Cara Menghilangkan Iklan di HP Mudah dan Gratis

Cara menghilangkan iklan di HP sangat mudah, asalkan Anda tahu teknik untuk melakukannya. Bahkan, iklan yang muncul di smartphone bisa dihilangkan dengan cepat tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun alias free.

Ada banyak cara menghilangkan iklan di ponsel yang bisa digunakan oleh pengguna HP secara gratis. Ada teknik penghapusan secara manual, ada juga penghapusan iklan dengan menggunakan aplikasi tertentu yang bisa diunduh di Play Store.

cara menghilangkan iklan di HP

Cara Menghilangkan Iklan di HP

Pada dasarnya, ada tiga jenis cara menghapus iklan di smartphone Android yaitu menghapus menggunakan Google Chrome, melakukan pengaturan keamanan sistem dan yang terakhir menghapus menggunakan software pihak ketiga khusus deleting ads.

Ketiga teknik ini bisa digunakan tanpa membayar dengan akurasi kesuksesan mencapai 80%. Bahkan, jika semua cara diterapkan dengan benar hasilnya bisa 100% yang artinya iklan benar-benar hilang dari perangkat.

Untuk lebih lengkapnya terkait ketiga cara di atas, berikut dijelaskan tentang cara menghapus iklan dengan menggunakan teknik-teknik tersebut. Silakan diterapkan jika dirasa iklan sudah mengganggu tampilan ponsel pintar Anda. Ini cara yang dimaksud:

1. Menghilangkan Iklan dengan Google Chrome

Google Chrome adalah browser terkenal selain Mozilla Firefox dan Bing. Aplikasi internet ini tidak hanya berfungsi sebagai media searching tetapi juga bisa di-setting untuk menghilangkan iklan yang muncul di ponsel. Untuk teknisnya silakan ikuti tutorial berikut:

  • Buka Aplikasi Google Chrome

Teknis yang pertama adalah silakan buka aplikasi Google Chrome dari android. Biasanya, software ini sudah tersedia pasca pengguna membeli HP baru karena Google Chrome tergolong aplikasi bawaan pabrik.

Jika Google Chrome masih belum tersedia, tentu aplikasi harus diunduh terlebih dahulu dengan cara mengetik Google Chrome di kotak pencarian Play Store setelah itu klik ikon aplikasi lalu tekan download. Selanjutnya pengguna tinggal menunggu instalasi selesai.

  • Melakukan Pengaturan Sistem

Cara menghilangkan iklan di HP dengan Google Chrome kedua adalah melakukan pengaturan sistem dengan mencari fitur ‘Setting’ yang ditandai ikon roda bergigi atau titik tiga horizontal. Tampilan akan muncul, jika Google Chrome diaktifkan dan posisi ikon di kanan.

Jika tool Setting sudah muncul silakan klik saja gambar ikonnya sampai muncul jendela baru. Di sana nantinya pengguna akan melakukan proses pengaturan sistem agar perangkat bisa menghilangkan iklan secara otomatis.

  • Melakukan Blokir Iklan Pop Up

Teknis yang ketiga merupakan teknis yang terakhir dari cara menghilangkan iklan di hp baru menggunakan Google Chrome yaitu melakukan pemblokiran terhadap iklan pop up. Caranya, silakan cari opsi ‘Site Settings’, lalu tap saja sampai muncul beragam pilihan fitur.

Fitur yang muncul bertujuan mengatur lalu lintas iklan di Android. Karena pengguna ingin menghilangkannya silakan centang ‘Pop Ups and Redirects’. Jangan lupa untuk menggeser toggle, agar tidak aktif yang ditandai dengan perubahan warna dari hijau menjadi abu-abu.

Jika teknis sudah dilakukan dengan benar, maka coba restart smartphone. Lalu, hidupkan kembali beberapa saat kemudian. Setelah itu, mulai lakukan searching internet, biasanya iklan tidak akan datang lagi sehingga pengguna bisa menggunakan ponsel dengan nyaman.

2. Menghilangkan Iklan dengan Mengatur Security System

Terkadang iklan masuk ke perangkat akibat pengguna tidak selektif dalam memilih aplikasi atau perangkat lunak yang akan diunduh. Padahal, banyak situs downloader software yang sejatinya hanya untuk memasukkan iklan tidak bermanfaat bahkan berbahaya.

