Cara Meningkatkan Keuntungan dari Investasi Properti

Saat ini sudah mulai banyak masyarakat yang mencoba berbagai macam bentuk investasi sebagai simpanan di masa depan yang menguntungkan. Namun jika ditanya bentuk investasi apa yang sangat stabil dan tidak terpengaruh dengan adanya dampak perekonomian yang naik turun seperti inflasi, maka jawabannya adalah investasi properti. Karena itulah, cukup wajar jika sekarang banyak sekali investor yang memilih usaha di bidang properti ini untuk masa depan.

investasi properti

Peluang Investasi Properti Masa Kini

Dapat dikatakan bahwa investasi properti ini merupakan cara untuk dapat menyelamatkan dan menyimpan harta yang mereka miliki dari adanya gerusan inflasi yang terjadi di perekonomian. Banyak yang mengatakan jika berinvestasi di bidang properti ini akan membuat Anda memperoleh begitu banyak uang tanpa perlu kesulitan sama sekali bahkan investasi ini akan selalu meningkat dan berkembang dengan pesat khususnya saat ini. Meski demikian, bisnis yang satu ini tidak mudah.

Mungkin Anda melihat bahwa investasi di bidang properti ini memberikan Anda keuntungan di masa depan yang besar namun hasil dari investasi yang Anda lakukan ini begitu tergantung dengan adanya strategi yang digunakan. Semua perencanaan sejak awal harus matang mulai dari pemilihan lokasi, perawatan bangunan dan sebagainya. Anda pun juga harus berani untuk memulai bisnis ini karena jika Anda tidak punya keberanian dalam membeli properti untuk investasi, maka jangan memulai.

Investasi ini membutuhkan modal yang tidak sedikit dan cenderung sangat besar walaupun di masa depan nanti, uang yang Anda tanam ini juga akan meningkat terus. Karena itulah Anda membutuhkan keberanian lebih dulu dan setidaknya punya bahan pertimbangan yang harus diterapkan karena Anda tidak bisa langsung membeli properti yang Anda suka tanpa tahu resiko maupun juga hal penting lain yang harus dilakukan. Investasi ini beda dengan investasi emas dimana Anda bisa jual beli dengan mudah.

Bahan Pertimbangan Ketika Hendak Melakukan Investasi Properti

Investasi properti merupakan langkah yang paling pas untuk bisa membuat pundi-pundi Anda bertambah di masa depan. Penghasilannya pasif namun nyata. Modalnya besar namun bisa berkembang di masa depan. Jika Anda ingin mencari rumah yang ingin Anda sewakan, kontrakan atau bahkan Anda jual kembali pada seseorang, maka Anda membutuhkan banyak pertimbangan atau kriteria yang penting sebelum membeli properti untuk memulai investasi antara lain:

  • Berapa pajak dari properti itu yang perlu Anda bayarkan

Anda harus tahu bahwa pajak satu wilayah properti dengan yang lainnya sangat berbeda sehingga penting bagi Anda untuk tahu nilai pajak yang perlu dibayar supaya pendapatan dari investasi yang Anda lakukan untuk masa depan nanti bisa menutupi pengeluaran yang Anda gunakan untuk membayar pajaknya setiap tahun. Jika lokasi dari properti yang Anda pilih ini strategis, maka Anda tidak perlu harus memikirkan tentang pajak yang mungkin tinggi karena ada begitu banyak target konsumen yang potensial sehingga tidak akan rugi jika Anda berinvestasi di bangunan itu.

  • Bagaimana tingkat potensi kejahatan yang terjadi disana?

Tidak ada yang mau membeli rumah atau bahkan tinggal di wilayah yang begitu rawan dengan kejahatan dan tindakan kriminal. Properti yang Anda punya sama sekali tidak akan pernah diminati bahkan oleh mereka yang ingin menyewa saja dan bukan membeli apabila hunian yang diincar itu rupanya sangat sering terjadi kejahatan. Cara yang paling baik untuk tahu seberapa tinggi tingkat kejahatan yang bisa terjadi di dalam suatu daerah adalah dengan mencoba melihat data statistik yang bisa Anda temukan di internet atau perpustakaan umum dan cari tahu tingkat vandalisme yang terjadi mulai dari kejahatan kecil, vandalisme, serius dan lainnya.

