Cara Mengganti Password WiFi IndiHome Mudah

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome Mudah

Anda merupakan pelanggan layanan internet rumah dari IndiHome? Jika ya, maka bukan hanya soal menggunakannya, tetapi Anda juga harus mengetahui cara mengganti password WiFi IndiHome tersebut. Sayangnya, banyak sekali yang masih meremehkan peranan kata sandi terhadap sambungan internet pribadi yang dimiliki.

cara mengganti password WiFi IndiHome

Fungsi Password untuk Jaringan Internet Rumah IndiHome

Sebelum membahas tentang cara mengganti password WiFi IndiHome, terlebih dulu Anda harus memahami fungsi dari pemberian kata sandi itu sendiri. Sejatinya, Anda tentu tidak awam dengan poin-poin yang akan dijabarkan, hanya saja tidak sedikit yang menganggapnya sebagai sesuatu yang penting. Apa saja kegunaan dari kata sandi untuk jaringan IndiHome Anda?

1. Menyelamatkan Bandwith dari Pencuri WiFi

Harga kuota internet semakin mahal, sedangkan biaya layanan internet rumah juga cukup tinggi namun sebanding mengingat sambungan cepat yang ditawarkan dengan kuota tidak terbatas (unlimited). Hal ini membuat aksi pencurian WiFi semakin marak dari oknum-oknum yang ingin mendapatkan akses internet ngebut tanpa modal.

Tentu hal tersebut merugikan Anda sebagai pemilik sambungan WiFi yang secara rutin membayar penggunaan layanan. Di sisi lain, aksi pencuri WiFi ini berpengaruh pada bandwith IndiHome Anda. Apalagi jika si oknum tersebut menggunakannya secara berlebihan, tentu akan membuat akses internet Anda yang justru menjadi terbatas.

2. Melindungi Privasi Data dari Pemilik WiFi

Mengetahui cara mengganti password WiFi IndiHome milik Anda juga membantu dalam melindungi privasi. Jika orang luar dapat mencuri sambungan WiFi Anda, bukan tidak mungkin dia juga dapat mengakses data-data yang telah Anda unggah dan simpan di internet melalui IP tersebut. Bagaimana bila data-data yang dicuri adalah informasi perbankan mobile Anda!?

Beberapa Cara Mengubah Password WiFi IndiHome Mudah

Penjabaran di atas merupakan fungsi dari password WiFi. Kata sandi biasanya diatur pertama kali ketika instalasi dilakukan di mana petugas yang membantu mengetahui informasi tersebut. Apakah setelah mengetahui peranan dari password, Anda masih akan membiarkan orang lain mengetahui data yang seharusnya menjadi milik pribadi bersama keluarga saja?

Sebab itulah Anda wajib mengetahui cara untuk mengganti sendiri kata sandi tersebut sewaktu-waktu. Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda praktikkan :

Cara Mengganti Password WiFi Lewat HP

Dimulai dengan cara yang paling mudah, yaitu mengganti password melalui ponsel pintar yang dimiliki. Tahapannya sangat sederhana :

  • Unduh dan pasang aplikasi My IndiHome di App Store untuk pengguna iOS dan Play Store bagi Android.
  • Masuk ke halaman menu dengan login menggunakan identitas pelanggan Anda (E-mail terdaftar dan password).
  • Jika sudah berhasil, pada beranda klik ‘Profil Pengguna’ ⇒ ‘Pengaturan’ ⇒ ‘Ganti Password’.
  • Setelahnya Anda harus menunggu beberapa saat untuk mendapatkan SMS kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel terdaftar. Klik OK.
  • Halaman akan dinavigasikan ke tab pengubahan kata sandi. Input password yang baru, kemudian klik ‘Simpan’.
  • Masuk ke jendela verifikasi, masukkan kode dari SMS, lalu ‘Kirim’. Password sukses terganti.

Cara Mengganti Password WiFi Lewat Laptop / PC

Selanjutnya, jika Anda malas harus mengunduh aplikasi, bisa memanfaatkan laptop atau PC sebagai cara mengganti password WiFi IndiHome. Langkah-langkahnya :

  • Sambungkan laptop / PC dengan WiFi IndiHome yang hendak Anda ganti password-nya.
  • Akses halaman http://192.168.1.1/ dari aplikasi penelusuran yang tersedia. Itu adalah halaman utama Web IndiHome.
  • Masukkan username serta kata sandi dari akun IndiHome Anda.
  • Akses menu ‘Network’, kemudian masuk ke ‘WLAN’, terakhir menu ‘Security’.
  • Pilih kolom ‘Passphrase’, lalu input kata sandi baru, terakhir klik ‘Sumbit’.

