Cara Menonaktifkan Instagram Sementara dan Permanen

Cara Menonaktifkan Instagram Sementara dan Permanen

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan pengguna paling banyak dan paling populer di Indonesia. Beragam fitur dan konten yang beragam membuat penggunanya terhibur dan bisa memiliki banyak fungsi untuk dimanfaatkan oleh penggunanya dalam banyak hal. Dan di artikel kali ini akan membahas tentang cara menonaktifkan Instagram sementara dan permanen.

Kenyataannya penggunaan Instagram sebagai media sosial tidak selalu membawa keuntungan. Ribuan konten dengan bermacam-macam konteks di posting setiap harinya di Instagram. Beberapa orang terkadang merasakan jenuh saat bermain Instagram. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menonaktifkan Instagram untuk rehat sementara maupun permanen dengan menghapus akun.

Penyebab Pengguna Menonaktifkan Instagram

Tidak bisa dipungkiri, penggunaan media sosial terlalu berlebihan justru akan memberikan dampak buruk. Secara umum, penyebab pengguna menonaktifkan akun Instagram mereka baik itu sementara atau secara permanen, antara lain,

Beristirahat sejenak dari dunia sosial media

Terkadang pengguna merasakan adanya sesuatu yang mengganggu pikiran dan mental akibat terlalu sering bermain media sosial yang dipengaruhi beberapa faktor. Pengguna merasa butuh untuk mengistirahatkan diri dari kehidupan media sosial selama beberapa waktu untuk mengembalikan kesehatan pikiran dan psikis mereka.

Bosan dengan penggunaan Instagram

Ada kalanya pengguna merasa bosan dengan konten media sosial yang itu-itu saja, sehingga mereka memilih menonaktifkan Instagram mereka untuk menghilangkan kebosanan bermain media sosial

Borosnya penggunaan data internet

Media sosial Instagram merupakan media sosial yang menyajikan konten foto dan video. Secara otomatis, data yang dibutuhkan untuk memuat konten tersebut tidaklah sedikit. Hal itu yang membuat borosnya penggunaan data internet akibat bermain Instagram. Sebenarnya, untuk mengatasi hal ini, Instagram memiliki fitur untuk mengurangi kualitas konten yang dimuat. Namun, beberapa pengguna memilih untuk menonaktifkan akun mereka sekaligus.

Akun mengalami hacking atau peretasan

Saat ini banyak yang menggunakan cara ini untuk melakukan hal-hal yang merugikan, yaitu dengan meretas akun Instagram yang kemudian oleh pelaku akun mereka digunakan untuk hal-hal yang tidak semestinya, misalnya penipuan, pemalsuan identitas, atau bahkan untuk memprovokasi orang lain. Ketika akun Instagram seseorang mengalami peretasan, akan ada notifikasi perihal aktivitas mencurigakan dari akun mereka. Nah, kejadian itu terkadang membuat pemilik akun sebenarnya bertindak dengan segera menonaktifkan akun mereka untuk menghindari hal-hal buruk terjadi.

Merasa banyak konten yang tidak sesuai

Karena Instagram merupakan media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak, konten-konten yang disajikan sangat beragam. Terkadang ada konten-konten yang tidak kita inginkan muncul dan tidak mau kita melihat konten tersebut. Secara tidak sadar, hal itu dapat mengganggu kenyamanan pengguna saat bermain Instagram. Saat merasa konten yang tersaji sudah terlalu berlebihan bagi seorang pengguna, mereka memilih untuk menonaktifkan akun Instagram mereka karena tidak ingin menikmati konten buruk yang disajikan.

Penyebab-penyebab tersebut yang menjadi alasan bagi pengguna untuk menonaktifkan akun Instagram mereka baik itu sementara maupun permanen.

Cara Menonaktifkan Instagram Sementara

Karena beberapa alasan tersendiri dari masing-masing pengguna Instagram, beberapa memilih untuk menonaktifkan akun Instagram mereka untuk sementara. Bagi para pengguna yang belum mengetahui cara menonaktifkan Instagram, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1. Membuka Instagram melalui browser

Perlu Anda ketahui, untuk menonaktifkan Instagram, Anda tidak bisa langsung melakukannya lewat aplikasi Instagram yang terinstal di smartphone. Maka dari itu, Anda harus membuka Instagram melalui browser yang ada di smartphone ataupun komputer. Buka halaman instagram.com melalui browser di smartphone ataupun komputer.

2. Login akun

Setelah sampai di halaman depan Instagram yang Anda buka lewat browser tadi, langkah berikutnya Anda harus mengisi kolom informasi untuk masuk atau login ke akun.

3. Edit profil

Selanjutnya, setelah Anda masuk ke akun Instagram, arahkan ke halaman profil, kemudian carilah menu edit profil. Caranya, pilih ikon menu yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu Anda akan menemukan pilihan edit profile.

4. Temporary disablemy account

Pada halaman edit profile, scroll ke bawah sampai Anda menemukan pilihan ‘temporary disablemy account’ lalu klik opsi tersebut.

5. Pilih alasan

Setelah memilih pilihan ‘temporary disablemy account’ tersebut, Anda akan diarahkan ke halaman yang mengharuskan memilih alasan menonaktifkan akun.

Fitur ini hanya bisa Anda lakukan untuk sekali saja dalam waktu tujuh hari atau sekali dalam seminggu. Artinya saat Anda menonaktifkan akun untuk sementara, namun hari berikutnya ingin mengaktifkan kembali, dan Anda ingin menonaktifkan sementara Instagram Anda lagi, Anda tidak bisa melakukan penonaktifan selama 7 hari terhitung sejak pertama kali menonaktifkan sementara akun Instagram.

Jika sewaktu-waktu ingin mengaktifkan kembali akun Instagram, Anda hanya perlu melakukan login langsung ke halaman Instagram dengan mengisi data login dan secara otomatis akun akan aktif kembali.

Cara Menonaktifkan Instagram Secara Permanen

Uraian tadi adalah langkah-langkah menonaktifkan akun Instagram untuk sementara waktu. Selain menonaktifkan secara sementara, Instagram juga menyediakan fitur untuk menonaktifkan secara permanen.

Cara untuk menonaktifkan akun Instagram secara permanen langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke halaman instagram.com di browser melalui komputer atau laptop karena menonaktifkan Instagram tidak bisa dilakukan melalui aplikasi yang ada di handphone
  • Setelah halaman Instagram terbuka, login ke akun Instagram aktif Anda
  • Kemudian masuklah ke halaman profil lalu klik ikon tiga garis di pojok kanan atas
  • Buka menu settings kemudian arahkan menuju help centre dan Anda akan diarahkan ke halaman resmi Instagram bantuan
  • Selanjutnya, pilih menu “mengelola akun Anda”
  • Kemudian klik menu hapus akun
  • Setelah itu, di bagian opsi “Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?” ada beberapa pilihan
  • Pilihlah opsi “Halaman Menghapus Akun Anda”
  • Setelah itu klik ke opsi alasan menghapus akun Instagram
  • Pilihlah alasan Anda menghapus Instagram
  • Lalu, masukkan password akun Instagram
  • Langkah terakhir yaitu pilih pilihan ‘permanently delete my accoutn’
  • Setelah itu selesai, akun Anda akan terhapus otomatis

Setelah Anda menerapkan langkah-langkah diatas, Anda akan memiliki waktu 30 hari sebelum akun Anda terhapus datanya secara keseluruhan. Menonaktifkan Instagram secara permanen atau menghapus akun akan menghilangkan seluruh data foto, video, pesan, dan file arsip akun Instagram Anda. Jadi, tentukan sikap Anda dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk menghapus akun Instagram.

Itu dia tadi sedikit uraian tentang cara menonaktifkan Instagram sementara dan permanen.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Menonaktifkan Instagram Sementara dan Permanen flagcounter