Cara Menjadi Penulis Lepas dan Keuntungannya

Cara Menjadi Penulis Lepas dan Keuntungannya

Pekerjaan yang seringkali menjadi pilihan para freelancer adalah menjadi penulis sebab banyak yang berpikir mudah dan menjanjikan. Namun sesungguhnya tidak semua orang bisa menjadi penulis lepas apalagi jika mereka tidak mengetahui cara menjadi penulis lepas yang baik khusus untuk pemula.

Memilih pekerjaan itu harus sesuai dengan kemampuan Anda. Jika memang berbakat dalam hal tulis menulis, maka Anda harus menekuninya sehingga bisa menjadi pekerjaan tetap. Tertarik ingin manjadi penulis dan mendapatkan penghasilan? simak beberapa keuntungan menjadi penulis dan bagaimana Anda bisa memulainya di artikel ini.

Cara menjadi penulis

Keuntungan Mencari Cara Menjadi Penulis Lepas

Menjadi penulis freelance tentu tidak mudah namun jika Anda sudah berhasil menguasai teknik dan dasarnya dengan baik, maka pekerjaan ini akan memberikan penghasilan yang sepadan dan konsisten untuk Anda. Meskipun semua orang mungkin menyadari pekerjaan apa yang dilakukan oleh penulis, tak semuanya memahami arti seorang penulis.

Penulis sesungguhnya merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengolah beragam kata dan merangkainya kembali menjadi sebuah tulisan yang informatif, mendidik, menghibur dan bermakna. Sementara penulis lepas itu adalah mereka yang memiliki proyek untuk menulis dan terkait pada kontrak tertentu atau dapat pula menulis untuk pribadi maupun perusahaan.

Penulis freelance bebas untuk bekerja dengan siapapun dan Anda bisa melakukan hal yang sama selama Anda mengetahui cara menjadi penulis lepas yang baik khususnya jika masih pemula. Bila Anda berhasil, ada begitu banyak keuntungan yang diperoleh antara lain:

Dapat Anda kerjakan dimanapun dan kapanpun

Bila berbicara mengenai keuntungan, maka menjadi penulis merupakan pekerjaan yang fleksibel sebab bisa Anda kerjakan dari mana saja dan kapanpun. Anda bisa bebas mengisi konten apapun sesuai permintaan asalkan Anda tetap mengikuti tenggat waktu dan tidak terlalu lama karena bagaimanapun juga Anda terikat dengan kontrak tertentu.

Memiliki potensi untuk memperoleh pendapatan yang besar

Meskipun hanya bertindak sebagai penulis lepas, Anda tetap memperoleh peluang yang besar untuk mendapatkan banyak uang karena sekarang permintaan akan adanya konten dan artikel semakin banyak khususnya di dunia online sebagai bahan bacaan. Semakin banyak dan sering Anda menulis, semakin besar pendapatannya bahkan bisa dijadikan pekerjaan utama.

Pekerjaan sampingan yang menguntungkan

Bila Anda memiliki pekerjaan yang tetap namun ingin menulis artikel, maka Anda bisa meminta untuk menjadikan pekerjaan ini sebagai sumber pendapatan sampingan. Anda bisa mengerjakannya setelah sepulang kerja dari kantor atau di kala luang seperti akhir pekan.

Bisa memiliki pengetahuan yang luas

Seorang penulis biasanya akan diminta untuk menulis konten dengan beragam tema dan mau tidak mau seorang penulis harus mempelajari kembali tema khususnya yang masih baru bagi mereka dan belum dipahami. Mereka pasti akan banyak membaca sumber untuk tulisannya dan hal ini baik bagi penulis sebab mereka memperoleh banyak pengetahuan.

Cara Menjadi Penulis Lepas Untuk Pemula

Melihat beragam manfaat dan keuntungan di atas, sudah pasti akan lebih banyak orang yang tergerak dan berminat mencoba pekerjaan ini. Namun pastikan jika Anda tahu tentang cara menjadi penulis lepas yang baik dan inilah dasar yang harus Anda miliki antara lain:

  • Mengetahui proofreading

Bila ingin menjadi penulis yang baik, maka Anda perlu tahu apakah tulis yang telah dibuat sudah benar dan sesuai dengan tata bahasanya maupun ejaan. Anda perlu melakukan koreksi ulang sebelum mengumpulkannya kembali sehingga meminimalisir kesalahan ketik yang sering terjadi. Anda bisa menyewa seorang proofreader untuk membantu tapi akan lebih baik lagi apabila Anda bisa mengerjakannya sendiri.

