Untuk mengakhiri proses perekaman silahkan klik tombol kotak berwarna hijau.

Mudah bukan? Kini Anda sudah bisa merekam layar laptop dan siap untuk membuat konten video apapun. Namun permasalahannya, bagaimana jika perangkat yang digunakan tidak mendukung fitur rekam layar. Jangan khwatir, masih banyak pilihan aplikasi rekam layar laptop yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Rekomendasi Aplikasi Rekam Layar Laptop

Meskipun ada banyak pilihan aplikasi untuk merekam layar laptop namun tentu tidak semuanya rekomended, bahkan ada beberapa aplikasi yang hanya tersedia versi bayar saja. Nah, agar lebih mudah pilih saja salah satu aplikasi seperti dibawah ini.

OBS Studio

Aplikasi yang satu ini memang lebih populer digunakan oleh konten kreator untuk melakukan live streaming di channel Youtube. Namun tak jarang juga OBS Studio dimanfaatkan untuk merekam layar laptop maupun PC. Selain bisa di download secara gratis cara merekam layar laptop menggunakan OBS Studio juga sangat mudah.

Fitur yang ada di OBS Studio tergolong cukup lengkap, termasuk yang berkaitan dengan pengaturan audio agar menghasilkan suara yang jernih. Jika tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda tinggal mendownload saja di situs resminya yakni obsproject.com atau lakukan pencarian di Google dengan kata kunci “OBS Studio”.

OBS Studio atau Open Broadcaster Software ini bisa digunakan perangkat yang sudah menggunakan sisitem operasi Linux, minimal macOS 10.13, dan Windows saja. Kapasitas filenya juga tidak terlalu besar sehingga tidak memebutuhkan waktu lama untuk mendownloadnya, asalkan koneksi internet bisa berjalan dengan stabil.

CamStudio

Aplikasi untuk merekam layar laptop yang merupakan open source ini sangat cocok bagi Anda yang baru pertamakali ingin merekam layar. Fitur yang tidak terlalu rumit dengan tampilan yang sangat sederhan ialah salah satu alasan mengapa CamStudio ini lebih cocok untuk pemula.

Cara merekam layar laptop menggunakan CamStudio juga termasuk sangat mudah. Setelah Anda selesai menginstal aplikasi CamStudio langkah berikutnya ialah dengan memilih menu region, kemudian full screen, dan menekan tombol record yang berwarna merah.

Meskipun terlihat sederhana dan ringan namun secara kemanfaatan aplikasi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan jenis aplikasi perekam layar laptop yang lainnya. Dengan menggunakan CamStudio Anda bisa merekam layar laptop secara keseluruhan, atau hanya sebagian saja. Suara video yang dihasilkan dari rekaman layar laptop juga cukup jernih dan jelas.

Bandicam

Bandicam ialah salah satu aplikasi untuk merekam layar laptop yang paling banyak penggunanya. Tak lain sebab aplikasi yang satu ini bisa di download secara gratis, mudah digunakan, dan banyak fitur pendukung yang sangat menarik misalnya seperti membuat gambar saat perekaman dan memasukan suara Anda.

Diantara fitur yang paling populer digunakan ialah perekaman menggunakan webcam yang tersedia di laptop, sehingga Anda bisa dengan mudah menampilkan wajah saat sedang merem layar laptop. Maka tak heran, jika Bandicam lebih sering digunakan untuk membuat video atau konten seputar tutorial.

Sayangnya dengan segudang kelebihan dan kemudahan Bandicam hanya bisa digunakan di perangkat Windows saja. Namun untuk fitur yang lebih lengkap dan penggunaan tanpa batas, mungkin Anda bisa coba menggunakan Bandicam dengan versi berbayar.

TinyTake

Cara merekam layar laptop memang seharusnya bisa dilakaukan dengan sangat mudah dan tentunya tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. TinyTake merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang hanya membutuhkan aplikasi untuk merekam layar laptop tanpa banyak fitur tambahan, sehingga tampil dengan sangat simpel dan bisa digunakan secara gratis.

Meskipun terlihat sederhana TinyTake juga tetap menyimpan beberapa kelebihan misalnya seperti berbagi secara langsung di channel Youtube, penyimpanan di galery online, membuat screenshot dan masih banyak lagi.

Bukan hanya tersedia untuk pengguna Windows saja, TinyTake ini juga bisa digunakan untuk perangkat yang menggunakan Mac. Cara mendownload aplikasi yang satu ini pun sangat mudah. Pertama Anda harus mengunjungi situs tinytake.com, kemudian klik menu “download now”. Selanjutnya silahkan pilih menggunakan Windows atau Mac, kemudian tunggu hingga proses download selesai.

Camtasia

Jika seluruh aplikasi untuk merekam layar laptop seperti di atas tidak ada satupun yang menurut Anda layak untuk dipilih, mungkin Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi yang satu ini. Camtasia boleh dibilang sebagai aplikasi untuk merekam layar laptop dengan fitur yang paling lengkap dan banyak digunakan oleh kalangan profesional, namun tentu aplikasi ini tidak bisa Anda gunakan secara cuma-cuma.

Sebagai aplikasi perekam layar terbaik Camtasia memang memiliki banyak kelebihan jika dibandaingkan dengan aplikasi perekam layar yang lain. Dan yang paling utama ialah dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa menghilangkan noise, membuat subtitle, green screen, terintegrasi dengan Microsoft PowerPoint, dan lain sebagainya.

Bagi yang ingin menggunakan Camtasia Anda bisa membelinya di situs techsmith.com dengan harga $299.99, atau bisa juga untuk sementara waktu gunakan yang versi gratis terlebih dahulu yakni masa uji coba selama 30 hari.

Itulah cara merekam layar laptop dengan mudah dan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan dengan fungsi yang sama yakni merekam layar. Bagi Anda yang menggunakan laptop atau PC yang sudah mendukung perekaman layar destop tentu tidak perlu lagi mengintal aplikasi tambahan seperti yang direkomendasikan.

Semoga cara seperti di atas bisa membantu Anda dan beberapa aplikasi perekam laptop atau PC komputer tersebut bisa bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi Dengan Sangat Mudah flagcounter