Namun jangan khawatir, berikut ada cara menghilangkan atau memblokir iklan hanya dengan melakukan pengaturan terhadap security system di HP saja. Berikut caranya.

  • Buka HP Android

Cara menghilangkan iklan di HP dengan mengatur security system yang pertama adalah pengguna harus membuka HP terlebih dahulu. Namun, jangan mengakses aplikasi pihak ketiga karena cara yang digunakan ada di tool Pengaturan bawaan bukan di software lain.

Pengguna cukup mencari ikon roda bergigi atau titik tiga horizontal saja yang di bagian bawahnya terdapat tulisan Setting atau Pengaturan. Di tool inilah terdapat berbagai jenis pengaturan sistem yang salah satunya sistem security atau keamanan ponsel.

  • Mulai Melakukan Pengaturan Keamanan Sistem

Langkah menghilangkan iklan di ponsel berikutnya adalah melakukan pengaturan keamanan sistem dengan menekan ikon Settings. Nantinya akan muncul pilihan tool yang harus dibaca terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

Dari semua fitur yang muncul silakan cari tool Security atau fitur keamanan perangkat lalu klik atau tap di sana. Nati akan muncul jendela baru yang berisi berbagai notifikasi tentang keamanan perangkat Android.

Cermati notifikasi sebelum melakukan disable ataupun enable karena risikonya pengaturan keamanan Android berubah dan sulit dikembalikan ulang. Jika pun khawatir dengan data, Anda bisa melakukan back up terlebih dahulu dengan menyimpan isi memori di perangkat lain.

  • Lakukan Blokir Instalasi Aplikasi dari Situs Asing

Langkah terakhir dalam tahapan security system untuk menghilangkan iklan adalah mulai melakukan pemblokiran instalasi aplikasi dari situs asing atau aneh. Caranya dengan mencentang notifikasi “Jangan izinkan penginstallan aplikasi dari sumber yang tak jelas”.

Jika sudah sampai di tahap ini biasanya iklan akan hilang dari ponsel terutama yang dibawa oleh aplikasi milik situs downloader tidak resmi. Untuk mengeceknya silakan kembali ke jendela awal android lalu lihat notifikasi apakah masih ada iklan atau tidak.

3. Menghilangkan Iklan di HP dengan Software

Cara menghilangkan iklan di HP bisa dengan menggunakan software atau perangkat lunak pihak ketiga. Umumnya kategori app adalah deleting ads yang memang bekerja secara khusus untuk membersihkan android dari iklan.
Salah satu aplikasi yang bagus untuk menghilangkan iklan adalah AdBlock Browser yang bisa pengguna unduh secara gratis dari Google Play Store. Untuk tekniknya, Anda bisa mengikuti tutorial berikut.

  • Buka Aplikasi Play Store

Teknik yang pertama adalah silakan buka atau aktifkan aplikasi Play Store dari Android dengan menekan ikon segitiga miring berwarna hijau dan kuning. Lalu di kotak pencarian ketikkan saja ‘AdBlock Browser’, lalu pilih ikon aplikasi yang paling atas.

Jika sudah muncul dua notifikasi ‘Download dan Batal’, silakan klik ‘Download’, lalu tunggu proses unduhan sampai selesai yang membutuhkan waktu kurang lebih 2 -3 menit saja. Jika proses sudah selesai silakan klik Oke lalu kembali ke jendela awal Android.

  • Aktifkan Aplikasi untuk Menghilangkan Iklan

Cara menghilangkan iklan di HP Android kedua dengan aplikasi adalah mengaktifkan AdBlock Browser yang diunduh tadi. Caranya, klik ikon AdBlock Browser, lalu tekan Aktifkan. Jangan lupa geser toggle notifikasi izin menggunakan aplikasi agar berwarna hijau.

Aplikasi AdBlock Browser sudah aktif dibuktikan dengan munculnya ikon baru di kanan atas Android. Jika ikon itu sudah muncul, maka mulailah melakukan browsing untuk mengecek apakah aplikasi berjalan atau tidak.

Cara menghilangkan iklan di HP yang sudah dijelaskan di atas bisa dilakukan, jika Anda ingin tampilan Android bebas iklan. Apalagi, tidak sedikit iklan yang bertujuan untuk merusak smartphone dari dalam. Maka dari itu, silakan artikel ini dibaca dan dicoba.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar