Cara Meningkatkan Seo WordPress

Cara Meningkatkan Seo WordPress

Cara meningkatkan seo wordpress – Dari riset yang pernah digelar, hampir semua pengguna internet menggunakan mesin pencari Google untuk mendapatkan informasi. Yang dimaksud hampir semua di sini adalah lebih dari 90% sehingga kesimpulannya, search engine yang paling popular di dunia adalah Google.

Inilah alasannya para blogger serta pengembang website untuk berbagai keperluan berkompetisi untuk membuat websitenya dapat dimuat pada mesin pencari ini. Tentu saja Anda pun demikian, bukan? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan informasinya!

Apa Itu SEO?

Bagi pemilik website, muncul pada halaman pertama mesin pencari menjadi dambaan. SEO adalah salah satu poin penting agar website Anda dapat rangking satu, tentunya ada beberapa tahapan agar merajai searchengine.

SEO adalah rangkaian panjang untuk meningkaatkan kualitas serta volume trafik sebuah situs melalui search engine menuju situs web milik Anda, mesin pencari (misalnya Google) mempunyai algoritma yang wajib dipatuhi oleh semua pemilik situs, karena SEO adalah proses rumit bagi Anda yang baru masuk di ruang lingkup ini.

Logikanya, jika website kita menempati urutaan paling atas di google maka akan memperoleh pengunjung yang sangat banyak pula.

Cara meningkatkan seo wordpress

Cara Meningkatkan SEO WordPress

Jika Anda menggunakan CMS WordPress untuk website Anda seperti sebagian besar pengembang website lainnya, simak panduannya berikut ini!

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) open source yang paling banyak digunakan sepanjang 2021, bahkan disebutkan bahwa hampir 80% website didunia menggunakan platform wordpress.

Perlu diketahui bahwa WordPress adalah sebuah platform blog yang dibuat menggunakan pemrograman PHP kemudian menggunakan database MySQL. Dengan platform ini kita bisa membuat website yang sangat indah hanya dalam waktu 2 menit saja, ini sudah termasuk untuk front end dan juga back end.

Plugin SEO Yoast

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun secara benar setiap struktur postingan Anda. Untuk itu Anda dapat menggunakan plugin gratis SEO Yoast. Alasan memilih Yoast adalah plugin ini tak hanya dapat menambahkan meta description saja tetapi menyediakan berbagai fitur untuk merapikan susunan SEO, misalnya konfigurasi meta robot, konfigurasi RSS, SML, menampilkan preview snippet, hingga robots.txt editor.

Membuat Internal dan external linking

Untuk meningkatkan ranking SEO blog Anda internal linking sangat direkomendasikan. Untuk itu Anda harus membuat link internal ke laman yang lain pada blog Anda. Selain itu upayakan konten yang tersedia cukup menarik untuk membuat para pengunjung rela menjelajahi laman-laman lain blog Anda. Kelebihan lain dari internal linking ini adalah dapat mengurangi bounce rate serta memudahkan pengunjung website untuk mengakses laman lain berdasarkan informasi yang mereka perlukan.

Lalu bagaimana jika ini adalah blog yang baru dibangun dan kontennya masih sedikit? Cobalah menggunakan external linking dengan memuat tautan kepada website atau blog lain yang menunjang paparan informasi pada konten blog Anda. Meski demikian jangan sembarangan dalam memilih external link. Selalu gunakan sumber-sumber yang kredibel sebagai informasi tambahan untuk blog Anda.

Kecepatan akses blog

Kecepatan akses website merupakan aspek penting untuk meningkatkan ranking website Anda secara signifikan. Walaupun konten website Anda bagus, tetapi jika butuh waktu terlalu lama untuk loading, pengakses akan enggan berlama-lama menjelajahi blog tersebut. Dampaknya bisa sangat buruk pada kredibilitas blog serta konversi Anda. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menghilangkan plugin-plugin yang tak bermanfaat, memilih theme yang tepat, serta melakukan optimasi database.

Broken link

Yang dimaksud broker link adalah kemunculan halaman error 404 karena laman yang diinginkan tak memadai. Untuk mendapatkan nilai yang baik, pastikan blog Anda terbebas dari masalah ini. Selain menilai konten serta keywords, saat mengindeks blog Anda Google juga akan memperhatikan broken link ini. Masalah tersebut bisa menyebabkan blog Anda sulit terdaftar pada laman utama mesin pencari.Sebagai solusinya gunakanlah Google Webmaster Tools untuk mendapatkan informasi link yang mana yang harus dibenahi.

