Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Terganggu dengan pop up iklan yang tiba-tiba muncul di layar HP Android? Nah, Anda bisa menghilangkannya dengan cara yang aman. Cara menghilangkan pop up iklan di Android berikut bisa dicoba berdasarkan penyebab munculnya iklan.

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android

Munculnya Pop Up Iklan di HP Android

Pada dasarnya, iklan di HP Android akan muncul jika Anda menggunakan aplikasi gratis sebagai sumber penghasilan pengembang aplikasi. Hanya saja jika tiba-tiba pop up iklan muncul, Anda perlu mewaspadai adanya Adware pada HP Android. Adanya Adware pada Android biasanya disebabkan oleh hal sebagai berikut.

  1. Membuka aplikasi gratis tanpa iklan.
  2. Kondisi layar Android pada home screen.
  3. Android dalam kondisi sleep.
  4. Membuka galeri HP.
  5. Muncul peringatan pop up.
  6. HP panas dan lebih lemot.
  7. Kuota internet boros tanpa sebab.
  8. Aplikasi sering menutup sendiri.
  9. Terpasang aplikasi otomatis tanpa diketahui.
  10. Baterai lebih boros.

Adanya tanda-tanda Adware di HP Android, tentunya harus segera diatasi. Adware yang ada inilah yang memungkinkan pemiliknya akan mendapatkan banyak keuntungan. Bahkan bahaya Adware bisa sampai meretas data yang ada di Android. Tentunya hal ini tidak ingin Anda alami bukan?

Cara Mengatasi Pop Up Iklan di Android

Untuk bisa menghilangkan Adware pada Android, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara berikut ini cukup ampuh dan bisa dipilih sesuai dengan kemudahan akses Anda.

Sebelum mengetahui cara mengatasi Adware pada HP Android, Anda terlebih dahulu harus mengetahui perbedaan Adware pada aplikasi Android dengan aplikasi bandel yang sering memunculkan iklan.

Jika Adware biasanya terjadi karena pernah membuka link tidak jelas ataupun mengunduh apk mod yang belum tentu keamanannya. Sedangkan iklan karena aplikasi bandel bisanya muncul meski Anda tidak sedang membuka aplikasi tersebut.

Cara menghilangkan pop up iklan di Android yang disebabkan aplikasi bandel yang muncul di background service dasarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mencari aplikasi yang dicurigai menyebabkan munculnya iklan. Untuk langkah yang dilakukan seperti berikut ini.

  1. Buka Play Store.
  2. Pilih menu ‘Aplikasi & Game Saya’.
  3. Pilih menu ‘Koleksi’ dan atur aplikasi terbaru yang diunduh dengan mengurutkannya menurut ‘Terbaru’.
  4. Pilih aplikasi yang dicurigai dan ‘force close’.
  5. Uninstall aplikasi.

Opsi force close ini perlu Anda lakukan. Hal ini untuk mencegah munculnya iklan di Android, meskipun aplikasi yang dicurigai sudah terhapus.

Cara Mengatasi Pop Up Iklan Karena Adware

Jika masih terdapat iklan pada Android dan Anda curiga karena adanya Adware, cara di bawah ini bisa dipilih agar iklan tidak muncul lagi di Android. Meskipun banyak cara aman yang bisa Anda lakukan, ada baiknya Anda tidak mencoba-coba mengklik link sembarangan ataupun mengunduh aplikasi yang belum diketahui keamanannya.

1. Scanning dengan Dr. Web Security Space

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi Dr. Web Security Space. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Play Store dan mampu membersihkan pop up iklan tanpa sisa.
Setelah terpasang pada Android, Anda bisa memindai secara menyeluruh seluruh malware pada HP. Jika ada malware yang terdeteksi, kemungkinan hal tersebut adalah Adware memunculkan pop up iklan dengan tiba-tiba.

