Cara Menghubungkan Domain ke VPS Hosting

Cara Menghubungkan Domain ke VPS Hosting

Bagi Anda yang dalam keseharian mengandalkan internet untuk kebutuhan mencari data dan informasi, tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya website. Situs atau website sendiri sebenarnya cukup beragam, misalnya website blogging, kuliner, company profile, dan sebagainya. Bagi Anda yang berniat untuk membangun website, tak ada salahnya sejak awal mempelajari Menghubungkan Domain ke VPS Hosting Lengkap.

Cara Menghubungkan Domain ke VPS Hosting

Alasan harus mempunyai domain

Domain untuk sebuah website dapat diibaratkan sebagai identitas yang menjelaskan secara ringkas isi dari website tersebut. Domain akan memudahkan suatu website untuk diakses pengguna internet. Bagi Anda yang berkecimpung dalam bidang bisnis, keberadaan domain penting untuk membuat bisnis Anda go online sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Ini bahkan termasuk konsumen yang berdomisili di luar propinsi serta mancanegara.

Selain pebisnis, influencer serta blogger juga seharusnya mempunyai domain yang unik, gampang diingat, dan membangkitkan rasa penasaran. Ketiga poin tersebut akan menarik minat orang untuk mengunjungi laman website Anda serta membaca konten-konten yang Anda unggah. Jika Anda masih merasa ragu, berikut ini adalah pentingnya mempunyai sebuah domain secara detail untuk Anda.

  • Demi keamanan suatu brand atau merk

Untuk Anda yang mengelola sebuah bisnis, domain dibutuhkan untuk menjaga keamanan brand atau merk milik Anda. Semua pebisnis tentu menghendaki brand atau merknya popular dan dikenal banyak orang. Beberapa pebisnis sudah mewujudkan hal ini, namun mereka melupakan untuk menggunakannya sebagai domain. Akibatnya orang lain bisa memanfaatkannya dengan mendompleng ketenaran dari brand terkait.

Yang paling buruk adalah saat orang-orang tak bertanggungjawab ini menjual website tersebut karena tanpa domain. Untuk mencegah hal ini Anda sebaiknya menggunakan domain. Bagi pebisnis pemula dengan omset yang masih terbilang minim, Anda bisa memilih membeli domain yang harganya terjangkau. Jangan khawatir soal harga, sebab Anda bisa mendapatkan domain murah dengan kualitas yang cukup baik.

  • Branding

Domain juga dapat menjadi sarana branding yang sangat wajib dilakukan dalam bisnis dunia maya. Ini terutama untuk Anda yang berniat mengoptimalkan pemasaran online dengan sarana website. Bila diamati para pebisnis masa kini sanggup meraih kesuksesan karena berhasil membangun image atau citra diri yang baik di dunia maya. Mereka sukses menggambarkan dirinya sebagai pribadi yang baik, menginspirasi, professional, dan terpercaya.

Jika Anda sudah dapat mengambil hati pengguna internet, apa pun produk atau jasa yang Anda tawarkan pasti tanpa ragu akan diterima. Jadi selain melakukan branding pada perusahaan atau bisnis Anda, jangan lewatkan untuk melakukan personal branding. Seiring dengan meningkatnya kepercayaan orang kepada Anda, bisnis Anda pun akan turut terkerek naik.

Dunia maya adalah platform paling tepat untuk upaya tersebut, mengingat saat ini kita berada di zaman modern, era internet serta computer. Lakukan optimalisasi brand Anda dengan dukungan domain yang menarik demi upaya personal branding. Dengan menggunakan domain pribadi, brand yang Anda kembangkan akan semakin gampang ditemukan serta semakin dinilai professional.

Itulah salah satu alasan mengapa bisnis harus memiliki website dan domain. Tak hanya pebisnis, influencer dan blogger juga perlu untuk melakukan personal branding. Domain pada website Anda akan membantu menjaga reputasi positif Anda di dunia maya atau online.

  • Meningkatkan kepercayaan

Hal ini sebenarnya bagian dari upaya branding, baik personal branding atau produk. Sebagaimana yang pernah dimuat di Forbes, keberadaan website adalah cara paling ampuh untuk membuat orang mempercayai bisnis Anda. Untuk membuat bisnis Anda terlihat kredibel, memilih domain yang tepat adalah salah satu strategi yang harus dicoba. Inilah sebabnya para blogger dan influencer terkemuka kebanyakan juga mempunyai domain sendiri, agar namanya semakin dipercaya sebagai rekanan oleh berbagai pihak.

