Cara Menulis Artikel Di Blog Sesuai SEO Dan Riset Keyword

Cara menulis artikel di blog sebetulnya sangat mudah, apa lagi bagi kamu yang sudah terbiasa terjun di dunia jurnalistik. Namun coba perhatikan, tentu ada beberapa perbedaan antara menulis berita, menulis cerita pendek, dan lain sebagainya. Jenis tulisan memang sangat perlu diperhatikan, agar bahasa yang kamu gunakan sesuai target calon pembaca dan tema.

Saat tulisan ingin di publish di blog tentu tekniknya tidak sama dengan beberapa jenis tulisan di atas. Kecuali jika kamu menulis di blog ialah untuk keperluan pribadi tanpa mengharap jumlah visitor atau pengunjung dan penghasilan dari blog tersebut, maka kamu tidak perlu memperhatikan beberapa hal misalnya seperti SEO dan pemilihan keyword tertentu.

Ketika menulis artikel di blog biasanya yang paling perlu di perhatikan ialah ketepatan dalam memilih kata kunci atau keyword, bahasa yang sederhana, dan lain sebagainya. Untuk melakukan riset keyword kamu bisa menggunakan tool gratis seperti ubersuggest atau yang berbayar seperti ahrefs maupun semrush.

Cara menulis artikel di blog

Tips Menulis Artikel di Blog

Nah, berukut ialah beberapa cara yang perlu kamu ketahui ketika ingin menulis artikel di blog. Dan tips dibawah ini ialah berdasarkan pengalaman dari banyak orang yang memang sudah terbukti berhasil.

1. Menggunakan yang mudah dipahami

Menulis artikel di blog tentu berbeda dengan menulis jurnal atau karya ilmiah yang biasanya banyak menggunakan bahasa ilmiah yang sulit dipahami. Usahakan saat menulis di blog menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca, apa lagi jika yang kamu tulis ialah berkaitan dengan tutorial.

Tulisan yang sulit dipahami intisarinya justru akan ditinggalkan oleh pembaca, dan kemungkinan besar seseorang tersebut tidak ingin kembali mengunjungi blog yang kamu kelola. Maka sebaiknya gunakan tulisan yang mudah dipahami dan tidak terlalu panjang. Idealnya panjang tulisan antara 500 kata hingga 1000 kata.

2. Belajar dari tulisan di blog orang lain

Menjadi seorang penulis yang bagus tentu tidak dihasilkan dari cara yang instan, mereka membutuhkan waktu untuk terus belajar menulis dan membaca karya-karya atau tulisan orang lain. Cobalah kamu mencari di mesin pencarian Google tentang hal yang ingin kamu tulis, baca dan pelajari struktur dari tulisan tersebut. Untuk kemudian dijadikan bahan referensi atau inspirasi kamu menulis.

Selain itu kamu juga bisa memperbanyak pengetahuan dengan cara perbanyak bahan bacaan dari beberapa buku. Jika perbendaharaan tentang tema yang ingin kamu tulis dudah banyak, tentu kamu akan lebih mudah untuk menulis artikel di blog.

3. Memilih gaya bahasa yang berkarakter

Ada banyak tulisan atau artikel di Google yang pada intinya membahas tentang persolan yang sama. Maka sebab itu agar berbeda dengan yang lain kamu harus bisa menulis dengan karakteristik yang original. Menulislah dengan gaya bahasamu sendiri, namun tetap tidak mengabaikan unsur agar tulisan tersebut enak dibaca dan mudah dipahami isinya.

Tulisan yang baik tentu akan mengandung informasi yang releven, apa lagi jika tulisan tersebut terkait dengan tutorial atau cara dan resep memasak misalnya. Maka tulisan tersebut bisa dikatakan berhasil jika pembaca bisa mempraktekan apa yang kamu tulis dan memahaminya dengan mudah.

4. Mengetahui target calon pembaca

Untuk mengetahui atau memperkirakan calon pembaja blog yang kamu kelola, maka kamu harus menentukan tema atau niche dari blog itu sendiri terlebih dahulu. Jika blog berisi tentang resep makanan maka kemungkinan besar pembaca atau pengunjung blog ialah seorang wanita kisaran usia 23 tahun keatas, dan jika tentang berita politik maka kemungkinan pembacanya ialah orang dewasa.

Dengan mengetahui target calon pembaca maka nantinya kamu bisa menyesuaikan bahasa yang akan kamu tulis. Misalnya jika tulisan tentang resep makanan mungkin kamu akan lebih memperbanyak kata “bunda” sebagai kalimat sapaan.

Cara Riset Keyword Untuk Menentukan Tulisan

Selain cara menulis artikel di blog, riset kata kunci juga sangat penting untuk dipahami terlebih dahulu. Pada tulisan di atas sudah disinggung sedikit tentang pencarian kata kunci atau riset keyword. Hal ini penting dilakukan agat artikel yang kamu tulis tidak sia-sia begitu saja tanpa mendatangkan trafik.

Ada banyak tool yang bisa kamu guanakan untuk riset keyword, jika menggunakan semrush maka kamu hanya bisa menggunakan versi trial selama 7 hari dan selebihnya kamu harus menggunakan versi berbayar. Begitu juga jika kamu menggunakan tool riset keyword dari ahrefs, keduanya ialah tolls riset keyword berbayar.

Jika kamu ingin menggunakan tool riset keyword gratis maka tak ada salahnya untuk menggunakan ubersuggest saja. Pada versi gratis ini sangat direkomendasikan, sebab selain mudah digunakan tingkat ketepatan dari ubersuggest juga termasuk cukup lumayan.

Dan berikut ialah cara menggunakan ubersuggest untuk riset keyword

  • Silahkan kunjungi website https://neilpatel.com/ubersuggest/
  • Pada halaman pertama silahkan ubah terlebih dahulu negara yang akan kamu targetkan, misalnya yakni dengan memilihi negara “Indonesia”. Sebelumnya kamu juga bisa masuk atau regestrasi terlebih dahulu menggunakan gmail.

  • Kemudian dikolom pencarian silahkan ketik keyword yang akan kamu tulis, kemudian klik tombol “search” jika sudah benar maka hasil dari kata kunci yang kamu tulis akan muncul seperti contoh gambar di bawah ini.

Itulah ulasan singkat tentang cara menulis artikel di blog dan pembahasan singkat bagaimana cara riset keyword menggunakan ubersuggest. Tentunya agar tulisan bisa berada dihalaman pertama pencarian Goole tidak sekedar kualitas artikel saja yang mempengarui, namun kamu juga harus mengetahui tentang banyak hal yang berkaitan dengan SEO.

Tagged With :

One Response to “Cara Menulis Artikel Di Blog Sesuai SEO Dan Riset Keyword”

Tinggalkan sebuah Komentar