  • Apa saja fasilitas yang terdapat di sekitar properti tersebut?

Bukan hanya bangunan maupun properti itu sendiri yang membutuhkan perhatian Anda melainkan fasilitas penunjang di sekitarnya pun juga perlu diperhatikan karena ini bisa meningkatkan nilai jual properti yang Anda investasi untuk masa depan. Logikanya adalah masyarakat itu tidak hanya butuh yang namanya rumah atau hunian melainkan butuh berbagai macam sarana dan prasarana atau fasilitas yang ada di sekitarnya. Sebuah lokasi properti itu dapat dinilai strategis bila dekat dengan pusat perbelanjaan seperti mall, sarana olahraga, kantor, sekolah, transportasi umum dan sebagainya.

  • Apakah properti rawan terkena bencana alam?

Bila properti yang Anda miliki itu rawan sekali terkena bencana alam entah itu banjir maupun tanah longsor, maka nilai propertinya akan berpengaruh. Bila dipikir secara logika, siapa yang mau tinggal di rumah yang sering terkena banjir ketika musim hujan. Lokasi yang dekat atau rawan bencana justru akan merugikan Anda karena disini Anda juga harus sering mengeluarkan lagi biaya tambahan untuk asuransi maupun perbaikan.

Strategi Mengembangkan Bisnis Investasi Properti yang Menguntungkan di Masa Depan
Meskipun investasi properti itu menguntungkan, tanpa adanya strategi yang jitu, maka Anda tidak akan bisa meningkatkan keuntungan maksimal di masa depan nanti. Karena itulah Anda bisa mencoba untuk mengikuti beberapa tips yang bisa membuat masa depan investasi Anda di bidang properti ini menjadi cerah antara lain:

  • Lebih cermat terhadap harga dari properti

Menjalani usaha properti ini tujuannya adalah keuntungan sehingga harga yang akan Anda tawarkan pun juga tidak boleh berlebihan dan masuk akal dimana kualitas dan bentuk bangunan yang baik bahkan ada fasilitas yang mumpuni pasti harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan bangunan yang masih terlihat biasa dengan fasilitas yang juga ala kadarnya. Harga itu sangat sensitif bagi konsumen sehingga Anda perlu update harga yang ada di pasaran. Pastikan pula jika harganya seimbang dengan properti serupa yang ada di wilayah itu meskipun harga properti itu akan selalu naik dengan cepat. Tak berarti jika Anda akan meningkatkan harganya dengan sembarangan.

  • Menemukan developer yang tepat

Jangan memikirkan tentang keuntungan lebih dulu melainkan fokus untuk menemukan dan mencari developer yang profesional dan baik. Anda dapat mengecek track record yang dimiliki. Guna menemukan developer yang baik, maka terdapat beberapa poin penting yang harus diperhitungkan yaitu pengembang perlu memiliki SDM yang profesional dan berkualitas tinggi dengan pengalaman di berbagai proyek berbeda dan margin errornya rendah atau jarang sekali melakukan kesalahan. Anda harus menyadari jika semakin tinggi peluang dari usaha properti yang Anda jalankan, maka akan ada banyak sekali pengembang baru yang bermunculan dan datang. Bukan hanya itu saja, kawasan properti yang terpadu dan baru seringkali dilakukan oleh perusahaan developer properti yang berpengalaman dan besar. Karena itulah, daripada harus melakukan spekulasi dengan para developer yang baru, lebih baik jika Anda pilih yang sudah memiliki reputasi baik dan pengalaman di bidang properti ini.

Terlepas dari keuntungan apa yang bisa Anda peroleh di masa depan dengan melakukan bisnis properti, Anda harus berjuang dengan keras untuk membuat dana yang Anda tanamkan dalam investasi properti ini memiliki nilai yang tinggi dan menguntungkan tanpa salah memilih dan mempertimbangkan poin penting terkait dengan pemilihan propertinya.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar