Cara Menjadi Guest Post dan Kerjasama Saling Menguntungkan

Cara Menjadi Guest Post dan Kerjasama Saling Menguntungkan

Blogging tentunya bukan sebuah istilah baru di era internet seperti saat ini. Lalu, bagaimana dengan guest blogging atau guest post? Seperti namanya, guest blogging berarti aktivitas blogging di mana anda menjadi tamu. Artinya? Anda menjadi penulis tamu (guest blogger) di blog orang lain. Lalu, apa tujuannya? Bukankah anda lebih baik menulis artikel berkualitas untuk blog anda sendiri?

Tahukah anda bahwa menjadi guest blog atau guest post memberikan anda banyak keuntungan. Perlu diketahui bahwa menjadi penulis tamu akan membuat nama anda terkenal. Bagaimana tidak, hanya penulis yang kualitasnya sudah diakui dan teruji yang akan menjadi penulis tamu. Selain itu, calon-calon penulis tamu diseleksi dengan ketat oleh pemilik website atau blog di mana anda akan menyumbangkan sebuah guest post.

Cara Menjadi Guest Post

Cara Menjadi Guest Post dan Keuntungannya

Sebelum membahas cara menjadi guest post, ada baiknya dibahas dulu tentang keuntungan yang anda dapatkan sebagai seorang guest post. Selain nama yang semakin terkenal, sebenarnya para guest blogger melakukannya karena alasan lain. Untuk apa sih anda memposting artikel gratis di blog orang lain? Pasti ada alasannya. Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi guest post bagi anda:

1. Meningatkan Traffik

Website atau blog yang menerima guest post biasanya memiliki reputasi yang baik dan traffik yang tinggi. Nah, anda sebagai penulis tamu biasanya diberi kesempatan untuk memberikan informasi tentang website atau blog anda sendiri di post yang anda tulis. Biasanya, di akhir tulisan, guest blogger bisa menaruh link atau tautan menuju situs miliknya sendiri.

Jika pembaca tertarik dengan tulisan anda, maka mereka bisa diarahkan dengan mudah menuju link yang anda berikan. Artinya, situs anda sendiri juga akan mendapatkan keuntungan berupa traffik yang lebih banyak. Bagi mesin pencari sendiri, terutama Google, link yang anda tautkan di situs orang lain tadi disebut backlink.

2. Membangun Backlink Berkualitas

Link dari situs yang memiliki reputasi baik sangat membantu untuk menaikkan reputasi situs anda. Sebagai seorang blogger, anda pasti tahu bahwa tidak mudah mendapatkan backlink berkualitas. Salah satu caranya adalah dengan menulis guest post di website yang reputasinya baik. Bukankah ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan?

3. Membangun Brand Awareness

Semakin tinggi traffik ke situs anda, maka popularitasnya juga semakin tinggi. Pada akhirnya, ini akan menghasilkan brand awareness. Anda bisa membangun jejaring pemasaran dengan biaya yang lebih murah, dengan menyumbangkan tulisan anda ke sebuah blog populer. Traffik yang tinggi dan backlink yang berkualitas pada akhirnya akan membantu membangun domain authority dan brand authority.

4. Memperluas Sektor Pasar

Menjadi guest blogger di beberapa situs memberi anda lebih banyak keuntungan. Jangan dinilai dari harga tulisan yang anda sumbangkan. Namun, lihatlah dari umpan balik yang anda terima. Anda bisa bermitra dengan banyak website dan bekerja sama dengan banyak orang. Pada akhirnya, hal ini akan membantu memperluas pemasaran dan sektor pasar anda.

Selain itu, pemilik situs juga menikmati banyak keuntungan jika bekerja sama dengan banyak guest blogger. Yang paling utama adalah mendapatkan artikel berkualitas secara gratis. Semakin banyak guest blogger yang bergabung, maka interval update konten di situs juga semakin tinggi. Artinya, mereka bisa menjaga situs tetap update tanpa harus membayar mahal.

Update secara gratis sangat bagus manfaatnya bagi popularitas situs di mesin pencari. Tidak heran jika banyak pemilik situs yang membangun kemitraan dengan banyak guest blogger, karena mereka bisa meningkatkan kredibilitas dan otoritas situs tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Cara Menjadi Guest Post Yang Sukses

Nah, pertanyaan berikutnya adalah “Bagaimana cara menjadi guest post?” Hal pertama yang harus anda lakukan tentunya menemukan website atau blog yang menawarkan Peluang guest post Indonesia jika segmen klien yang anda sasar berada di dalam negeri. Siapa lagi tempat bertanya pertama anda kalau bukan Google? Di sini, anda bisa menemukan daftar situs yang menyediakan peluang kerjasama berupa guest post. Kemudian, beberapa langkah berikut mungkin bermanfaat bagi anda:

  • Pilih sesuai industri atau niche anda

Dari daftar panjang yang disediakan oleh Google, sasaran anda bukanlah situs yang berada di deretan atas saja. Namun, pastikan situs yang anda pilih berada di industri yang sesuai dengan niche situs anda. Misalnya, jika niche blog anda adalah fashion, maka jangan memilih website yang bergerak di bidang otomotif atau berita.

  • Pilih situs yang reputasinya diakui

Jika anda fokus pada satu industri, anda tentunya mendengar nama-nama situs atau website teratas di industri tersebut. Indikasi lainnya adalah situs yang konten-nya kerap dibagikan di media sosial.

  • Periksa konten situs tersebut

Tujuan anda adalah memastikan bahwa konten yang ada di dalamnya relevan dengan industri yang anda pilih. Selain itu, anda juga bisa melihat tingkat kunjungan, respon pengunjung terhadap post yang sudah ada, gaya penulisan, tipe konten, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa ada blog yang menerima guest blogger padahal traffiknya sendiri tidak begitu bagus. Dari jumlah kunjungan dan respon pengunjung, anda bisa mengidentifikasi hal ini.

  • Baca syarat dan ketentuan

Perlu diingat bahwa setiap website atau blog memiliki syarat atau cara menjadi guest post yang berbeda-beda. Demikian juga dengan deal atau penawaran yang diberikan. Pastikan anda memahami aturan dan ketentuan yang berlaku, termasuk gaya bahasa, gaya penulisan, dan jenis post yang diminta. Dengan demikian, peluang anda untuk bergabung sebagai guest post juga lebih tinggi.

  • Hubungi pemilik situs

Ada kalanya anda bisa menghubungi pemilik situs secara langsung. Biasanya, kontak tersedia di halaman Contact Us pada website. Jika di halaman ini tersedia nomor telepon yang dapat dihubungi, anda dapat mencoba melakukan komunikasi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kerjasama yang ditawarkan. Namun, ada kalanya juga komunikasi hanya bisa dilakukan menggunakan email. Apapun sarana yang disediakan, sebaiknya manfaatkan semaksimal mungkin.

  • Pastikan anda menyediakan konten yang berkualitas

Sebagai seorang guest blogger, pertaruhannya adalah nama baik anda. Jika anda menulis konten yang berkualitas, maka anda maupun pemilik situs yang menjadi mitra anda sama-sama diuntungkan. Namun, jika konten yang ditulis tidak menarik, maka pemilik situs bisa saja menghentikan kerjasama.

Peluang guest post Indonesia masih terbuka lebar. Industri internet masih berkembang, dan sejumlah situs populer pun bermunculan. Jika anda ingin menjadi guest blogger dan menyumbangkan tulisan berkualitas di situs populer, peluangnya masih terbuka lebar. Anda tidak akan kesulitan menemukan situs yang membuka peluang untuk guest post.

Yang terpenting adalah anda bisa membangun komunikasi yang baik dengan pemilik situs, menyediakan konten yang berkualitas, dan melakukan branding dengan konsisten. Kerjasama melalui guest post saling menguntungkan, asalkan dibangun dengan baik. Selamat mencoba.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Menjadi Guest Post dan Kerjasama Saling Menguntungkan