2. Mengaktifkan Google Play Protect

Play Protect merupakan fitur dari Google yang berfungsi untuk memindai aplikasi yang diunduh atau diperbarui sebelum dipasang ke Android. Cara ini cukup ampuh untuk mencegah adanya malware yang masuk ke dalamU HP.
Cara menghilangkan pop up iklan di Android ini memiliki cara kerja mirip dengan antivirus. Anda hanya perlu mengaktifkan Play Protect saja. Caranya, buka Google Play Store dan pilih menu ‘Play Protect’. Untuk mengaktifkan, geser hingga tombol berubah hijau opsi ‘Scan device for security threats’ dan ‘Improve harmful app detection’.

3. Menonaktifkan Notifikasi Google Chrome

Jika Anda sering menjumpai pop up iklan saat browsing, menonaktifkan notifikasi Google Chrome menjadi pilihan yang tepat. Caranya adalah dengan membuka Chrome, kemudian pilih menu ‘Pengaturan’ dan klik ‘Notifikasi’. Untuk menonaktifkan, Anda hanya perlu menggeser tombol opsi hingga tidak menyala hijau.

4. Menghapus Aplikasi yang Dicurigai Memunculkan Adware

Jika Anda mencurigai adanya aplikasi yang memunculkan iklan secara tiba-tiba, ada baiknya untuk segera menghapus aplikasi tersebut. Cara menghapus aplikasi yang dicurigai memunculkan iklan ini sama caranya dengan menghapus aplikasi bandel pada Android.

5. Melakukan Factory Reset

Jika cara-cara di atas tidak mampu mengatasi permasalahan iklan muncul tiba-tiba di Android, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan factory reset. Hanya saja, jika Anda melakukan cara ini berarti HP Anda akan kembali ke pengaturan semula atau seperti dalam kondisi baru.

Hal ini tentunya akan membuat Anda kehilangan data atau aplikasi yang tersimpan di HP. Jadi, ada baiknya sebelum melakukan factory reset, Anda melakukan back up data terlebih dahulu.

Untuk melakukan factory reset, Anda cukup masuk ke ‘Pengaturan’ dan klik ‘Backup & Reset’. Kemudian, pilih ‘Factory data reset’ untuk mengikuti langkah selanjutnya. Dalam proses ini, HP akan melakukan rebot untuk diatur ulang dan kembali seperti semula.

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Chrome

Terkadang, iklan juga akan muncul saat Anda browsing di Google Chrome. Cara menghilangkan pop up iklan di Android ini bisa dilakukan dengan memblokir pop up iklan. Berikut langkah-langkah menghilangkan pop up iklan di Chrome.

  1. Buka aplikasi Google Chrome.
  2. Klik tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Klik menu ‘Pengaturan’.
  4. Cari opsi ‘Pop-ups and Redirects’.
  5. Nonaktifkan tombol opsi hingga berwarna abu-abu.

Jika ingin memblokir iklan tertentu, Anda bisa memilih opsi ‘Ads’ yang ada di bawah opasi ‘Pop-ups and Redirects’. Nonaktifkan tombol opsi dan otomatis Anda sudah memblokir iklan di situs tersebut.

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda masih kesulitan menghapus pop up iklan pada Android, menggunakan aplikasi pihak ketiga bisa dicoba. Aplikasi tambahan yang bisa digunakan adalah Adguard Content Blocker.

Aplikasi ini bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Play Store. Hanya saja, aplikasi ini terbatas untuk menghilangkan iklan di browser saja. Untuk menghilangkan iklan pada aplikasi, ada versi berbayarnya jika ingin menggunakannya.

Cara Menghilangkan Iklan dan Malware di Android

Jika iklan ada muncul disebabkan oleh malware, Anda bisa menghilangkannya dengan masuk melalui safe mode. Untuk masuk ke safe mode, Anda bisa menekan tombol power dan menahan opsi power off untuk melakukan restart HP dan masuk ke safe mode. Kemudian, uninstall satu per satu aplikasi yang mencurigakan.

Cara menghilangkan pop up iklan di Android harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Ada baiknya, Anda melakukan back up data terlebih dahulu sebelum mencoba cara di atas.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android