Cara Menggunakan Heidi SQL untuk Mengelola Database MySQL

Cara Menggunakan Heidi SQL untuk Mengelola Database MySQL

Mengurus semua data yang ada di website tentu saja sangat rumit apalagi jika Anda tidak memiliki background di bidang programming. Namun sekarang cukup banyak tool yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam meningkatkn efisiensi kerja khususnya dalam mengelola website. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan Heidi SQL yang memiliki banyak sekali manfaat. Meski terdengar asing bagi sebagian orang, Heidi SQL sesungguhnya cukup mudah untuk diinstal.

cara menggunakan heidi sql

Cara Menggunakan Heidi SQL: Instal Dulu Aplikasinya

Cara menggunakan Heidi SQL tentunya diawali dengan proses instalasi di perangkat keras Anda. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Heidi SQL? Heidi SQL sebenarnya merupakan suatu aplikasi berbasis Windows yang digunakan oleh users dalam mengelola database Microsoft SQL Database dan MySQL. Fungsi dari aplikasi ini cukup beragam yaitu untuk mengedit tabel, membuat tabel, mengedit data maupun melihat data di dalam Database. Anda juga perlu tahu bahwa dengan mengakses database, anda sebagai user bisa menggunakan aplikasi desktop atau dengan tools GUI.

Aplikasi dengan basis Windows ini cukup ringan ketika digunakan untuk melakukan pengelolaan Database Microsoft SQL maupun MySQL Database. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat prosedur maupun trigger, termasuk melakukan ekspor struktur dari data baik dalam clipboard, file SQL maupun server yang lainnya. Nah sebelum itu, anda harus tahu dulu cara menginstal aplikasi ini di perangkat Anda. Berikut adalah step by step yang perlu dilakukan untuk instalasi Heidi SQL:

  • Unduh aplikasi Heidi SQL

Sebelum memulai proses memasang aplikasi ini, unduh terlebih dahulu aplikasinya dan tunggu beberapa saat. Setelah selesai proses download, buka setup untuk memulai proses pemasangan Heidi SQL ini ke dalam perangkat Anda. Anda akan dibawa lebih menuju halaman awal yang isinya adalah tampilan dari Document License Agreement. Pastikan anda menyetujuinya untuk dapat melanjutkan ke proses berikutnya. Pilih “I Accept The Agreement” dan selanjutnya tekan Next.

  • Pilih lokasi instalasi aplikasi pada perangkat Anda

Selanjutnya, pilih lokasi di mana software Heidi SQL akan dipasang di perangkat Anda. Lokasi yang paling umum digunakan adalah driver C:\ dan pastikan bahwa masih ada space atau ruang kosong untuk menginstal program di driver ini. Setelah lokasinya ditentukan, maka tekan Next untuk lanjut ke proses berikutnya.

  • Pilih nama baru untuk program ini

Sama halnya seperti menyimpan data lainnya, Anda sebenarnya bebas untuk mengganti nama software maupun aplikasi yang nantinya akan muncul di Start Menu. Anda boleh saja mengganti dengan nama yang bahkan tidak ada hubungannya dengan aplikasi ini namun lebih baik tetap mengandalkan nama aslinya yaitu Heidi SQL sehingga Anda pun tidak kesulitan untuk mencarinya.

  • Memilih tambahan komponen

Selanjutnya, pilih tambahan komponen yang berfungsi untuk dapat memperlancar penggunaan aplikasi ini termasuk melakukan update secara otomatis untuk software terbaru. Sesuaikan semua komponen yang telah dipilih dan tekan Next.

  • Proses pemasangan akan dimulai

Setelah komponen tambahan berhasil dimasukkan ke aplikasi ini, maka selanjutnya proses pemasangan aplikasi. Tekan Install dan proses pun akan berlangsung. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu beberapa menit sampai seluruh proses ini selesai dan logo Heidi SQL akan muncul pada Windows.

Bagaimana Cara Menggunakan Heidi SQL Setelah Diinstal?

