Cara Menghilangkan Background Foto Online

Sering kali seseorang berhasil mengambil foto dengan angle yang bagus, namun sayang latar belakangnya justru mengurangi nilai estetika. Jika mengalami situasi demikian, Anda hanya perlu mencari tahu cara menghilangkan background foto online yang anti ribet. Tanpa menggunakan aplikasi, latar belakang bisa dihilangkan atau diubah secepat kilat.

Cara Menghilangkan Background Foto Online

Memilih Hapus Background Foto Online Gratis

Sebelumnya, saat ingin mengotak-atik hasil jepretan kamera yang sudah jadi, hanya tersedia opsi melalui aplikasi editor foto. Salah satu yang paling populer tentu saja Photoshop yang kini bisa dijalankan pada laptop atau PC dan ponsel pintar. Namun, pengoperasiannya cukup rumit dan Anda setidaknya harus menguasai editing dasar agar hasilnya memuaskan.

Berbeda dengan hapus background online free yang bisa dilakukan dalam waktu singkat tanpa memerlukan skill apa pun. Siapa saja bisa memanfaatkan layanan ini tanpa perlu mengunduh aplikasi terlebih dulu, apalagi harus mendaftar sebagai akun premium untuk menikmati layanan lengkap. Ada beberapa website editing background tanpa pungutan biaya yang bisa dicoba.

Cara Edit Backgroud Foto Online Remove.bg

Website paling populer untuk layanan mengubah dan menghapus latar belakang foto secara gratis adalah Remove.bg dengan memakan waktu hanya beberapa detik saja. Canggih, kan? Jika Anda ingin menghapus background dan menyisakan objek utama, begini langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi peramban lewat laptop / PC Anda atau melalui ponsel.
  • Akses halaman utama Remove.bg di mana Anda akan disuguhi user interface sederhana sehingga ringan diakses.
  • Silakan pilih ‘Select a photo’ jika Anda ingin mengunggah foto dari perangkat. Sedangkan bila foto yang ingin dihilangkan latar belakangnya merupakan gambar daring, cukup masukkan URL-nya saja.
  • Tidak sampai lima detik, dua foto akan ditampilkan, versi asli dan yang sudah dihilangkan latar belakangnya.

Bagaimana? Praktis sekali ‘kan cara menghilangkan background foto online via Remove.bg ini? Jika ingin mengganti latar belakang dengan warna atau tema lain, tinggal memilih opsi ‘Edit’. Gambarnya akan ditampilkan beberapa saat kemudian dan dapat diunduh ke perangkat lewat tombol ‘Download’.

Cara Hapus Background Foto Online Free via PhotoScissors

Alternatif lain hapus dan ganti background foto online free dari Remove.bg adalah PhotoScisscors yang tidak kalah cepat dan akurat dalam menjalankan tugasnya. Tahap-tahapnya sebagai berikut :

  • Masuk ke website PhotoScisscors dari perangkat Anda.
  • Upload foto yang ingin dihapus latar belakangnya.
  • Proses penghilangan latar belakang akan langsung diproses.
  • Setelah selesai, hasil foto yang latar belangnya sudah dibuang akan ditampilkan. Jika sudah puas dan ingin menyimpannya, klik logo berbentuk disket.

Apabila Anda ingin mengubah background setelah versi aslinya dihilangkan, tinggal klik menu ‘Background’. Pilih opsi ‘Solid Color’ yang akan memberikan warna-warna tajam sebagai latar belakang baru objek foto tersebut atau ‘Image’ jika ingin menggunakan sebuah gambar. Tidak perlu waktu sampai lima menit untuk proses editing-nya.

Cara Hapus Background Foto Online di Burner Bonanza

Selain kedua website tersebut, masih ada satu situs lain yang bisa Anda akses untuk menghilangkan atau mengubah latar belakang foto, yaitu Burner Bonanza. Cara kerjanya kurang lebih sama dengan Remove.bg maupun PhotoScissors.

  • Akses halaman resmi Burner Bonanza.
  • Klik tombol ‘Upload’, kemudian pilih foto yang ingin Anda hilangkan latar belakangnya.
  • Selanjutnya, klik ‘Replace Backgroud’.
  • Anda bisa menghilangkan total latar belakangnya atau menggantinya dengan gambar dan warna lain.
  • Khusus untuk Burner Bonanza, jika Anda ingin menyimpan foto yang sudah mengalami proses editing, harus mendaftar akun terlebih dahulu. Bisa secara manual dengan mengisi form satu per satu atau klik ‘Daftar dengan E-mail atau Facebook’ agar lebih cepat.

Keuntungan Menggunakan Situs Editing Background Foto Gratisan

Ketiga alamat website di atas tentu sudah cukup untuk dipraktekkan sebagai cara menghilangkan background foto online, kan? Apa saja sih keuntungan bila menggunakan halaman-halaman tersebut untuk mengubah dan menghapus latar belakang foto sesuai kebutuhan Anda?

1. Praktis, Mudah, dan Cepat

Keuntungan pertama tentu saja kepraktisannya karena Anda tidak perlu mempelajari dasar-dasar Photoshop lebih dulu yang cukup rumit. Selain itu juga mudah karena tinggal klik dan klik saja hingga selesai. Prosesnya juga tidak memakan waktu lama karena rata-rata hanya butuh waktu kurang dari lima menit hingga selesai.

2. Tidak Berbayar Jadi Hemat

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi edit foto saat ini yang berlomba menyediakan versi premium jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ketiga website di atas 100% gratis. Tidak ada pembedaan versi trial dan premium karena semua pengguna mendapatkan layanan yang sama. Otomatis ini menghemat pengeluaran Anda karena tidak dibebankan pungutan.

3. UI Sederhana Sehingga Tidak Membebani Perangkat

Selain tidak berwujud sebagai aplikasi yang harus diunduh dan diinstalasi terlebih dulu, website-website di atas menawarkan tampilan sederhana. Hal ini akan menguntungkan Anda sebagai pengguna karena perangkat tidak perlu bekerja lebih keras dalam membuka halaman. Bandingkan dengan aplikasi editor foto pada umumnya? Berbeda jauh, kan?

Menghindari Risiko Kebocoran Data di Website Hapus Background Gratis

Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan, Anda mungkin merasa was-was terkait malware yang mungkin disusupkan pada perangkat. Sejatinya, untuk ketiga cara menghilangkan background foto online di atas, sudah teruji keamanannya. Belum pernah ditemukan laporan penyalahgunaan data dari para pengguna layanan.

Akan tetapi, tidak ada salahnya bila Anda melakukan langkah antisipasi jika tidak ingin mendapatkan pengalaman tidak menyenangkan. Caranya sebagai berikut :

  • Jika perlu mendaftar akun, maka usahakan menggunakan alamat surel atau halaman sosial media yang bersifat cadangan. Bukan memakai akun utama yang sering digunakan, khususnya menjadi pertukaran informasi penting seperti layanan perbankan dan investasi.
  • Jangan memberikan izin akses dalam bentuk apa pun pada website-website tersebut atas perangkat Anda.
  • Hindari sembarangan klik di luar instruksi penggunaan di atas. Biasanya masalah bukan berasal dari website yang Anda akses, melainkan pemasang iklan malware. Tidak jarang bukan Anda menemukan iklan-iklan yang menggiurkan seperti ‘Klik untuk mendapatkan smartphone terbaru’ dan sejenisnya.
  • Saat mengunduh hasil foto yang sudah dihapus atau diganti latar belakangnya, pastikan tidak ada fail lain yang ikut serta. Jika ada, langsung hapus dan lakukan scanning menggunakan antivirus.
  • Setiap selesai menggunakan peramban pada ponsel maupun PC / Laptop, selalu bersihkan riwayat pencarian. Ini akan mengurangi secara signifikan risiko perangkat diakses pihak ketiga berdasarkan hasil penggunaan jaringan internet Anda.

Melakukan tindakan-tindakan preventif tersebut akan membuat Anda terhindar dari kemungkinan sabotase perangkat dan data oknum tidak bertanggung jawab. Selalu gunakan internet secara bijak agar tidak sampai menjadi korban cybercrime yang semakin merajalela.

Bukan isapan jempol belaka bukan bahwa cara menghilangkan background foto online yang disebutkan di atas bukan sekadar mudah tapi memang ampuh? Tanpa menguasai teknik editing profesional sekalipun, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin mengubah dan menghapus latar foto yang tidak disukai. Tidak perlu memilih yang sulit, ‘kan!?

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar