Cara Meningkatkan Traffic Website Terbukti Berhasil

Cara Meningkatkan Traffic Website Terbukti Berhasil

Nama domain yang unik, desain layout yang eye-catching, dan konten yang berkualitas belum tentu bisa meningkatkan traffic website. Padahal traffic website ini cukup penting, terlebih kalau Anda berniat mengkomersilkan situs web tersebut. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan traffic website Anda. Ulasan berikut akan mengupas mengenai cara meningkatkan traffic website secara lengkap.

Tipe Traffic Website

Terdapat dua macam traffic website yang berlaku saat ini. Pertama, traffic organik yang mengacu pada pengunjung website yang memang berasal dari mesin pencari. Kedua, traffic berbayar, yakni pengunjung website melalui iklan dari website tersebut. Namun, rupanya 51 persen dari seluruh traffic situs web diperoleh secara organik. Salah satu cara untuk meningkatkan trafik organik ini dengan memaksimalkan optimasi SEO website.

Sayangnya, memperoleh peringkat atas di mesin pencari merupakan kompetisi yang tidak mudah. Bisa saja dibutuhkan waktu selama berbulan-bulan untuk memperoleh hasil signifikan, terlebih jika niche situs Anda banyak dibicarakan.

Kalau Anda ingin hasil meningkatkan traffic website yang relatif cepat, coba gunakan traffic berbayar. Saat ini juga sudah cukup banyak iklan yang menargetkan pengunjung tertentu, misalnya berdasarkan lokasi, jenis kelamin, dan usia. Kekurangan dari cara ini ialah membutuhkan cukup banyak biaya, terlebih kalau persaingannya ketat.

Berbagai Cara Meningkatkan Traffic Website

Untuk meningkatkan trafik situs web secara organik, cara-cara di bawah ini bisa dilakukan. Akan tetapi karena menggunakan trafik organik maka harus sabar menunggu hasilnya, dan berikut tahapan yang bisa Anda lakukan.

1. Memaksimalkan optimasi SEO

Pada prinsipnya, mengoptimalkan SEO bertujuan membuat situs Anda lebih cocok untuk mesin pencari. SEO yang optimal akan membuat situs Anda bisa tampil di halaman awal mesin cari sehingga mengarahkan traffic ke website. Beberapa cara sederhana untuk mengoptimasi situs web Anda adalah:

  • Meriset kata kunci yang banyak dicari, bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk membantu Anda.
  • Menargetkan long tail keyword, yakni merupakan kata kunci dengan panjang lebih dari tiga kata, sebelum short tail keyword.
  • Menambahkan LSI keyword atau Latent Semantic Indexing, yang merupakan kumpulan kata kunci pada topik tertentu dan berhubungan secara semantik. Beberapa layanan yang bisa digunakan untuk ini, antara lain LSIGraph atau LSIKeywords.

Optimisasi situs web terbagi dalam menjadi dua kategori, yakni off-site SEO dan on-site SEO. Off-site SEO mengacu pada berbagai tindakan yang mempromosikan website, seperti link building, social bookmarking, dan membagikan ke media sosial. Sedangkan on-site SEO merupakan tindakan untuk mengoptimalkan situs web yang Anda kelola, termasuk konten di dalamnya. Jadi saat membuat konten untuk situs web, pastikan Anda fokus memaksimalkan on-site SEO dahulu dengan menambahkan komponen berikut.

  • Title tag, judul yang menarik dan mengandung kata kunci, serta maksimal 70 karakter.
  • Meta deskripsi, berupa deskripsi singkat dari situs Anda yang tampil di SERP. Meta deskripsi juga harus berisi kata kunci utama sehingga konten Anda bisa terdeteksi mesin pencari.
  • Header tag, untuk membagi konten Anda menjadi bagian-bagian tertentu menggunakan tag heading (H1 hingga H6).
  • Alt text, untuk mendeksripsikan gambar sehingga mesin pencari bisa memahami gambar.

2. Meningkatkan kecepatan dan respon website

SEO memang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan traffic website, namun itu semua bisa sia-sia jika situs Anda lambat. Hasil riset Google menunjukkan 53 persen pengguna internet di Indonesia meninggalkan situs yang butuh lebih dari 3 detik untuk loading. Jadi kalau situs Anda butuh waktu lebih dari 3 detik untuk loading, potensi ditinggalkan pengunjung jadi lebih besar. Hal ini akan mengakibatkan tingginya bounce rate yang berefek pada peringkat website di mesin pencari.