Memasang Snippet

Mengapa harus memasang Snippet pada WordPress Anda? Alasannya adalah untuk memberikan informasi rating tambahan, termasuk gambar tentang suatu laman pada blog Anda. Snippet akan memunculkan rating saat pengguna internet mengetikkan keywords pada search engine dan situs Anda akan keluar. Gunakanlah plugin All in One Schema.org Rich Snippets dengan cara menginstalnya dahulu kemudian menyesuaikannya seperti keinginan. Dengan plugin ini blog Anda akan terlihat semakin unik.

Optimasi gambar

Selain berkonsentrasi pada konten artikel atau teks, perhatikan pula gambar yang diunggah pada blog Anda. Konten-konten dalam bentuk gambar seharusnya mempunyai resolusi yang memadai sehingga pengguna internet yang mengakses website Anda merasa lebih nyaman. Meski demikian perhatikan pula agar gambar yang dipilih tak membuat kinerja website menjadi berat sehingga menambah waktu loading.

Tipsnya adalah melakukan rezise lebih dahulu sebelum upload dan mengisi alt text serta deskripsi gambar. Plugin-plugin seperti SEO Friendly Image, Responsive image, WP Optimizer, atau WP-Smursh.it dapat membantu Anda.

Konten yang berkualitas

Algoritma Google sudah semakin selektif dalam memilih website untuk dimuat pada laman utama mesin pencari. Google lebih memprioritaskan website dengan konten yang bermutu dan relevan dengan keywords yang diketikkan pada bar mesin pencari. Konten yang berkualitas selain SEO friendly juga harus human friendly atau enak dibaca. Jadi dalam meletakkan kata kunci harus dilakukan dengan cermat agar tidak merusak keterbacaan artikel.

Keywords

Sebelum membuat suatu konten artikel pertimbangkanlah keywords yang akan digunakan. Untuk itu Anda bisa menggunakan tools seperti KeywordTool.io atau Keyword Planner. Software pencari kata kunci tersebut dapat digunakan secara gratis dan mudah. Anda hanya perlu menginput kata kunci pada artikel secara relevan. Inilah cara organik dalam meningkatkan jumlah pengunjung ke website Anda.

Backlinks

Backlinks artinya website Anda banyak direkomendasikan oleh website lain sehingga semakin popular. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas serta traffic bagi website milik Anda tersebut. Popularitas ini merupakan salah satu aspek penilaian yang memperbesar peluang dimuatnya website Anda pada laman utama mesin pencari Google. Untuk memperoleh backlink dari website yang lain pertama yang harus dipastikan adalah menyediakan konten berkualitas, informative, serta memberi banyak manfaat bagi banyak orang.

Review

Aspek yang sebaiknya ditambahkan pada website WordPress Anda adalah review iklan. Ulasan-ulasan positif tentang website Anda akan menciptakan image yang baik sehingga meningkatkan kepercayaan di mata pelanggan. Dengan begitu produk atau jasa yang Anda tawarkan pun lebih besar kesempatannya untuk diterima. Walaupun review yang positif itu baik tetapi jangan sampai terlihat tidak alami.

Hindari duplikasi

Yang dimaksud duplikat di sini artinya adalah terdapat lebih dari sebuah halaman website atau blog dengan meta deskripsi serta title yang persis sama. Pada kasus demikian ini Google akan mengalami kesulitan memilih laman untuk diindeks. Karena itu jangan sampai melakukan copy paste dari website mana pun.

Menggunakan Google Webmaster Tools dan Google Analytics

Google Analytics merupakan gudang data traffic yang masuk ke blog milik Anda. Data tersebut berguna untuk melakukan analisa terhadap performa website Anda secara detil. Sebelum menggunakannya Anda perlu memasang kodenya pada blog untuk mengetahui jumlah traffic, asal, sampai laman yang paling banyak diakses oleh pengunjung blog Anda.

Google Webmaster Tools juga bisa membantu berbagai aspek dalam menangani website yang berhubungan dengan SEO Google. Ini misalnya untuk memeriksa jumlah backlink, jumlah pengguna internet yang mencari blog Anda pada mesin pencari, serta melakukan pemeriksaan website saat broken link terjadi.

Dua perangkat ini dapat membantu Anda mengoptimasi SEO Anda secara optimal. Untuk mengetahui aspek-aspek mana saja yang perlu dibenahi, pertama Anda harus mendapatkan informasi dari Google Analytics tentang pedoman kualitas performa website. Hal ini mencakup apakah jumlah orang yang mengakses website Anda sudah cukup memuaskan, apakah asal kunjungan sesuai dengan yang ditargetkan, dan seterusnya.

Setelah memperoleh informasi yang diperlukan akan lebih mudah menyusun strategi untuk meningkatkan kualitas website. Google Webmaster Tools akan memberi rekomendasi cara melakukan optimasi WordPress Anda.

Itulah ulasan tentang cara meningkatkan seo wordpress. Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Meningkatkan Seo WordPress