Kerjasama bisnis demikian ini mungkin lebih popular disebut endorsement. Jika upaya personal branding Anda dengan domain berhasil, tak hanya di dunia maya Anda dikenal, tetapi juga secara offline.

  • Menambah peluang

Keuntungan mempromosikan brand Anda di dunia maya adalah dapat menjangkau semakin banyak orang selama yang bersangkutan sanggup menyediakan sambungan internet. Secara tidak langsung hal ini akan membuat berbagai peluang berdatangan, yang pastinya menguntungkan Anda. Bagi pengusaha, peluang yang dimaksud mungkin saja peningkatan omset, menarik minat investor, atau calon rekanan.

Sementara bagi influencer atau blogger, peluang mereka untuk dikenal, misalnya oleh pemilik bisnis semakin luas. Dampak positifnya semakin banyak orang tertarik untuk menjadikan yang bersangkutan sebagai brand ambassador yang berperan memperkenalkan serta mempopulerkan suatu merk.

Nah, setelah mengetahui pentingnya domain bagi Anda, sekarang waktunya mempelajari cara Menghubungkan Domain ke VPS Hosting Lengkap. Berikut langkah-langkahnya!

Panduan menghubungkan domain ke VPS Hosting

Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit, termasuk bagi pemula seperti Anda. Yang harus disiapkan tentu saja adalah domain yang sudah aktif serta mempunyai IP VPS. Jika belum memiliki itu artinya Anda harus terlebih dahulu membeli VPS terbaik, ada banyak perusahaan penyedia VPS Hosting seperti Niagahoster, Domainesia, Jagoan Hosting, dan lain-lain. Namun jika sudah ada, silahkan ikutilah langkah-langkah berikut ini!

1. Login Client Area

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan login pada client areia IDwebhost. Sebelumnya Anda harus telah terdaftar, tetapi jika belum perlu dilakukan registrasi dahulu. Bila memang Anda telah mempunyai akun, yang perlu dilakukan adalah menginput username serta password (kata sandi).

2. Memilih domain yang Anda kehendaki

Pilihlah domain yang Anda kehendaki untuk dihubungkan pada VPS Hosting. Ini jika Anda mempunyai lebih dari sebuah domain. Klik pada bagian nama domain dimaksud.

3. Mengarahkan nama server

Langkah ketiga adalah mengarahkan nameserver kepada default. Caranya adalah:

  • Klik pada pilihan Use Default Nameserver.
  • Apabila setelah diklik tak ada perubahan pada nameserver, artinya domain pilihan Anda tersebut sudah menggunakan nameserver default. Pada kondisi tersebut Anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Jadi tidak perlu mengotak-atik lagi.

4. Mengakses menu DNS Zone Manager

DNS Manager di sini berfungsi untuk mengelola domain, kemana hendak diarahkan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih atau klik pada menu Addsons, berikutnya klik Manage di opsi DNS Zone Manager. Pada menu DNS Zone Manager tersebut akan muncul pengaturan untuk CNAME Record serta A Record.

5. Mengkoneksikan domain dengan VPS Hosting

Pada langkah ini Anda dapat mengkoneksikan domain kepada VPS Hosting secara langasung. System akan berjalan setelah Anda mengarahkan A Record kepada IP Adress VPS. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah dengan klik pada Add New Record pada pada bagian Value tambahkan IP Adress. Tutup proses tersebut dengan klik Save Changes.

Setelah tuntas, agar website dapat dibuka dengan www, arahkan CNAME record. Anda tinggal menginput www pada bagian Host Name. tuliskan nama domain Anda pada bagian Value. Jika sudah terinput semuanya dengan lengkap, klik Save Changes.

6. Domain berhasil dikoneksikan dengan VPS

Sekarang Anda tinggal menunggu proses sampai masa propagansi tuntas. Jika seluruh langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, domain Anda akan terhubung kepada VPS Hosting. Bila Anda mempunyai banyak domain, Anda sebenarnya juga dapat mengarahkan seluruhnya pada VPS sesuai keinginan.

Nah, semoga informasi tentang Menghubungkan Domain ke VPS Hosting ini bermanfaat! Selamat mencoba!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Menghubungkan Domain ke VPS Hosting