Cara paling umum yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan website adalah menggunakan Content Delivery Network (CDN). Cara kerjanya begini, ketika ada pengunjung, server terdekat akan merespons melalui konten statis. Hal ini mempersingkat waktu loading karena jarak antara server dan pengunjung menjadi lebih dekat. Salah satu penyedia CDN yang menyediakan layanannya secara gratis adalah Cloudflare.

Selain kecepatan loading, responsibilitas website di berbagai perangkat juga perlu diperhatikan. Perlu diketahui bahwa mayoritas, sekitar 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui ponsel. Jadi, kalau tujuan Anda untuk pengguna internet di Indonesia, Anda bisa memaksimalkan responsibilitas website untuk perangkat mobile.

3. Memanfaatkan email marketing

Setelah melakukan optimasi SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung, Anda perlu memastikan kunjungan secara kontinyu. Salah satu caranya dengan mengirim newsletter maupun promosi melalui email untuk tetap menjaga hubungan dengan pengunjung.

Untuk memulai iklan melalui email marketing, Anda bisa memanfaatkan layanan email marketing, misalnya MailChimp. Meski demikian, Anda tidak perlu mengirim email terlalu sering, karena itu justru bisa mengganggu dan membuat pelanggan meninggalkan Anda.

4. Mempromosikan website ke media sosial

Membagikan konten ke media sosial juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan traffic website yang efektif. Pastikan bahwa konten di situs Anda mudah dibagikan dengan menyisipkan tool social sharing. Setiap kali mengunggah konten baru, bagikan konten itu ke media sosial untuk menjangkau pengunjung baru untuk meningkatkan trafik website. Ada beberapa tips untuk mempromosikan situs web ke media sosial:

  • Menambahkan elemen visual untuk mencuri perhatian
  • Menuliskan hashtag supaya mudah ditemukan
  • Memilih situs yang paling berpengaruh untuk meningkatkan jumlah pengunjung

5. Mengedit konten lama

Pembuatan konten berkualitas memang penting untuk menjaga traffic situs web tetap tinggi. Akan tetapi, Anda juga bisa melakukan penyuntingan pada konten lama untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Setiap kali ada pembaruan konten, mesin pencari akan melakukan penilaian dan mengatur ulang peringkat website Anda. Penulisan konten baru biasanya butuh waktu waktu cukup lama, jadi Anda bisa melakukan pembaruan konten lama yang mendatangkan banyak pengunjung. Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk menyortir konten yang paling potensial.

6. Meletakkan link internal

Selain backlink, internal link juga sama pentingnya untuk mengarahkan orang-orang mengunjungi website Anda. Biasanya Google menggunakan internal dan eksternal link untuk menilai halaman, semakin banyak link akan semakin bagus.

Jadi setiap kali membuat konten, selalu letakkan link internal menuju artikel yang sesuai konten Anda. Manfaat lain dari internal link adalah untuk menjaga pengunjung mencari berbagai informasi di situs Anda.

7. Berlangganan Facebook Ads

Sampai saat ini, memasang iklan Facebook masih menjadi salah satu cara meningkatkan traffic website yang efektif. Dibandingkan dengan media sosial lain, Facebook masih menjadi media sosial dengan ROI (return of investment) iklan digital tertinggi.

Biaya rata-rata yang dibutuhkan cost-per-click (CPC) di Facebook Ads sebesar 1,72 USD. Supaya anggaran efisien, Anda perlu menetapkan sasaran ketika memasang iklan, bisa awareness, consideration, atau conversion.

Awareness berarti menjangkau pengunjung baru. Consideration berarti membuat orang berlama-lama di website Anda. Sedangkan, conversion berarti mendorong pengunjung untuk membeli produk Anda.

8. Guest Post

Ini juga meruapakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan traffic website secara organik. Dengan teknik guest post, yakni menjadi penulis di website orang lain maka Anda bisa menempatkan link keluar. Dan berita teknologi juga membuka kesempatan untuk Anda yang ingin memasarkan produk atau brand di web kami.

Anda bisa memanfaatkan cara meningkatkan traffic website di atas sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Selain biaya, tentu dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan sampai hasilnya benar-benar terlihat signifikan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Cara Meningkatkan Traffic Website Terbukti Berhasil