Tidak lama kemudian, password baru akan di-update pada sistem dan siap digunakan. Namun, cara di atas hanya berlaku untuk Anda yang menggunakan router bermerek ZTE.

Cara Mengganti Password WiFi Router Huawei

Lantas, bagaimana dengan pelanggan IndiHome dengan router selain ZTE? Pemilihan merek pemancar sendiri bergantung 100% pada keputusan perusahaan. Ada ZTE, Huawei, dan TP-Link yang merupakan merek-merek router mitra IndiHome. Tidak perlu khawatir jika Anda memperoleh router merek Huawei. Begini cara mengganti password-nya :

  • Nyalakan PC / Laptop dan klik menu peramban. Masuk ke alamat http://192.168.1.1/.
  • Login dengan memasukkan nama pengguna dan kata kunci akun IndiHome Anda.
  • Klik tab menu ‘Advanced’ ⇒ ‘System Management’ ⇒ ‘Account Management’.
  • Masukkan password baru di kolom yang tersedia, kemudian klik tombol ‘Apply’. Selesai.

Cara Mengganti Password WiFi Router TP-Link

Lalu, seperti apa cara mengganti password WiFi IndiHome bagi Anda yang memiliki router TP-Link? Kurang lebih caranya tidak berbeda jauh dengan penggantian kata sandi di merek ZTE dan Huawei :

  • Masuk ke halaman akses yang sama dengan kedua merek router lainnya.
  • Akses menu ‘Interface Setup’ ⇒ ‘Wireless’ ⇒ ‘Pre-shared Key’.
  • Masukkan password baru di kolom yang ada, kemudian klik tombol ‘Save’.
  • Kata sandi yang baru sudah dapat digunakan.

Waktu Ideal Penggantian Password WiFi

Tidak sulit bukan cara-cara mengganti kata sandi WiFi IndiHome Anda? Tapi, kapan sebenarnya waktu yang ideal untuk mengubah password? Apakah sering menggantinya lebih aman dibandingkan dengan melakukannya sesekali saja? Ternyata, kata sandi WiFi cukup diganti tiap tiga bulan sekali saja atau per trimester. Terlalu sering justru tidak dianjurkan.

Mengapa demikian? Sebab, bila kata sandi terlalu sering diubah, sistem bisa menganggapnya sebagai malware dan menolak perintah secara otomatis. Bukan mustahil pula akan berujung blokir sementara pada akun IndiHome Anda. Namun, Anda tidak perlu menunggu sampai tiga bulan untuk mempraktikkan cara mengganti password WiFi IndiHome jika menemukan beberapa situasi berikut :

1) Jaringan internet menjadi lambat dan buffering semakin parah padahal pemakaian tetap seperti biasa. Hal itu mengindikasikan adanya ‘penyusup internet’ pada jaringan Anda.

2) Anda menemukan riwayat akses halaman yang asing pada log di mana mungkin keamanan internet telah ditembus untuk keperluan pencurian data.

3) Sambungan internet kerap terputus di mana salah satu solusinya adalah dengan melakukan pembaruan data.

Tips Mengatasi Lupa Password WiFi IndiHome

Kadang, ketika mengganti kata sandi WiFi, beberapa pengguna kemudian lupa dengan kata sandi yang baru. Terlebih jika sudah berulang kali mengubahnya, maka ingatan bisa sedikit bercampur aduk. Apa yang harus dilakukan jika Anda sampai lupa password akun IndiHome padahal sedang harus login ulang untuk beberapa alasan tertentu?

Tidak perlu panik, karena Anda cukup mengakses halaman website resmi IndiHome. Kemudian, pilih menu ‘Lupa Password’, lalu ikuti langkah-langkahnya melalui kotak masuk alamat surel yang terdaftar dalam sistem. Anda akan diminta memasukkan sandi baru dan menyimpannya. Lebih baik, selalu catat kata sandi agar tidak sampai melupakannya lagi.

Selain lewat website IndiHome, Anda juga bisa memanfaatkan layanan call center dari provider pelat merah ini. Kata kunci untuk akses WiFi merupakan hal yang penting karena bukan sekadar menjamin kelancaran akses internet Anda namun juga keamanannya. Masih enggan untuk mencoba berbagai cara mengganti password WiFi IndiHome sesuai ulasan di atas?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Mengganti Password WiFi IndiHome Mudah