Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android

Ketika Anda membeli HP Android biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan tertentu. Pada awal penggunaan HP, mungkin Anda tidak terganggu dengan adanya aplikasi tersebut, karena memori penyimpanan masih lapang. Hanya saja, seiring berjalannya waktu kapasitas memori akan berkurang dan Anda perlu menghapus aplikasi bawaan tersebut. Berikut ini cara menghapus aplikasi bawaan yang bisa Anda coba.

Aplikasi bawaan Android pada dasarnya disematkan untuk mempermudah penggunanya. Hanya saja, tidak semua aplikasi bawaan dimanfaatkan. Beberapa bahkan tidak tersentuh dan memakan memori Android yang cukup besar. Agar ruang penyimpanan di HP Android semakin lega, Anda perlu menghapus aplikasi tersebut secara permanen.

Sayangnya, untuk menghapus aplikasi bawaan HP Android tidak sama dengan cara uninstall aplikasi. Ada beberapa cara khusus yang harus Anda lakukan agar aplikasi bisa terhapus secara permanen.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android

Jika Anda ingin menghapus aplikasi bawaan secara permanen, terlebih dahulu Anda harus melakukan root pada HP. Hanya saja, ketika HP sudah dilakukan root maka garansi resmi HP tidak dapat berlaku lagi. Dan di bawah ini ialah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. System App Remover

Aplikasi ini bisa digunakan jika Anda ingin menghapus aplikasi secara permanen. Anda bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis. Menariknya, untuk bisa mengunduh aplikasi ini, Anda tidak memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar.

  • Unduh aplikasi System App Remover dan pasang di HP Android.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Jika diminta akses root, klik menu ‘Grant’.
  • Pilih aplikasi bawaan Android yang ingin dihapus. Anda bisa langsung mencentang lebih dari 1 aplikasi, jika ingin menghapus sekaligus.
  • Tekan ‘Uninstall’.
  • Jika muncul pop-up baru, klik ‘Yes.
  • Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

2. Root Explorer

Aplikasi ini menjadi aplikasi wajib yang harus Anda miliki setelah HP Android di-root. Cara menghapus aplikasi bawaan ini cukup mudah, karena Anda bisa mengatur aplikasi yang dihapus dengan cara men-delete aplikasi, seperti pada file manager. Untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan menggunakan Root Explorer, begini caranya.

  • Buka aplikasi Root Explorer.
  • Klik ‘Mount as R/W’ dan pastikan posisinya berada dalam keadaan ‘R/W’ (read and write) bukan ‘R/O’ (read only).
  • Buka folder sistem, kemudian klik ‘App’.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  • Klik ‘Hapus’.

3. ES Explorer

Aplikasi ini digunakan untuk mengakses dan memodifikasi sistem pada HP Android. Memiliki fungsi yang sama dengan Root Explorer, ES Explorer memiliki tampilan yang menarik dan fitur yang lebih lengkap.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberikan izin akses root dahulu. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin dihapus dan lanjutkan seperti menghapus aplikasi bawaan pada Root Explorer.

4. Link2SD

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengubah ruang penyimpanan ke kartu SD. Ternyata, Link2SD juga bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan di Android.

Cara menghapus aplikasi bawaan menggunakan Link2SD bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu memilih aplikasi yang ingin dihapus. Selanjutnya, klik ‘Action’ dan pilih opsi ‘Uninstall’. Biasanya akan ada halaman peringatan. Untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, klik ‘OK’. Dengan selesainya langkah tersebut, aplikasi akan terhapus secara permanen di Android.

5. Titanium Backup

Selain ES Explorer, aplikasi wajib yang harus dimiliki setelah HP Android di-root adalah Titanium Backup. Aplikasi ini memiliki fitur yang beragam dan mudah penggunaannya.

Salah satu fitur dari Titanium Backup yang bisa Anda manfaatkan adalah untuk menghapus aplikasi bawaan Android. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mem-backup ataupun restore aplikasi Android.

Untuk menghapus aplikasi bawaan, Anda cukup membuka aplikasi Titanium Backup dan memilih aplikasi yang akan dihapus. Anda harus menekan aplikasi tersebut dan memilih opsi ‘Delete’ atau ‘Uninstall’ untuk penghapusan aplikasi secara permanen.

6. Melakukan Custom ROM

Jika Anda kesulitan menghapus aplikasi bawaan Android dengan cara di atas, ada baiknya mencoba menggunakan custom ROM. Biasanya custom ROM ini banyak dibuat oleh komunitas ataupun individu.

Anda bisa melakukan custom ROM dengan menggunakan Cyanogenmod yang cukup populer digunakan di komunitas. Jenis ini memiliki hampir seluruh versi Android. Jadi, Anda tak perlu khawatir tidak kompatibel saat menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Anda juga menjadi lebih mudah ketika ingin berkonsultasi dalam menggunakannya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root

Jika Anda khawatir dampak root HP Android, ada baiknya untuk mencoba cara lain yang aman. Cara berikut ini bisa Anda coba dan perlu diingat bahwa tidak semua HP bisa menghapus secara permanen aplikasi bawaan Android.

1. Menghapus Menggunakan Ccleaner

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan Ccleaner. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membersihkan memori dan cache di HP. Tetapi, ternyata aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan. Untuk langkahnya sebagai berikut.

  • Unduh dan pasang aplikasi Ccleaner for Android.
  • Buka aplikasi dan klik ikon garis tiga di pojok kiri atas.
  • Klik ‘App Manager’.
  • Pilih ‘System’ dan klik ikon tong sampah.
  • Biasanya akan ada jendela peringatan. Untuk mengabaikan, klik ‘Continue’.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  • Klik ‘Uninstall’. Jika sudah yakin, klik lagi ‘Uninstall’.

2. Uninstall Aplikasi

Jika memori penyimpanan Android sudah penuh dan tidak bisa lagi digunakan untuk mengunduh aplikasi, tidak ada salahnya jika mencoba uninstall aplikasi pada menu ‘Pengaturan’.

Cara ini umumnya bisa dilakukan pada HP manapun. Hanya saja, di beberapa aplikasi tidak tersedia opsi menghapus atau uninstall. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Buka Pengaturan Android.
  • Klik menu ‘Aplikasi’.
  • Pilih aplikasi yang akan dihapus dan klik aplikasi tersebut.
  • Jika ada opsi ‘Hapus’ atau ‘Bongkar’, klik opsi tersebut dan otomatis aplikasi akan terhapus.

3. Menonaktifkan Aplikasi

Cara mudah agar aplikasi bawaan tidak memakan memori HP adalah dengan cara menonktifkan aplikasi. Cara ini bisa menjadi alternatif lain, jika Anda tidak bisa menghapus aplikasi menggunakan kedua cara di atas. Biasanya hal ini dikarenakan adanya pengaturan tertentu dari perusahaan HP.

Agar ruangan memori masih bisa digunakan, Anda bisa menonaktifkan aplikasi tersebut. Untuk caranya sama seperti cara uninstall aplikasi. Bedanya, Anda hanya perlu menekan opsi ‘Nonaktifkan’ yang berada di sebelah opsi ‘Hapus’ di aplikasi tersebut.

Mudah bukan, cara menghapus aplikasi bawaan? Agar tidak menimbulkan kerusakan atau masalah lain, ada baiknya Anda menghindari melakukan root HP dan memilih menggunakan cara aman untuk menghapus aplikasi tersebut.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android