Setelah Anda berhasil memasang Heidi SQL di komputer, maka cara menggunakan Heidi SQL sudah bisa dilakukan, namun ada beberapa proses yang perlu dilakukan. Yang pertama adalah login ke MySQL lebih dulu melalui aplikasi ini. Berikut adalah langkahnya secara lebih rinci:

1. Cek alamat IP Anda

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda wajib tahu alamat IP perangkat yang digunakan. Jika Anda tidak tahu caranya, maka Anda bisa menggunakan Google atau mesin pencari untuk bertanya dan menelusuri alamat IP milik Anda. Banyak metode untuk mengetahui alamat IP di internet.

2. Buka cPanel

Setelah mendapatkan alamat IP, langkah berikutnya adalah membuka cPanel Hosting yang Anda miliki dan kemudian cobalah melihat di bagian tab menunya berupa Database. Selanjutnya Anda bisa memilih menu yang bernama Remote MySQL.

3. Masukkan IP koneksi

Setelah menemukan menu Remote MySQL, maka langkah berikutnya adalah menambahkan atau memasukkan alamat IP Anda pada kolom Host. Fungsi dari Host ini adalah memberikan user akses menuju alamat IP mereka sehingga bisa melihat dan masuk ke dalam database dengan menggunakan aplikasi Heidi SQL ini. Sementara di bagian kolom Comment, Anda tidak perlu mengisinya dan biarkan saja kosong sebab itu hanya optional. Untuk memasukkan alamat IP milik Anda, tekan Add Host.

4. Buka aplikasinya

Setelah memasukkan alamat IP ke menu Remote MySQL ini, maka Anda dapat membuka lagi aplikasi Heidi SQL ini dan tekan New untuk dapat menambahkan pengguna baru.

5. Menambah pengguna (User)

Proses berikutnya adalah, menambahkan pengguna (user) di Heidi SQL. Kemudian, informasi pengguna bisa Anda peroleh melalui email yang digunakan untuk membeli hosting pada bagian menu Detail Login FTP dan masukkan beberapa informasi yang dibutuhkan seperti IP atau Hostname, User atau pengguna, dan password (kata kunci). Setelah Anda mengisi seluruh informasi pengguna, maka yang berikutnya adalah menekan Open sehingga Anda dapat melanjutkan lagi proses masuk menuju database hosting. Jika sudah berhasil login, maka tampilannya akan berubah, di mana terdapat nama dan beragam jenis data seperti kapan dibuat dan kapan diupdate.

Cara Menggunakan Heidi SQL dan Manfaatnya

Berbicara mengenai manfaat aplikasi ini, sebenarnya ada begitu banyak keunggulan Heidi SQL untuk mempermudah pekerjaan Anda dalam mengelola data berbasis web. Di antara keunggulannya adalah:

  • Aplikasi ini mampu melakukan koneksi pada beragam server sekaligus dan semua itu cukup dilakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja
  • Aplikasinya gratis dan juga open Source
  • Anda bisa melakukan koneksi menuju server lewat Command Line
  • Aplikasi ini dapat mempermudah Anda untuk membuat sekaligus mengedit table, trigger, stored routines, view maupun scheduled events
  • Anda bisa melakukan koneksi atau sambungan lewat pass SSL setting maupun SSH
  • Dapat mengexport database maupun tabel menjadi bentuk SQL

Sesungguhnya masih banyak lagi manfaat yang diberikan oleh aplikasi Heidi SQL. Selain mengetahui cara menggunakan Heidi SQL anda juga perlu mempelajari problem solving sederhana. Jika terdapat kendala, atau error selama proses pemasangan atau penggunaannya, maka anda bisa mengidentifikasi permasalahan dan melakukan perbaikan.

Heidi SQL merupakan aplikasi alternatif selain PHPMyAdmin untuk mengakses dan mengelola database MySQL, terutama jika anda bekerja menggunakan komputer lokal, baik melalui LAN atau localhost. Program open source ini memungkinkan anda mendesain aplikasi sesuai keinginan, sehingga pengelolaan database MySQL menjadi lebih mudah, dibanding jika anda mengelola data melalui web (web based).

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Menggunakan Heidi SQL untuk Mengelola Database MySQL