  • Memahami ejaan dan tata bahasanya

Ini adalah keahlian dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menjadi penulis. Bahkan meskipun tulisan yang Anda buat sangat bagus, tentu bisa menjadi kacau apabila terdapat kesalahan dalam ejaan dan juga tata bahasanya. Anda bisa mengalami kesulitan ke depannya apabila tidak memahami ejaan tersebut.

  • Memahami riset dengan baik

Penulis itu selalu diharapkan mengetahui banyak hal dan mereka diharapkan memahami mengenai topik yang akan dibahas dan dijadikan konten dari tulisan Anda. Untuk itulah, hal ini bisa menjadi tanggung jawab yang sangat besar bagi Anda agar selalu melakukan riset kata kunci dengan baik dalam memilih referensi dan informasi yang akan Anda butuhkan untuk bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas.

  • Terus belajar dan menggali informasi lebih dalam

Terkadang, Anda tidak perlu terlalu berpikir dan cobalah untuk menulis apapun bahkan tanpa diminta sebab hal ini bisa melatih keterampilan dan kemampuan Anda dalam menulis. Apabila kemampuan Anda semakin terasah, maka Anda bisa menulis konten yang lebih baik lagi daripada sebelumnya. Anda tidak mungkin bisa berkembang tanpa terus belajar dan menggali informasi terbaru yang lebih dalam.

  • Memahami aturan penulisan SEO dengan baik

Artikel atau jurnal konten yang diterbitkan di internet biasanya memiliki kaitan yang erat dengan SEO atau Search Engine Optimization. Supaya Anda lebih memahami tentang SEO, maka sebaiknya Anda mencari pedoman penulisannya. Ketentuan penulisan SEO ini selalu diperbaharui sesuai dengan aturan algoritma Google atau search engine yang lainnya. Pastikan jika Anda membaca pedoman penulisan yang terbaru sebab ini akan memaksimalkan tulisan Anda.

  • Buatlah portofolio yang baik

Anda tidak akan bisa hanya memberikan resume saja tanpa adanya bukti. Biasanya, pihak klien yang membutuhkan jasa penulis akan meminta contoh tulisan Anda sebelum merekrut. Anda bisa menyertakannya sehingga menjadi bukti utama bahwa Anda bisa menulis dengan baik dan memiliki pengalaman setidaknya dalam hal menulis.

  • Bergabung dengan sebuah komunitas penulis

Untuk terus meningkatkan kemampuan dalam menulis dan kualitas dari tulisan Anda, akan lebih baik jika Anda bergabung dengan sebuah komunitas penulis. Selain untuk meningkatkan kemampuan, Anda juga bisa sharing dan berbagi tentang pengalaman maupun pengetahuan dengan sesama penulis lainnya. Bahkan seringkali para penulis mendapatkan proyek ketika mereka bergabung dengan komunitas ini.

  • Membuat situs pribadi

Sebagai penulis lepas, akan lebih baik jika Anda memiliki situs atau website pribadi sebab situs ini akan bermanfaat untuk menjadi media dalam menyalurkan portofolio Anda sebagai penulis. Website ini juga bisa berguna bagi Anda untuk mempromosikan diri kepada calon klien sehingga mereka bisa melihat kredibilitas Anda sebagai seorang penulis karena memiliki website sendiri dan sudah pasti terpercaya apalagi jika website yang Anda miliki adalah website berbayar. Jika pengalaman Anda tentang website masih belum banyak, cobalah pelajari terlebih dahulu bagaimana cara membuat website mulai dari awal.

Itulah ulasan singkat tentang beberapa keuntungan dan cara menjadi penulis lepas bagi pemula. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Menjadi Penulis Lepas dan Keuntungannya